Tips Berbisnis Ramah Lingkungan

Sabtu, 01/09/2012

NERACA

Untuk membantu pelaku usaha mendukung program kampanye go green, berikut ini beberapa tips dan trik yang bisa Anda jalankan untuk membangun bisnis yang ramah lingkungan.

• Mulailah dengan mengurangi produksi limbah. Hal ini penting karena limbah yang mengandung bahan berbahaya dan beracun (B3), bisa merusak kondisi lingkungan bila tidak diolah dengan cara yang tepat.

• Memanfaatkan kembali limbah yang ada di sekitar lokasi usaha, dan didaur ulang menjadi berbagai macam produk baru yang tentunya ramah lingkungan.

• Lakukan penghijauan dengan mulai menjalankan peluang usaha di bidang agribisnis. Tips ketiga ini bisa Anda lakukan dengan menjalankan bisnis budidaya jabon, jati, sengon atau jenis pohon kayu lainnya, memperluas lahan-lahan pertanian, serta mempopulerkan teknik budi daya tanaman dengan cara organik. • Memanfaatkan kekayaan alam untuk menghasilkan energi baru yang ramah lingkungan. Misalnya saja seperti memanfaatkan cahaya matahari sebagai pembangkit listrik, atau bisa juga menjalankan bisnis bahan bakar nabati (bioetanol) yang memanfaatkan jagung, tetes tebu, atau singkong sebagai bahan utamanya untuk menggantikan bahan bakar seperti bensin.

• Pilihlah peralatan usaha dan sarana transportasi yang lebih efisien untuk menghemat penggunaan energi.

• Buatlah gedung usaha yang ramah lingkungan. Ramah lingkungan yang dimaksudkan adalah membangun tempat usaha yang memiliki ventilasi cukup sehingga udara dan cahaya matahari bisa masuk ke ruang usaha Anda setiap harinya. Selain itu Anda juga bisa menghindari beberapa bahan material yang mengandung bahan kimia, sehingga tempat usaha Anda lebih sehat dan tentunya ramah lingkungan.