Para ahli Temukan Latex lebih berkualitas

NERACA

Bridgestone Corporation telah mengumumkan bahwa mereka berhasil menterjemahkan rangkaian genome utama untuk Hevea brasiliensis tanaman euphorbiaceous sebagai bahan untuk memproduksi lateks, umumnya dikenal sebagai pohon karet - yang menghasilkan lateks.

Lateks adalah karet alam yang dibutuhkan untuk memproduksi ban dan masih banyak produk penting karet lainnya. Terobosan yang dihasilkan dari penelitian ini dapat terwujud berkat kerja sama dengan Genome Informatika Laboratory di National Institute of Genetics (Mishima City, Prefektur Shizuoka).

Menurut Narumi Zaitsu Vice President and Senior Officer Member of the Board Responsible for Quality Management bahwa Data genome baru ini diharapkan dapat membantu pengembangan teknologi pembibitan dan metode penumbuhan untuk Hevea brasiliensis/karet alam.

Teknologi ini dapat memungkinkan duplikasi yang lebih baik dari tanaman tersebut dan meningkatkan jumlah dan kualitas lateks yang dihasilkan. Data tersebut juga dapat mempercepat penelitian lain di berbagai bidang, termasuk pengembangan dupilkat dengan daya tahan yang luar biasa terhadap penyakit dan tekanan.

Bridgestone Group telah melakukan penelitian dasar untuk pengembang-biakan, molekuler Hevea brasiliensis untuk meningkatkan produktivitas karet alam. Untuk mempercepat berbagai kegiatan penelitian ini, Grup telah menterjemahkan setidaknya 1.4 milliar base pair (bp), genome untuk Hevea brasiliensis bersama dengan Genome Informatika Laboratory di National Institute of Genetics. ”Rangkaian data yang diperoleh melalui penelitian tersebut diperkirakan dapat mencakup lebih dari 90% daerah yang kaya genom,” paparnya.

Bridgestone Group mempelopori inisiatif di beberapa bidang untuk mengembangkan industri karet alam. Sebagai contoh, sejak Februari 2011, Bridgestone bersama dengan Institut Nasional Ilmu Pengetahuan Industri Maju dan Teknologi serta Teknologi Penilaian Indonesia dan Badan Aplikasi telah bermitra pada proyek biotechnology internasional yang bertujuan untuk meningkatkan produksi karet alam.

Jenis penelitian ini tidak hanya diharapkan dapat membantu meningkatkan produktivitas karet alam, tetapi juga memajukan penggunaan pengetahuan tentang genom untuk keperluan industri.

Permintaan ban diperkirakan akan meningkat seiring dengan pertumbuhan produksi mobil di seluruh dunia. Bridgestone Group memiliki komitmen untuk menggunakan kekayaan alam secara efektif, memajukan prinsip 'mengurangi' (reducing), 'menggunakan kembali' (reusing), dan 'daur ulang' (recycling).

Selain itu, Bridgestone Group yakin bahwa sumber daya masa depan untuk ban baru harus berasal dari bahan yang berkelanjutan. Oleh karena itu, Bridgestone Group bertujuan untuk akhirnya hanya mengembangkan ban dari bahan 100% berkelanjutan melalui penelitian biomaterial di beberapa bidang, termasuk penelitian yang dibahas di sini untuk meningkatkan produktivitas karet alam.

BERITA TERKAIT

Komitmen Mansek Ciptakan Investor Berkualitas - Lewat Trading Challenge

NERACA Jakarta – Pentingnya peranan investor lokal dalam menjaga pertumbuhan indeks harga saham gabungan (IHSG) dan juga kapitalisasi di pasar…

APBD Lebih Banyak Disedot untuk Gaji PNS

    NERACA   Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebutkan saat ini sekitar 37 persen dari APBD digunakan untuk…

TIKI Resmikan Station & Sales Counter Cabang Fatmawati - Lebih Dekat dengan Pelanggan

TIKI Resmikan Station & Sales Counter Cabang Fatmawati Lebih Dekat dengan Pelanggan Dengan bertambahnya station dan sales counter, diharapkan jaringan…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

New Honda Vario eSP Dapat Sentuhan Tampilan Baru

PT Astra Honda Motor (AHM) merilis tampilan anyar untuk skutik andalan mereka, New Honda Vario eSP, yang disemati pembaruan pada…

Produk Otomotif China Tambah Pilihan Bagi Konsumen

Dua industri otomotif asal Tiongkok yakni PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) dan PT Sokonindo Automobile tahun ini resmi memasuki…

Infiniti Perkenalkan All New QX50 Dengan Mesin Baru

Infiniti memperkenalkan medium sport utility vehicle (SUV) kelas premium, All New QX50, yang menggunakan mesin bensin terbaru VC Turbo dengan…