Mudik Naik Sepeda Motor Masih Jadi Pilihan - Arus Balik Mulai Bergerak ke Jakarta

Meskipun pemerintah telah memberi fasilitas mudik gratis bagi pengendara sepeda motor untuk memberangkatkan kendaraannya itu dengan kapal laut maupun atau truk, namun tetap saja masih banyak pemudik yang menggunakan sepeda motor.

NERACA

Berdasarkan pemantauan Kementerian Perhubungan di sejumlah titik arus mudik, hingga Jumat 17 Agustus 2012, ada lebih dari 100.000 motor yang melintas di jalur Pantura. "Ada 112.875 sepeda motor yang melintasi jalur Pantura ke arah Timur," ujar Ketua Harian Shift II, Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu, Djoko Murjatmodjo, dalam laporannya, Jumat, 17 Agustus 2012.

Pada hari-hari biasa, hanya ada 4,711 motor yang melewati jalur itu. Kementerian Perhubungan melakukan pemantauan terhadap arus lalu lintas jalur mudik di enam titik. Pos-pos pemantauan terletak di Merak (Cilegon), Sadang (Purwakarta), Ciasem (Subang), Cicurug (Sukabumi), Cisarua (Bogor), serta Ciamis.

Jumlah sepeda motor mudik ini mengalami peningkatan 2.295,99 persen dari jumlah normal. Sedangkan jumlah mobil pribadi yang melewati jalur tersebut mengalami peningkatan 995,52 persen dari jumlah normal. Di luar masa arus mudik Lebaran, tercatat ada 3.148 mobil pribadi yang melalui jalur Pantura.

Pada Pos Pemantauan Merak, tercatat ada 31.073 motor serta 12.730 mobil pribadi yang melintas. "Jumlah motor dan mobil pada H-3 yang terpantau dari Pos Pemantauan Merak mengalami kenaikan dibandingkan H-3 Lebaran tahun lalu," kata Djoko. Pada H-3 Lebaran tahun 2011, ada 20.224 motor serta 10.190 mobil.

Sementara itu, sampai H+3 Rabu (22/8) arus balik mulai memenuhi jalur pantura dan pelabuhan Merak-Bakauheni.

Menurut pihak kepolisian, puncak arus balik akan terjadi pada Rabu malam, karena PNS dan sebagian karyawan swasta harus mulai bekerja pada Kamis.

”Arus lalu lintas meskipun tidak terlalu padat, nyaris tak terputus bergerak dari timur menuju ke Jakarta,” kata seorang petugas polisi di lapangan.

Petugas juga melakukan rekayasa lalu lintas dengan memindahkan pembatas jalan di Kota Purwakarta, dengan mengalihkan arus lalu lintas menuju obyek wisata Jatiluhur atau pintu tol Jatiluhur di ruas Purbaleunyi.

Sementara di Pelabuhan Merak, pihak Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) menyiapkan 31 kapal roll-on-roll-off (roro) atau meningkat sembilan kapal dibandingkan dengan hari biasanya. Selain itu, ASDP juga menyiapkan dua dermaga yang ada dan menambah petugas demi kelancaran arus balik.

”Kami ingin puncak perjalanan balik pada Rabu sore hingga malam berjalan lancar,” kata seorang petugas di dermaga pelabuhan Merak.

Terminal Lebak Bulus

Arus balik Lebaran 2012 di Terminal Lebak Bulus hari ini, Selasa (21/8/2012) masih tampak lengang. Kedatangan para penumpang dari mudiknya diprediksi akan memuncak pada H+5, atau Sabtu (25/8).

Menurut Kepala Terminal Lebak Bulus Suarta Sebayang, prediksi ini dilhat berdasarkan rekapitulasi jumlah penumpang tahun lalu. Tercatat 14.132 penumpang dan 612 bus yang tiba pada H+5 Lebaran.

"Ya kalau menurut sebelum-sebelumnya mungkin H+5. Banyak yang mudik ke arah Jawa kalau di sini, ke arah Sumatera ada tapi sedikit," ujar Suarta saat berbincang di kantornya di Terminal Lebak Bulus, Jl Pasar Jumat, Jakarta Selatan, Selasa (21/8/2012).

Suarta menilai jika dibanding dengan tahun lalu, ada peningkatan jumlah penumpang. "Tapi jumlahnya sedikit, ya nanti baru kelihatan setelah selesai di rekap semua," imbuhnya.

Menurut Suarta, jumlah pemudik yang tidak terlalu bertambah secara signifikan dibanding tahun lalu disebabkan oleh banyak hal. Pihaknya beserta pemerintah melalui Kementrian Perhubungan juga sudah mengupayakan untuk menambah jumlah pengguna armada bus.

"Mungkin karena sekarang makin banyak penyelenggara mudik gratis. Pengguna motor juga masih dominan. Ya kita juga sudah upayakan sosialisasi segala macem tapi itu semua ya kembali ke orangnya," jelasnya.

Untuk mengantisipasi membludaknya penumpang pada arus balik, pihaknya mengaku tak melakukan persiapan khusus.

"Ya tidak ada antisipasi khusus. Kita pantau seperti biasa saja," tutupnya.

Sementara arus puncak mudik di Terminal ini sudah terjadi pada H-2 atau Jumat (17/8) dengan penumpang yang berangkat mencapai 27.112 penumpang, dan 608 bus yang berangkat.

Jalur Nagrek

Situasi arus balik lebaran 2012 di jalur selatan terutama di jalur Nagrek sudah mulai terjadi sejak Rabu pagi. Arus kendaraan dari arah Tasikmalaya dan dari arah Garut yang memasuki jalur lingkar Nagrek sudah mulai ramai. Namun secara umum kondisi arus lalu lintasnya masih cukup lancar. Seperti diprediksi kemarin, arus balik lebaran 2012 mulai terjadi Rabu dini hari.

Arus kendaraan yang memasuki jalur lingkar Nagrek dari arah kota Tasikmalaya menuju ke arah Bandung dan Jakarta pada Rabu (22/8) pagi sudah mulai ramai dengan jarak kendaraan yang cukup pendek antara satu dengan yang lain.

Demikian pula dengan arus kendaraan yang datang dari arah kota Garut memasuki jalur lingkar Nagrek juga mulai ramai. Namun secara umum kondisi arus lalu lintasnya masih lancar.

Penyatuan arus kendaraan baik dari arah Tasik dan Garut memasuki jalur lingkar Nagrek tidak terjadi penumpukankarena memang ruas jalur Nagrek yang mulai dioperasikan Agustus tahun lalu dan menelan biaya sekitar 300 milyar rupiah, cukup lebar sehingga lingkar Nagrek ini, praktis arus kendaraan dari dua arah ini tidak mengalami kesulitan untuk melaju menuju kearah Bandung dan Jakarta.

Arus balik lebaran 2012 mulai terjadi hari Rabu dan kendaraan yang tiba di jalur lingkar Nagrek pagi ini umumnya para pemudik yang akan kembali ke kota tempat mereka bekerja di Jakarta dan sekitarnya.

Arus balik Lebaran dengan mengendarai sepeda motor dari arah Cirebon menuju Jakarta, sejak Rabu pagi (H +3) mulai memadati jalur utama Pantura Cikampek sampai perbatasan Karawang – Bekasi.

Untuk menghindari kemacetan, petugas Pos Pam di Simpang Tiga Lampu Merah Warung Bambu, mengalihkan semua arus balik pengendara sepeda motor yang datang dari arah Cikampek menuju Bekasi, melalui jalan baru (jalan By Pass Warung Bambu – Tanjungpura), begitu juga kendaraan roda empat pribadi maupun umum.

Pengalihan arus balik Lebaran merupakan upaya mengatasi kepadatan arus balik di Kota Karawang.

Sejak Rabu pagi (22/8/2012) dari berita yang dilansir dari NTMC Polri belasan petugas dikerahkan mengatur pengalihan arus balik di Simpang Tiga Warung bambu, begitu juga di Simpang Tiga Tanjungpura.

Sementara itu kepadatan arus balik juga mulai terlihat di Simpang Tiga Jomin Kota Baru, Cikampek dan Simpang Tiga Mutiara. Kendaraan angkutan umum maupun pribadi, yang datang dari arah Pantura menuju Jakarta, di arahkan ke jalan By Pass Jomin, selanjutnya ke arah gerbang Tol Kopo.

Diperkirakan puncak arus balik Sabtu (25/8) dan Minggu (26/8) sebab masa cuti Lebaran karyawan swasta sudah habis dan Senin (27/8) anak sekolah mulai masuk. Meski demikian mulai hari ini arus balik akan terus meningkat hingga akhirnya puncaknya Sabtu atau Minggu.

Sedangkan di Kab Purwakarta dipadati ribuan sepeda motor dengan tujuan Obyek Wisata Jatiluhur. ” Mereka memanfaatkan libur Lebaran,” ujar Kapolres Purwakarta AKBP Bahtiar.

Konvoi ribuan sepeda motor terus mengalir sejak Selasa pagi hingga sore menuju Obyek wisata Jatiluhur. Dari plat nomor sepeda motor yang mereka tunggangi leter ‘T’, dapat ditebak mereka datang dari wilayah Purwasuka (Purwakarta-Subang-Karawang).

Terpantau pula, arus ramai lancar di jalur tengah sekeluarnya di GT Sadang menuju Cipendeuy-Kalijati (Subang). Mereka menuju Obyek Wisata Air Panas Sari Ater, Subang.

Selain itu di gerbang tol Cikopo hingga pertigaan Jomin, Cikampek, menuju pantura Subang tetap ramai.

Data yang diperoleh NTMC dari Jasa Marga, terjadi lonjakan arus kendaraan yang keluar di Gardu Cikarang Utama menuju Tol Cikopo pada H+3 tercatat sebanyak 58.172 unit terdiri sif 1 17.877 unit, sif 2 23.470 unit dan sif 3 16.852 unit.

Terjadi kenaikan sekitar 20.000 unit kendaraan dari hari H (19/8) yang tercatat 38.235 unit kendaraan dengan rincian sif 1 13.209 unit, sif 2 15.323 unit dan sif 3 9.703 unit kendaraan.

(agus/dbs)

BERITA TERKAIT

HIPMI Inginkan Jakarta Lebih Baik - Punya Gubernur Baru

    NERACA   Jakarta - Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jakarta Raya (BPD Hipmi Jaya) mengharapkan Gubernur…

Sumbangan Devisa Pariwisata Masih Terbatas

      NERACA   Padang - Bank Indonesia (BI) menilai sumbangan sektor pariwisata terhadap cadangan devisa Indonesia, masih relatif…

Analis Bilang Koleksi Saham Sektor Konsumer - Daya Beli Masih Positif di Tahun Depan

NERACA Jakarta - Pelemahanan daya beli masyarakat hingga paruh pertama tahun ini yang di luar perkiraan banyak pihak, perlahan menunjukkan…

BERITA LAINNYA DI

Brio Satya Jadi Model Terlaris Honda Pada September 2017

Honda mencatatkan angka penjualan kendaraan sebanyak 15.112 unit sepanjang bulan September 2017. Penjualan tersebut didukung beberapa model andalan, terutama Brio…

Diskon Besar

Federasi pembuat mobil Jerman memperkirakan adanya kenaikan penjualan mobil tahun 2017 menyusul langkah cepat konsumen untuk membeli mobil baru yang…

Crown Rancangan Ulang Dipamerkan di Tokyo Motor Show

Toyota Motor Corporation (TMC) dijadwalkan akan memamerkan Crown Concept, sedan mewah Toyota yang dirancang ulang dari nol, di Tokyo Motor…