Oleh Agus S. Soerono
Wartawan Harian Ekonomi NERACA
Selama ini pembangunan—terutama infrastruktur—lebih diprioritaskan di puilau-pulau Sumatera, Jawa dan Bali. Hal itu dapat dimaklumi, karena di ketiga pulau itulah terdapat konsentrasi penduduk yang terpadat di Indonesia.
Jumlah penduduk di ketiga pulau itu, lebih dari 75% jumlah penduduk Indonesia yang mencapai sekitar 240 juta jiwa. Itulah alasannya, kenapa selama ini pembangunan infrastruktur diarahkan ke ketiga pulau itu.
Namun belakangan ini, pemerintah menyadari bahwa selama ini ternyata terjadi ketidakseimbangan dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. Karena selama ini ada kesan bahwa pembangunan infrastruktur lebih diarahkan ke ”Barat” yang diwakili oleh ketiga pulau itu, ketimbang ke ”Timur” bagi daerah lainnya.
Pembangunan infrastruktur menjadi prioritas utama dalam pembangunan nasional. Infrastruktur selain menjadi pilar utama dari pertumbuhan ekonomi, juga menjadi komponen penting bagi pencapaian pertumbuhan berkelanjutan yang berkeadilan.
Untuk meratakan pembangunan ekonomi, terutama infrastruktur, pemerintah mencanangkan Masterplan Percepatan dan Perluasan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang mencakup pembangunan 135 proyek pembangunan infrastruktur dan sektor riil, dengan investasi sedikitnya Rp 490 triliun.
Namun ternyata tidak pula mudah untuk menggalang dana sebesar itu. Karena tidak mudah menggalang dana sebesar itu, membuat proyek yang dicanangkan pemerintah itu menjadi seperti menggantang asap. Melaksanakan suatu hal yang musykil.
Agar proyek MP3EI tidak sekadar ”proyek angan-angan”, maka pemerintah menggelar Indonesia Internasional Infrastructure Conference dan Exhibition 2012, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, 28-30 Agst.
Melalui MP3EI selain Pulau Jawa-Bali dan Sumatera yang relatif sudah lebih berkembang, kawasan-kawasan di Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Maluku, serta di Kepulauan Nusa Tenggara menjadi perhatian utama dalam pengembangan infrastruktur.
Pembangunan infrastruktur juga memiliki multiplier effects yang dapat memperkuat pertumbuhan ekonomi nasional. Pembangunan infrastruktur dapat meningkatkan mobilitas masyarakat, serta meningkatkan keterhubungan dan aktivitas ekonomi.
Pembangunan infrastruktur di Tanah Air menjadi sangat penting dan strategis, karena berperan pula dalam upaya memperkecil kesenjangan pembangunan, baik di antara kelompok masyarakat, di antara kota-kota, dan di antara daerah-daerah.
Di Indonesia bagian Timur misalnya, kita harus bekerja lebih keras untuk menanggulangi tingginya harga-harga barang, serta memperbaiki akses masyarakat terhadap pendidikan dan pelayanan kesehatan yang lebih layak.
Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan tidak punya otoritas mengeluarkan daftar produk terafiliasi Israel, namun tetap mendorong konsumen Muslim agar aktif…
NERACA Jakarta - Salesforce meluncurkan edisi terbaru Pro Suite yang tersedia di market Indonesia. Sebuah solusi yang fleksibel, terukur,…
Membangun kepedulian pada lingkungan sejak dini menjadi komitmen PT Sharp Electronics Indonesia. Kali ini melalui Sharp Greenerator komunitas anak muda…
Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan tidak punya otoritas mengeluarkan daftar produk terafiliasi Israel, namun tetap mendorong konsumen Muslim agar aktif…
NERACA Jakarta - Salesforce meluncurkan edisi terbaru Pro Suite yang tersedia di market Indonesia. Sebuah solusi yang fleksibel, terukur,…
Membangun kepedulian pada lingkungan sejak dini menjadi komitmen PT Sharp Electronics Indonesia. Kali ini melalui Sharp Greenerator komunitas anak muda…