Barito Pasific Lunasi Utang Obligasi US$ 25 Juta

Selasa, 11/09/2012

PT Barito Pasific Tbk (BRPT) telah melakukan pelunasan utang sebesar US$ 25 juta kepada pemegang saham mayoritasnya PT Magna Resources Pte Ltd. Direktur Barito Pasific Salwati Agustina mengatakan, pihaknya telah melunasi utang sebesar US$ 25 juta atas utang yang telah diterbitkan perseroan kepada pemegang saham pengendali perseroan 52,1%, Magna Resources.

Informasi tersebut disampaikan dalam siaran persnya di Jakarta, Senin (10/9). Sebagai informasi, pada tahun 2010 lalu, Barito Pacific melakukan akuisisi 100% saham PT Royal Indo Mandiri (RIM), sebuah perusahaan perkebunan Kelapa Sawit milik Prajogo Pangestu senilai US$ 25 juta. Dananya akan diperoleh dengan menerbitkan surat utang kepada Magna Resources Corp Pte Ltd (MRC) senilai sama.

Transaksi ini merupakan transaksi terafiliasi. Sebab, baik BRPT, MRC maupun RIM merupakan perusahaan milik pengusaha kaya Prajogo Pangestu dan Agus Salim Pangestu. Mekanisme akuisisi ini adalah BRPT akan mengambil alih 100% saham RIM senilai US$ 25 juta. Untuk pendanaannya, BRPT akan menerbitkan surat utang senilai US$ 25 juta yang akan dibeli sepenuhnya oleh MRC.

Dana hasil penerbitan obligasi BRPT senilai USD25 juta akan digunakan untuk mengambil alih obligasi konversi yang diterbitkan RIM kepada Forrestal Holding Ltd senilai US$ 24,4 juta. Obligasi konversi ini dapat ditukarkan dengan saham PT Grand Utama Mandiri (GUM) dan PT Tintin Boyok Sawit Makmur (TBSM). Kedua perusahaan tersebut merupakan anak usaha RIM. (bani)