Honda dan Ford Rayakan Keberhasilan Produknya

Sabtu, 08/09/2012

PT Honda Prospect Motor dan Ford Motor Company sama-sama sedang merayakan keberhasilannya dalam penjualan produknya. Hal ini dibuktikan Honda dengan melejitnya penjualan Honda Brio sebesar sebanyak 2.301 unit di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, produk terbaru dari Honda ini telah mencatat penjualan sebanyak 1.062 unit.

Sedangkan Ford sedang merayakan tonggak penting dalam sejarah perusahaan dengan produksi kendaraan ke-350 juta. Kendaraan bersejarah ini, sebuah all-new Ford Focus global, kendaraan paling laris di dunia, mewujudkan bab berikutnya dalam sejarah Ford - yang didorong oleh peningkatan jumlah global kendaraan hemat bahan bakar dan rencana agresif untuk pertumbuhan yang menguntungkan di seluruh dunia.

Menurut Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Kami sangat bersyukur Honda Brio yang baru dipasarkan di bulan Agustus langsung mendapatkan sambutan yang cukup baik di pasar otomotif Indonesia. Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami karena konsumen menerima konsep segar yang ditawarkan Honda Brio, yaitu lebih dari sebuah City Car dengan performa mesin terbaik dan standar keselamatan tertinggi di kelasnya, serta desain inovatif untuk menambah keyakinan berkendara.”

Selain Honda Brio, produk Honda lainya juga memberikan kontribusi penjualan yang cukup baik terhadap Honda. Pada bulan Agustus ini, Honda Freed, Honda Jazz dan Honda Brio menjadi penyumbang utama untuk total penjualan Honda. Honda Freed menjadi penyokong penjualan terbesar pada bulan Agustus lalu yaitu menyumbangkan angka penjualan sebanyak 1.642 unit. Sepanjang tahun 2012, Honda Freed telah terjual sebanyak 12.442 unit.

Ford Motor Company

Menurut John Fleming, Executive Vice President Ford Global Manufacturing "Pertimbangkan, sejenak, besarnya 350 juta kendaraan." Hal ini setara dengan memproduksi satu kendaraan setiap 10 detik selama 109 tahun; dan, jika dibariskan dari ujung ke ujung, akan terbentang bolak-balik ke bulan - dua kali. Ini merupakan prestasi yang luar biasa dan menunjukkan mengapa kami semua sangat gembira dalam menyambut masa depan.

Ford merayakan tonggak produksi ini di fasilitas produksi global terbarunya yang berlokasi di Rayong, Thailand, sekitar 200 kilometer (120 mil) di sebelah tenggara Bangkok. Fasilitas Ford Thailand Manufacturing (FTM), senilai $450 juta, dibuka di bulan Mei 2012 untuk memproduksi Ford Focus global, kendaraan terlaris Ford di seluruh dunia. FTM mencerminkan kemampuan produksi global terbaru Ford, dengan mesin-mesin cetak stamping baru, body shop dan kemampuan robotika yang fleksibel memungkinkannya untuk memproduksi hingga enam kendaraan yang berbeda secara bersamaan.

"Memproduksi kendaraan ini untuk Ford di Thailand lebih dari sekadar tonggak sederhana," ujar Fleming. "Hal ini melambangkan rencana kami untuk menghasilkan pertumbuhan dengan membangun produk global yang hebat di fasilitas yang sangat fleksibel dan efisien, bukan hanya di Thailand, tapi di seluruh dunia."

Di tahun 2013, rencana One Manufacturing Ford akan menghasilkan lebih dari 85 persen volume kendaraan dari sembilan platform inti, sekaligus terus memperkenalkan produk baru pada kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dalam empat tahun ke depan, Ford akan memiliki rangkaian kendaraan global terbaru di dunia dengan 168 persen dari portofolio produk diperkirakan berubah dengan pembaruan besar atau produk baru hingga 2016.

Untuk lebih meningkatkan efisiensi, sistem One Manufacturing juga menetapkan proses standar dengan fleksibilitas yang lebih besar, peningkatan pemanfaatan kapasitas dan pertambahan laba atas investasi. Teknik produksi canggih, body shop fleksibel dan simulasi virtual akan memungkinkan fasilitas yang fleksibel untuk memproduksi hingga tujuh model berbeda pada satu jalur perakitan untuk cepat menanggapi permintaan pelanggan, sekaligus meningkatkan kualitas dan menghilangkan legacy cost terkait dengan peluncuran kendaraan baru atau perubahan sistem.