Menjaga Kesehatan Kulit

Sabtu, 01/09/2012

NERACA

Kulit merupakan bagian tubuh kita yang bersentuhan langsung dengan segala hal di luar tubuh, seperti misalnya cuaca, sinar matahari atau yang lainnya. Dan kulit kita merupakan hal pertama yang terlihat, saat kita mulai mengalami penuaan. Jadi sudah sewajarnya kita melakukan perawatan pada kulit. Berikut beberapa tips perawatan kulit dan untuk menjaga kesehatan kulit.

Perlindungan terhadap matahari memiliki peran utama dalam menjaga kulit. Anda perlu melindungi kulit dari sinar matahari guna mencegah penuaan pada kulit. Sinar matahari sangat berpengaruh dalam membuat kulit berkerut, kering, dan membuat warna kulit berubah. Penjarangan kulit, tekstur kulit, penipisan kulit serta penyakit kulit yang berhubungan dengan paparan sinar matahari dapat membuat kulit Anda nampak jauh lebih tua. Jadi, mulailah melindungi kulit dengan krem pelindung sinar matahari.

Merawat kulit merupakan hal yang sangat penting. Anda harus segera mencuci wajah setiap kali sehabis ke luar di bawah terik matahari. Menggosok kulit dengan peeling secara teratur, setidaknya seminggu dua kali, akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel, sehingga kulit dapat lebih leluasa bernafas dan lebih cerah.

Berolah raga teratur sejalan dengan bertambahnya usia,dapat menghambat penuaan fisik. Sangatlah mustahil menyembunyikan tanda-tanda penuaan di balik kulit. Leher, pipi dan sudut mata merupakan bagian yang paling mudah terlihat saat usia bertambah tua. Demi memperbaiki penampilan kulit, kita mesti menyeimbangkan antara diet dan latihan secara teratur. Selain Anda juga harus rajin minum air putih, paling sedikit delapan hingga sepuluh gelas setiap hari.

Hindari merokok karena populasi dari perokok terbesar di dunia adalah pria. Merokok bukan hanya menyebabkan kanker paru-paru, tapi juga dapat membuat kulit kusam dan berkerut. Menurut beberapa penelitian terdapat dugaan kuat bahwa nikotin yang terkandung dalam rokok memiliki pengaruh yang sama seperti elastin pada sinar matahari.