Dua Operator Seluler Alami Peningkatan Trafik Saat Lebaran

NERACA

Jakarta – Peningkatan trafik dialami dua operator seluler yaitu Telkomsel dan XL Axiata selama momen Lebaran 2012. Layanan Blackberry Telkomsel naik signfikan hingga 226% dibandingkan dengan tahun lalu pada hari H, Minggu lalu. Trafik layanan data atau broadband juga naik hingga lebih dari 55% atau mencapai 157 terabyte. Lonjakan tinggi juga terjadi pada layanan MMS hingga lebih dari 169% dengan jumlah MMS yang terkirim lebih dari 3,23 juta MMS.

Sementara itu, layanan SMS meningkat mencapai lebih dari 1,12 miliar SMS terkirim, naik 25% dibanding hari normal. Untuk layanan suara, 1,28 miliar menit suara terhubung, naik 24% dibanding Lebaran sebelumnya.

Kendati trafik layanan seluler naik, POH Head of Corporate Communications Telkomsel, Ricardo Indra mengatakan kualitas seluruh layanan baik suara, SMS, MMS hingga data tercatat menunjukan performansi yang sangat baik. "Kondisi jaringan Telkomsel pada saat puncak lonjakan trafik komunikasi atau hari H Idul Fitri terpantau optimal melayani kebutuhan pelanggan," ujarnya awal pekan ini.

Sementara itu, hingga H+1 Idul Fitri konsentrasi peningkatan trafik komunikasi Telkomsel khususnya trafik layanan voice terjadi di wilayah Sumatra Barat (Padang, Pariaman, Bukit Tinggi) dengan lonjakan trafik hingga 72 % dari hari normal.

Untuk trafik SMS tertinggi terjadi di wilayah Jawa Timur dengan lonjakan trafik hingga lebih dari 154% dari hari normal. Sedangkan wilayah Jawa Tengah tercatat sebagai wilayah dengan penggunaan layanan data tertinggi hingga 152% khususnya di kota Tegal dan daerah sekitarnya meliputi Pemalang, Brebes, Kebumen, hingga Cilacap.

Tingkat kesuksesan layanan Telkomsel pada Lebaran 2012 sangat memuaskan dengan kesuksesan pengiriman SMS (Global Delivery Rate) mencapai 99,82%, kesuksesan panggilan suara (Call Success Rate) 97,62%, kesuksesan penyelesaian panggilan suara (Call Completion Rate) 98,57%, kesuksesan layanan data (Data Success Rate) 99,88%, serta kesuksesan layanan Isi Ulang Pulsa (Recharge Success Rate) mencapai 99,76%."Baik hari biasa maupun musim mudik Lebaran, Telkomsel selama 24 jam penuh melakukan pemantauan trafik dan antisipasi ketat kinerja perangkat serta menyiapkan secara seksama penambahan kapasitas jaringan di seluruh wilayah Indonesia," ujar Ricardo.

Telkomsel melakukan pemeliharaan kinerja perangkat secara ketat dan pemantauan trafik dari bagian barat hingga wilayah timur Indonesia melalui Supervisory and Monitoring Network Perfomance (SUPERMAN), serta mengerahkan 10 unit Compact Mobile Base Transceiver (COMBAT) Telkomsel untuk menambah kemampuan penanganan trafik komunikasi selama libur Lebaran.

Sementara itu, XL Axiata juga mengalami peningkatan trafik komunikasi selama Lebaran 2012. Layanan data XL Axiata (XL) melonjak lebih tinggi dibanding layanan suara dan SMS pada musim mudik Lebaran tahun ini. Peningkatan trafik data dua dan sehari menjelang Lebaran masing-masing mencapai 30,8% dan 26,9%."Peningkatan trafik layanan data sejalan dengan semakin meningkatnya penggunaan layanan data melalui Blackberry Messenger (BBM), Facebook, Twitter dan jejaring sosial lain,'' ujar Presiden Direktur XL Axiata Hasnul Suhaimi.

Sedangkan kenaikan layanan suara mencapai puncak pada Idul Fitri dengan peningkatan 4,5%. Menurut Hasnul, penggunaan layanan suara tertinggi terjadi di Provinsi Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara dengan kontribusi 7,58%. (didi)

BERITA TERKAIT

SP JICT Desak Otoritas Pelabuhan Awasi Peralihan Operator RTGC

NERACA Jakarta - Serikat Pekerja PT. Jakarta International Container Terminal (SP JICT) mendesak Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok untuk mengawasi kebijakan…

Metrodata Merger Dua Anak Usaha - Tingkatkan Daya Saing

NERACA Jakarta – Pacu pertumbuhan bisnis lebih agresif lagi dan menekan efisiensi, dua entitas bisnis PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL),…

Golden Energy Dirikan Dua Anak Usaha Baru

PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) mendirikan dua anak perusahaan tidak langsung yang bergerak dalam bidang pertambangan batu bara yakni…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Edukasi Literasi Keuangan - Asuransi Simas Sambangi Siswa Bukittinggi

NERACA Jakarta - Asuransi Sinar Mas (Simas) melanjutkan literasi keuangan untuk mendukung kebijakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam rangka meningkatkan…

Bukalapak Sabet Tiga Piala Citra Pariwara

Bukalapak, pasar online terbesar di Indonesia berhasil memenangkan penghargaan Citra Pariwara 2017, salah satu penghargaan bergengsi bagi insan kreatif dan…

MNC Investama Bayar Utang US$ 215 Juta

Pangkas beban utang, PT MNC Investama Tbk (BHIT) berencana melunasi pinjaman berdenominasi dollar AS yang segera jatuh tempo. Perusahaan tercatat…