Tips Membuat Villa

Sabtu, 01/09/2012

NERACA

Memiliki villa mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memulai investasi bangunan, namun memang tidak semudah itu memilihnya. Banyak yang harus diperhatikan sebelum membeli ataupun membangun sebuah villa yang nyaman dan tentunya menarik.

Kenyamanan adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam memilih, membangun ataupun membeli sebuah villa. Nilai kenyamanan setiap orang memang berbeda-beda, namun secara umum tetap ada standarnya. Contohnya seperti kebersihan villa, kebersihan lingkungannya. Kebersihan sangatlah berpengaruh kepada kesehatan rumah, dan kesehatan rumah sangatlah berpengaruh kepada kesehatan penghuninya, jadi faktor kebersihan lingkungan menjadi sangat penting.

Selain itu kita juga harus perhatikan lokasi villa tersebut, pada umumnya banyak orang memang memilih daerah-daerah perbukitan yang masih memiliki udara yang bersih dan sejuk. Biasanya di daerah perbukitan atau pegunungan.

Namun lagi-lagi kita harus memastikan bahwa tempat yang kita pilih memiliki akses jalan yang cukup baik, jadi mudah untuk menjangkaunya.

Selain itu perhatikan pula lingkungan sekitarnya, selain bersih, memilih daerah yang aman juga sangat penting, karena selain kita sewakan, villa terkadang menjadi tempat kita menyimpan barang-barang kita. Jadi bila lingkungan cukup baik dan aman, kita pun akan nyaman tinggal di villa kita.

Fasilitas pun harus dipertimbangkan saat kita ingin membuat sebuah villa. Misalnya perlengkapan dapur, kolam renang, kamar yang cukup serta tempat parkir mobil yang memadai. Sehingga memudahkan kita untuk bisa mengadakan acara seperti outbound atau reunian di malam tahun baru. Bila fasilitas yang kita buat sangat menarik, orang-orang pun akan berdatangan untuk menyewa villa kita, namun yang harus kita pikirkan adalah fasilitas dari daerahnya. Jadi pastikan listrik masuk ke sana, dan yang terpenting memiliki akses jalan yang cukup baik, hal ini untuk memudahkan saat kita membangunnya.

Carilah informasi yang lengkap dan jelas mengenai properti villa atau harga tanah yang akan Anda beli untuk membuat villa. Informasi yang penting antara lain: surat-surat seperti sertifikat atau akta, luas tanah dan bangunan dan yang penting harga yang ditawarkan oleh penjualnya.

Carilah informasi di sekitar properti tersebut untuk melakukan perbandingan harga, dalam hubungannya dengan desain arsitektur, kualitas bahan bangunan, dan kondisi lingkungan sekitar.

Jangan lupa juga pastikan juga daerah yang kita pilih untuk membuat villa, apakah dekat dengan fasilitas umum lainnya, misalnya transportasi umum seperti angkot atau setidaknya ojek, pasar, toko ataupun mini market, jadi kita tidak kebingungan juga dalam mencari perlengkapan sembako. Memiliki villa sendiri memang sangat menyenangkan, kita bebas menggunakannya dan kita juga bisa menyewakannya, namun banyak yang harus kita perhatikan dalam memilih atau membuatnya, seperti desain dan bentuk villa, bahan bangunan yang kita gunakan pun harus tepat, karena villa pada umumnya ditempat yang bercuaca sangat dingin, jadi memilih bahan bangunannya memang harus yang benar-benar tahan terhadap cuaca dingin.