Kiat Berbisnis Produk Kreatif

Sabtu, 08/09/2012

NERACA

Untuk membantu para pelaku usaha agar bisa terus bertahan di sektor industri kreatif, ada beberapa kiat cerdas menekuni industri kreatif yang dapat Anda terapkan, antara lain;

Bidik target pasar

Dalam menjalankan sebuah usaha, penting bagi kita untuk menentukan target serta segmen pasar yang akan kita bidik. Sebab, hal ini akan sangat mempengaruhi kita dalam menentukan desain produk, strategi pemasaran, kisaran harga, cara pelayanan kepada konsumen, serta rencana pengembangan produk agar lebih kreatif dan inovatif.

Kenali kelebihan dan kekurangan produk Anda.

Cermati kelebihan dan kekurangan produk Anda dibandingkan dengan produk lainnya yang sejenis dengan membandingkan harga produk Anda dengan produk serupa di pasaran, serta membandingkan keunikan strategi pemasaran yang digunakan para pekerja kreatif lainnya.

Jangan terpengaruh perang harga

Sebaiknya Anda jangan terpengaruh dan mengambil strategi yang sama untuk menarik calon konsumen. Sebab, hal tersebut hanya akan melunturkan ciri khas maupun identitas usaha yang Anda bangun, karena biasanya untuk menekan biaya produksi yang lebih murah, para pelaku usaha menurunkan kualitas produk yang mereka tawarkan.

Ciptakan ide-ide segar.

Belajarlah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan yang Anda miliki, dengan mencari ide-ide segar melalui internet, bacaan atau sekadar bertemu orang-orang baru untuk berbagi ilmu dan bertukar ide dengan mereka.