Untuk Mencegah Intrusi Air Laut

Oleh Agus S. Soerono

Wartawan Harian Ekonomi NERACA

Pemerintah DKI Jakarta berencana membangun tanggul laut berukuran besar di Teluk Jakarta dengan nilai sedikitnya US$5 miliar, atau setara dengan Rp 45 triliun. Hal itu terungkap dalam ajang Infrastructure Summit di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Kamis (30/8).

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, mengatakan Pemda DKI akan mengembangkan Teluk Jakarta dengan membangun giant sea walls atau tanggul laut raksasa.

Memang DKI Jakarta memerlukan tanggul laut seperti itu, selain untuk mencegah intrusi air laut ke kawasan daratan, juga untuk mencegah banjir gelombang rob ke daratan, yang belakangan ini semakin terasa di kawasan Jakarta Utara.

Tanggul raksasa itu akan membenamkan kakinya sampai di bawah permukaan laut. Dengan demikian, badan tanggul diharapkan akan bisa mencegah intrusi air laut.

Menurut para ahli geologi, beberapa tahun silam intrusi air laut itu sudah sampai di sekitar Bundaran Hotel Indonesia. Mereka mengkhawatirkan kalau intrusi air laut itu dibiarkan, maka akan terjadi korosi terhadap fondasi gedung yang ada di Jakarta. Namun belum ada penelitian terkini, sampai sejauh mana intrusi air laut itu merasuk ke relung-relung fondasi gedung pencakar langit di Jakarta?

Apalagi selama lebih dari 30 tahun ektraksi air tanah telah membuat permukaan tanah di wilayah Jakarta semakin menurun. Karena demikian kronisnya penurunan permukaan tanah tersebut, ada pula kekhawatiran bahwa ”Jakarta akan tenggelam”.

Selain itu, perubahan iklim juga menyebabkan naiknya permukaan laut dengan genangan air laut yang bergerak ke wilayah dataran rendah di bagian utara Ibu Kota.

Dengan dibangunnya tanggul raksasa yang mulai digarap masterplannya pada November mendatang, diharapkan ekstraksi air tanah bisa disetop dan penurunan permukaan tanah di pesisir Jakarta dapat dihambat. Konon untuk membangun tanggul raksasa tersebut, diperlukan waktu sedikitnya 10 tahun.

Selain untuk mencegah intrusi air laut dan banjir rob, Pemda DKI juga dapat memanfaatkan tanggul raksasa ini untuk kepentingan ekonomi dan publik. Seperti memanfaatkan daerah di dalam tanggul sebagai daerah bendungan air tawar guna memproses dan memasok air bersih untuk kebutuhan kota.

Tidak hanya itu.

Ke depannya, di area tanggul bisa dibangun jalur Mass Rapid Transit (MRT) dan jalan tol, sehingga akan dapat mengurai kemacetan lalu lintas di DKI yang seperti benang kusut. Sementara di dalam tanggul akan dibangun kawasan pusat bisnis serta perumahan. Namun harus diwaspadai kembali peranan pemodal besar, yang cenderung merusak bentang alam, demi mengejar keuntungan.

BERITA TERKAIT

Pemprov Sumsel-Pelindo Kerja Sama Bangun Pelabuhan Laut

Pemprov Sumsel-Pelindo Kerja Sama Bangun Pelabuhan Laut NERACA Palembang - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) bekerja sama dengan PT…

Skema PPnBM Diubah untuk Pacu Pengembangan Mobil Listrik

Pemerintah siap memacu ekspor industri otomotif dengan harmonisasi skema Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM). Dalam aturan baru ini, PPnBM tidak…

Lion Air Rencanakan IPO - BEI Pastikan Belum Terima Dokumen Resmi

NERACA Jakarta – Wacana Lion Air bakal menggelar penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO) di Bursa Efek…

BERITA LAINNYA DI

Skema PPnBM Diubah untuk Pacu Pengembangan Mobil Listrik

Pemerintah siap memacu ekspor industri otomotif dengan harmonisasi skema Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM). Dalam aturan baru ini, PPnBM tidak…

Jaguar Land Rover Tarik 44.000 Mobil Karena Problem Emisi

Produsen mobil mewah Jaguar Land Rover (JLR) yang berada di bawah naungan perusahaan India Tata Motors, akan menarik kembali sebanyak…

Honda akan Tarik Sekitar 1 Juta Kendaraan di AS dan Kanada

  Honda akan menarik dari peredaran sekitar 1 juta unit kendaraan di Amerika Serikat dan Kanada karena inflator kantong udara…