Pabrikan Motor Siap Luncurkan Produk Baru

Sabtu, 01/09/2012

NERACA

Terus berkembangnya penjualan sepeda motor serta meningkatnya gaya hidup masyarakat, menginspirasi pabrikan untuk menghadirkan inovasi baru demi merebut market share di segment potensial tersebut. Hampir semua pabrikan telah menyiapkan produk barunya setelah lebaran ini.

Salah satu yang santer diberitakan akan meluncurkan produk barunya adalah Yamaha dengan All-New Yamaha V-ixionnya. All-New Yamaha V-ixion dipastikan akan mendapat sentuhan baru. Sepeda motor sports terlaris di Indonesia ini diyakini akan memiliki tampang lebih garang.

Menurut Executive Vice President Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Dyonisius Beti bahwa Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah memastikan V-ixion baru diharapkan bisa meluncur tahun ini. “Memang kami ada rencana meluncurkan All-New Yamaha V-ixion dalam waktu tidak terlalu lama. Kemungkinan bisa saja di Jakarta Motor Show 2012. Kita lihat saja nanti.”

Bahkan YIMM telah mengagendakan kembali kedatangan Jorge Lorenzo ke Tanah Air yang disiapkan untuk peluncuran produk baru dalam beberapa bulan ke depan. Diharapkan V-ixion terbaru akan muncul pada gelaran Jakarta Motorcycle Show (JMCS) 2012 pada 31 Oktober-4 November.

Saat ini sketsa dan foto-foto spy shot dari All-New Yamaha V-ixion sudah beredar di dunia maya. Dari penampilannya terlihat lampu depan futuristik dan beraura agresif. Lekok body pada tangki lebih menarik. Ban belakang memiliki telapak yang lebih lebar. Penampilan utuhnya menjadi lebih gagah dan tangguh. Untuk dapur pacu diyakini tetap menggunakan mesin injeksi yang telah disempurnakan berkapasitas 150 cc. Kita tunggu saja kehadiran V-ixion terbaru.

Suzuki Inazuma

Tidak jauh berbeda dengan Yamaha, PT. Suzuki indomobil sales (sis), menciptakan Suzuki Inazuma sepeda motor dengan tampilan modern touring bike yang digadang-gadang akan segera diluncurkan selepas lebaran ini. Motor sport touring yang membidik segmen mapan ini mengutamakan tampilan motor gede yang stylish dan nyaman dikendarai.

Terinspirasi dari hyperbike SUZUKI B-KING (GSX1300BK), Inazuma dirancang dengan penuh kecermatan hingga ke detail styling. Penampilan mesin high class dipersenjatai dengan mesin dua silinder berkapasitas 250cc Fuel Injection yang menghasilkan tenaga 24 hp pada 8.500 rpm serta torsi 23,8 Nm pada 6.500 rpm dengan aksen futuristik. Dan Inazuma merupakan motor pertama di Indonesia yang menggunakan twin muffler untuk menunjang performa mesin yang responsif dan segi tampilan yang macho.

Lampu dengan yang futuristik dan agresif membuat tampilan terlihat tangguh dan powerfull. Panel speedometer terkesan modern dengan indicator digital ditambah dengan indicator interval perawatan seperti yang terdapat pada motor besar. Disamping itu pada speedometernya dilengkapi dengan fitur jam yang informatif bagi rider.

Dari segi teknis dan transmisi, Inazuma dilengkapi mesin dengan langkah piston (caliber 53.5 mm x stroke 55.2 mm) yang dirancang bertenaga pada kecepatan low to mid (sekitar 4.000rpm) serta 6-speed transmission yang berkontribusi atas performa top speed pada lintasan menanjak maupun winding road. Suzuki Inazuma hadir dalam 2 pilihan warna menarik yaitu Candy Cardinal Red dan Pearl Nebular Black. Dengan harga OTR Jakarta sebesar Rp. 46.000.000,-

Honda Teralis

Seakan tidak mau kalah dengan dua pabrikan motor lainnya PT Astra Honda Motor (AHM) memiliki niatan untuk melansir motor sport di Tanah Air. Motor sport Honda yang bernama Teralis ini sudah terdaftar di Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor (TPT-Online) Kementerian Perindustrian (Kemenprin).

Deputi GM Sales Division AHM Thomas Wijaya, membenarkan kalau AHM sudah mendaftarkan Teralis di TPT Online Kemenprin. Ini membuktikan kalau Teralis tidak lama lagi akan diluncurkan di Indonesia. “Memang benar kami (AHM) sudah mendaftarkan Teralis di TPT. Itu untuk proses pengecekan mesinnya saja. Untuk desain kami masih merubahnya sesuai dengan keinginan pasar,” tutur Thomas.

Thomas menambahkan, setelah dinyatakan lulus di TPT, Teralis masih harus melewati beberapa proses lagi. Salah satu yang paling penting yakni masalah desain yang terus dirubah dan disesuaikan dengan pasar sepeda motor di Indonesia. “Kami masih mengutak-atik desainnya lagi biar lebih oke. Masih butuh beberapa bulan untuk merubahnya sampai desainnya benar-benar menarik konsumen,” tambah Thomas.

Sementara itu, ketika ditanya kapan Teralis itu diluncurkan di Indonesia, Thomas hanya mengatakan, akhir tahun ini Teralis siap diluncurkan di Tanah Air. “Peluncurannya belum pasti, tapi kami tegaskan akhir tahun ini Teralis akan kami luncurkan,” tandas Thomas.

Sekadar informasi, spesifikasi motor sport Honda ini akan menggunakan mesin CBR150 yang digendong mesin satu silinder DOHC 4-klep dengan pendingin cairan yang dilengkapi Auto Fan.

Kawasaki Ninja 300, Ninja 400, dan ZX-6R versi baru

Kawasaki sebagai pabrikan motor yang lebih berkonsentrasi ke motor besar kembali akan memberikan Kejutan untuk memperkuat segmentasi sepeda motor 600 cc ke bawah. Setelah Indonesia diganjar Ninja 250, giliran pasar AS yang akan digelontor tiga model sekaligus, yakni Ninja 300, Ninja 400, dan ZX-6R versi baru. Hal itu terkuak ketika dokumen Environment Protection Agency (EPA) - semacam lembaga pendaftaran dan perlindungan merek dan konsumen di AS - berisi model tersebut tersebar ke publik. Dokumen berbentuk file Microsoft Excel tersebut dengan cepat tersebar di internet dan menjadi buah bibir.

Belum diketahui, apakah model-model tersebut segera dipasarkan atau ditunda. Pasalnya, dokumen yang sama sudah diajukan Kawasaki untuk Ninja 400 pada 2011 untuk di-launching 2012. Namun hingga kini, sepeda motor yang banyak dibilang tanggung itu belum juga diproduksi.

Tapi, kabar ini, paling tidak membuat Kawasakimania di AS girang. Meski kurang greget, sepeda motor ber-cc di bawah 600 masih punya pasar khusus. Apalagi, dalam dokumen itu, Kawasaki mendaftarkan dua varian Ninja 300 versi ABS dan non ABS. Tongkrongannya akan sangat mirip dengan Ninja 250, karena kabar yang beredar di sana mengatakan bahwa versi 300 cc adalah bore up dari versi 250 cc. Pengabutan bahan bakar pun sudah menggunakan sistem injeksi. Sementara model lain, Ninja ZX-6R versi baru akan menggendong mesin empat silinder yang mempunyai kapasitas lebih besar, yakni 636 cc dan sanggup memproduksi tenaga 129 PS pada 13.500 rpm.