Pencegahan Kanker Secara Dini Penting

Sabtu, 08/09/2012

NERACA

Masih tingginya penderita kanker di Indonesia, diperlukan upaya pencegahan kanker secara dini sangat penting. Karena di samping mengurangi penderita kanker juga menekan biaya pengobatan yang relatif sangat mahal.

Menurut WHO, jumlah penderita kanker setiap tahun bertambah sekitar tujuh orang, dan dua per tiga di antaranya berada di negara-negara berkembang. Bahkah diperkirakan pada tahun 2010 terdapat sembilan juta meninggal dunia akibat kanker.

Sementara di Indonesia, kanker menjadi masalah kesehatan yang perlu diwaspadai. Karena, setiap tahun penderita kanker terus meningkat. Sekitar 5,7% kematian kanker di Indonesia disebabkan oleh kanker ganas.

Sebenarnya, dari sepertiga dari semua jenis kanker dapat dicegah dan sepertiga dapat disembuhkan bila ditemukan pada stadium dini dan diobati dengan cepat dan tepat.

Oleh karena itu pencegahan secara dini sangat penting, bukan hanya mengurangi penderita kanker, tetapi untuk mengurangi biaya, karena untuk pengobatan penderita kanker relatif mahal.

Bukan hanya itu tingkat kesadaran masyarakat terhadap masalah penyakit kanker masih rendah, masih banyaknya masyarakat yang belum mengetahui ciri-ciri penyakit kanker, ini yang menyebabkan terlambatnya penanganan secara dini.

Kurangnya sosialisasi menjadi penyebab utama, banyak pasien kanker yang datang ke rumah sakit sudah mencapai fase yang tinggi, ini menjadi sebab pengobatan yang dilakukan menjadi lebih sulit akibat kanker yang diderita sudah mencapai fase yang tinggi.

Kini pemerintah sudah berusaha untuk menyosialisasi soal penyakit kanker kepada masyarakat yang kurang mengetahui penyakit ini, ini bertujuan untuk mengurangi penderita kanker dengan fase yang tinggi, dengan penanganan secara dini diharapkan bisa membantu agar penderita kanker dapat teratasi secara cepat.