Meratakan Pembangunan Infrastruktur Barat-Timur

Oleh Agus S. Soerono

Wartawan Harian Ekonomi NERACA

Selama ini pembangunan—terutama infrastruktur—lebih diprioritaskan di puilau-pulau Sumatera, Jawa dan Bali. Hal itu dapat dimaklumi, karena di ketiga pulau itulah terdapat konsentrasi penduduk yang terpadat di Indonesia.

Jumlah penduduk di ketiga pulau itu, lebih dari 75% jumlah penduduk Indonesia yang mencapai sekitar 240 juta jiwa. Itulah alasannya, kenapa selama ini pembangunan infrastruktur diarahkan ke ketiga pulau itu.

Namun belakangan ini, pemerintah menyadari bahwa selama ini ternyata terjadi ketidakseimbangan dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. Karena selama ini ada kesan bahwa pembangunan infrastruktur lebih diarahkan ke ”Barat” yang diwakili oleh ketiga pulau itu, ketimbang ke ”Timur” bagi daerah lainnya.

Pembangunan infrastrukturmenjadi prioritas utama dalam pembangunan nasional. Infrastruktur selain menjadi pilar utama dari pertumbuhan ekonomi, juga menjadi komponen penting bagi pencapaian pertumbuhan berkelanjutan yang berkeadilan.

Untuk meratakan pembangunan ekonomi, terutama infrastruktur, pemerintah mencanangkan Masterplan Percepatan dan Perluasan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang mencakup pembangunan 135 proyek pembangunan infrastruktur dan sektor riil, dengan investasi sedikitnya Rp 490 triliun.

Namun ternyata tidak pula mudah untuk menggalang dana sebesar itu. Karena tidak mudah menggalang dana sebesar itu, membuat proyek yang dicanangkan pemerintah itu menjadi seperti menggantang asap. Melaksanakan suatu hal yang musykil.

Agar proyek MP3EI tidak sekadar ”proyek angan-angan”, maka pemerintah menggelar Indonesia Internasional Infrastructure Conference dan Exhibition 2012, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, 28-30 Agst.

Melalui MP3EI selain Pulau Jawa-Bali dan Sumatera yang relatif sudah lebih berkembang, kawasan-kawasan di Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Maluku, serta di Kepulauan Nusa Tenggara menjadi perhatian utama dalam pengembangan infrastruktur.

Pembangunan infrastruktur juga memiliki multiplier effects yang dapat memperkuat pertumbuhan ekonomi nasional. Pembangunan infrastruktur dapat meningkatkan mobilitas masyarakat, serta meningkatkan keterhubungan dan aktivitas ekonomi.

Pembangunan infrastruktur di Tanah Air menjadi sangat penting dan strategis, karena berperan pula dalam upaya memperkecil kesenjangan pembangunan, baik di antara kelompok masyarakat, di antara kota-kota, dan di antara daerah-daerah.

Di Indonesia bagian Timur misalnya, kita harus bekerja lebih keras untuk menanggulangi tingginya harga-harga barang, serta memperbaiki akses masyarakat terhadap pendidikan dan pelayanan kesehatan yang lebih layak.

BERITA TERKAIT

Infrastruktur: Katakan Apa Adanya Meski Pahit

Oleh: Sarwani Bank Dunia tengah mendapatkan sorotan publik terkait sikapnya yang plin plan menanggapi laporan yang dibuat oleh lembaga itu…

Empat Prioritas Kemenperin di 2019 - Pembangunan Kualitas SDM Industri Menjadi Fokus Pemerintah

NERACA Jakarta – Kementerian Perindustrian siap mengejar empat program kerja prioritas di tahun 2019. Keempat program tersebut merupakan langkah strategis…

Tangerang Targetkan Pembangunan Tiga Pasar Tradisional Rampung 2019

Tangerang Targetkan Pembangunan Tiga Pasar Tradisional Rampung 2019 NERACA Tangerang - Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, menargetkan pembangunan tiga proyek pasar…

BERITA LAINNYA DI

Hadir Dalam Tiga Tipe, All New Camry Lebih Mewah dan Agresif

PT Toyota Astra Motor (TAM) membuka tahun 2019 dengan menghadirkan All New Camry yang diklaim memiliki tampilan lebih mewah dan…

Pabrikan Volkswagen Cetak Rekor Penjualan di 2018

Volkswagen mencetak rekor pada 2018 dengan menjual 6,24 juta kendaraan bermerek VW, terlepas dari masalah pengiriman yang disebabkan oleh aturan…

Ford Rencanakan Teknologi Nirkabel Baru Untuk Mobil

Ford Motor Co mengatakan pada Senin (7/1) bahwa pihaknya berencana untuk meluncurkan teknologi nirkabel untuk model kendaraan baru di Amerika…