Membangun Pondasi Rumah Yang Kokoh

Sabtu, 15/09/2012

Rumah memang menjadi sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan. Tidak hanya sebagai tempat kita berlindung dari hujan dan sengatan matahari saja, namun lebih dari itu rumah memiiliki arti yang sangat penting.

NERACA

Banyak orang yang rela menghabiskan uangnya hanya untuk membangun dan menciptakan rumah yang sudah lama diidam-idamkan. Sebagian lagi menjadikan rumah sebagai tempat yang sangat penting dan memanjakannya juga sangat mengistimewakan. Perlakuan khusus pemilik rumah kepada rumahnya menjadikan rumah menjadi sesuatu yang memiliki nilai sangat istimewa dan terkadang menjadikan legitimasi bagi si pemiliknya.

Rumah juga bisa memperlihatkan strata sosial ataupun tingkat sosial seorang pemiliknya. Banyak yang mengatakan bahwa rumah meperlihatkan dan mencerminkan kehidupan si pemiliknya. Selain itu dibeberapa suku, rumah dijadikan alat untuk mengidentifikasi diri, untuk kasta-kasta tertentu rumah diberikan tanda khusus.

Jadi lebih dari itu, rumah tidak hanya dijadikan tempat tinggal saja, tapi menjadi perlambangan identitas diri si pemiliknya, karena itulah kiranya penting membangun rumah dengan sebaik-baiknya. Artinya memikirkan beberapa hal penting seperti kesehatan, kenyamanan ataupun kekuatan rumah.

Berbicara tentang kekuatan rumah, hal ini berbicara tentang kekuatan bangunan dan bahan-bahan bangunan yang digunakan. Salah satunya adalah membuat pondasi. Membuat pondasi rumah adalah hal yang wajib dalam membangun sebuah rumah yang utuh agar bangunan anda kuat dan memiliki dasar penyangga yang baik.

Selain itu pondasi yang kuat akan memberikan kenyamanan dan keamanan dalam sebuah hunian. Pondasi bangunan bisa kita kelompokkan menjadi dua macam yaitu pondasi dangkal dan dalam, dari kedua tipe pondasi bangunan tersebut masih dipilih-pilih lagi serta dapat dipilih sebagai dasar dari pembangunan rumah kita.

Pondasi memang memiliki jenis yang bermacam-macam dan berbeda-beda. Pertama-tama kita akan membahas pondasi dangkal.

Pondasi dangkal ini biasanya dipakai untuk bangunan yang tidak terlalu berat seperti rumah tinggal, pos ronda, toko dan sebagainya. Macam-macam pondasi dangkal antara lain pondasi batu kali merupakan sekumpulan batu alam yang ditata dengan bentuk dan ukuran tertentu menggunakan bahan pengikat adukan. Pondasi foot plat dibuat dari bahan beton bertulang.

Pondasi cakar ayam hampir sama dengan foot plat namun terdapat penambahan perkuatan di bawahnya, biasanya pondasi cakar ayam digunakan untuk pembangunan-pembangunan rumah sederhana hingga rumah bertingkat.

Yang selanjutnya adalah pondasi umpak dari beton. Dalam pondasi umpak, lubang-lubang pondasi diisi oleh beton-beton. Lain umpak lain lagi pondasi rollag, pondasi jenis ini terbuat dari pasangan batu bata dan bahan pengikat campuran adukan pasir semen serta air dengan perbandingan campuran tertentu. Tidak ada kekhususan untuk bangunan tipe apa, namun wajarnya untuk tipe bangunan yang tidak terlalu besar. Memang dibandingkan batu kali, batu bata memiliki kekuatan yang tidak terlalu kokoh. Selain itu pula dalam segi biaya, batu bata merah juga memiliki harga yang lumaya cukup mahal.

Jenis pondasi yang kedua adalah jenis pondasi dalam. Pondasi ini dikhususkan untuk bangunan yang mempunyai berat yang tidak biasa dan membutuhkan pondasi yang benar-benar kokoh seperti gedung bertingkat tinggi, jembatan bentang lebar dan bangunan sejenis lainnya.

Pondasi tiang pancang yang terbuat dari beton precast berbentuk penampang lingkaran, segitiga atau persegi dengan panjang tiang pancang perbuah berkisar antara 10 m sampai 30 m. pembuatan pondasi tiang pancang di pabrik kemudian dikirim ke lokasi pembangunan untuk dilakukan pemasangan.

Pondasi bore pile masuk dalam pondasi jenis dalam. Pondasi jenis ini hampir sama dengan tiang pancang namun pondasi bore pile dibuat di tempat dengan cara melakukan pengeboran tanah kemudian memasukkan besi tulangan diakhiri dengan pengecoran beton. Dalam membuat sebuah pondasi dibutuhkan perhitungan kekuatan struktur tersendiri, sehingga dapat ditentukan dimensi yang kuat dan efisien untuk digunakan.

Memang tidak begitu sulit, namun tidak begitu mudah pula dalam membuat pondasi rumah, yang terpenting kita harus teliti dan bila kurang mengerti mintalah bantuan teman atau orang yang lebih ahli.