Persaingan TV Layar Lebar Terus Berlanjut

Sharp vs LG

Sabtu, 08/09/2012

Saat ini persaingan TV berlayar lebar menjadi fokus utama bagi para pabrikan elektronik di Indonesia. Dianggap pasar layar lebar terbuka sangat luas dan juga sangat diminati di kalangan menengah ke atas. Tinggal bagaimana para produsen bisa memberikan fasilitas atau kelebihan pada TV yang diproduksinya.

NERACA

Salah satu produsen yang konsen adalah Sharp. Hal ini dibuktikan dengan diluncurkannya LC-80LE632U, sebuah LCD 80 inci yang diklaim sebagai TV LCD LED-lit komersial terbesar yang pernah ada. Televisi ini memiliki resolusi 1080p. Selain itu terdapat fasilitas Wi-Fi yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai fasilitas, seperti Netflix, CinemaNow dan Vudu.

TV ini memiliki full array LED backlight yang secara parsial memberikan rasio contrast dinamis 6.000.000:1. Selain itu layar dengan frekuensi 120Hz ini dapat memberikan kualitas gambar yang cepat serta memiliki ketebalan 4 inci saja.

Terdapat dua port USB yang dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk menghubungkan layar ini dengan hard drive. Sehingga layar ini bisa juga digunakan untuk menyaksikan video, foto, atau mendengarkan musik dari situ. Mengenai harga, TV ini akan dijual dengan harga 5.500 USD (47 juta rupiah).

Vendor lain yang juga mengeluarkan produk TV layar lebar adalah Vizio yang telah meluncurkan TV terbesar yang mampu menampilkan 3D, yaitu Vision XVT3D650SV TV Berukuran 65-inci yang menggunakan kacamata 3D pasif yang tidak menghasilkan filker tidak menggunakan batere dan kacamata 3D yang disertakan ada 4 bersamaan TV ini.

Sebagai TV biasa, model XVT baru dengan LED-backlit serta memiliki rasio kontras 1.000.000:1, refresh rate 120Hz dan panel 1080p nya adalah relatif rata-rata dan akan berjalan pada kecepatan normal untuk konten 3D. Vizio mengandalkan built-in 802.11n Wi-Fi dan dukungan aplikasi internet untuk menarik perhatian, termasuk Netflix dan Vudu, dan perlengkapan lima port HDMI untuk melampirkan sejumlah besar perangkat keras modern home theater.

TV Set harus tersedia sebelum akhir bulan di toko online Vizio dan juga Costco dan Sam’s Club. Harga Vision XVT3D650SV di website saat ini $ 3.700, meskipun peluncuran resmi akan menjadi $ 3,500.

LG 3D TV 84inch, Terbesar Dengan Resolusi Gambar Ultra Definition

Lama ditunggu, LG Electronics (LG) akhirnya memperkenalkan 3D TV Ultra Definition (UD) berdimensi layar 84inch. 3D TV yang menawarkan kualitas gambar menakjubkan dengan delapan juta piksel per frame ini menjalani debut perdananya di pasar Korea Selatan hari ini. Dengan peluncuran ini, LG mencatatkan diri sebagai yang pertama di dunia memperkenalkan 3D TV berdimensi layar terbesar dengan kualitas gambar Ultra Definition.

"Pasar TV layar datar dengan kualitas Ultra Definition saat ini masih dalam masa pertumbuhan. Sebagai produsen TV layar datar tingkat global, penting bagi LG untuk menjadi yang terdepan di dalamnya," kata Havis Kwon, Presiden dan CEO dari LG Electronics – Home Entertainment Company. Lebih lanjut ia mengatakan, "3D TV Ultra Definition terbaru LG ini mewakili sebuah tingkatan baru bagi pengalaman menonton tayangan 3D di rumah melalui setiap teknologi canggih yang kami cangkokkan ke dalamnya."

Pernyataan ini merujuk pada teknologi utama dari LG 3D TV Ultra Definition berukuran raksasa tersebut yang menawarkan resolusi empat kali (3840x2160) dibanding dengan panel TV Full HD. Keistimewaan tersebut lahir dari ‘mesin canggih’ LG Triple XD Engine yang dibenamkan di dalamnya. Bahkan dengan tambahan fitur Resolution Upscaler Plus, memungkinkan gambar dari sumber eksternal seperti hard drive dan konten website tertayangkan dengan detail yang lebih rinci.

Disamping kecanggihan panel, LG 3D TV Ultra Definition ini juga siap membawa pengalaman baru untuk menikmati berbagai hiburan dalam format 3D. Pasalnya, LG telah melengkapinya dengan teknologi LG CINEMA 3D. Teknologi ini memastikan seluruh tayangan dalam layar super besarnya tampil dalam detail 3D mengesankan untuk memberi pengalaman lebih dalam yang semakin memangkas jarak antara pemirsa dengan tontonan yang dinikmatinya. Masih ditambah lagi dengan adanya fitur 3D Depth Control yang memungkinkan pemirsa mengatur jauh-dekatnya jarak antar objek dalam tayangan untuk mendapatkan pengalaman 3D yang sesuai dengannya.

Menyempurnakan nuansa keterlibatan antara tayangan dalam layar dengan pemirsanya tak hanya difokuskan pada peningkatan kualitas visual. Faktor keluaran audio pun menjadi pokok perhatian dari perusahaan elektronik berbasis di Korea Selatan ini melalui hadirnya fitur 3D Sound Zooming. Fitur ini bertugas menganalisa setiap objek dalam tayangan dan kemudian menghasilkan keluaran suara yang sesuai mengikuti jauh-dekat dan pergerakan objek dalam tayangan tadi.

Kerja fitur 3D Sound Zooming ini mendapat dukungan penuh sistem audio dengan kanal 2.2 (2.2 channel speaker system). Dua buah speaker berkekuatan bunyi 10W ditambah dua buah sub-woofer yang masing-masing berdaya bunyi 15W siap menghasilkan pengalaman audio yang menyeluruh menyempurnakan sajian visual luar biasa dari layar extra besar LG 3D TV Ultra Definition dalam menciptakan pengalaman menonton bioskop di dalam rumah.

Sebagai sebuah 3D TV, LG 3D TV Ultra Definition 84inch ini pun dapat berfungsi penuh sebagai sebuah TV pintar (smart TV). Dengan mencangkokkan kepintaran yang telah ada dalam seri smart TV LG sebelumnya, pengguna LG 3D TV Ultra Definition 84inch akan dapat menikmati 1,400 aplikasi. Hal ini belum termasuk kemampuannya untuk memberi akses tanpa batas pada berbagai layanan konten premium seperti 3D World yang menawarkan berbagai film dan permainan dalam format 3D.