Operator Klaim Berikan Layanan Lebaran Terbaik


Data kembali mendominasi lonjakan trafik jaringan telekomunikasi pada periode libur Lebaran tahun 2012. Seperti yang terjadi pada PT XL Axiata, Tbk. (XL) mengalami lonjakan trafik data hingga 30,8 persen dari hari normal, sedangkan Telkomsel naik 55 persen, bahkan mencapai 226 persen dibandingkan Lebaran 2011 untuk trafik layanan BlackBerry.
Sedangkan Indosat tetap dapat memberikan layanan berkualitas kepada pelanggannya, meskipun terjadi peningkatan trafik telekomunikasi pada musim mudik Lebaran, terutama pada hari H atau  tanggal  19 Agustus 2012.
Trafik voice nasional pada Hari H mengalami peningkatan menjadi sekitar 379.38 Juta menit, atau naik sekitar  13.99% dibandingkan dengan trafik suara reguler sebelum Ramadhan sebesar 332 Juta menit pada  bulan Juni 2012. Kenaikan tertinggi trafik suara terjadi di area West Java (51.14%), Central Java (32.36%), and Southern Sumatera (36.10%).
    Sedangkan trafik SMS di hari H meningkat menjadi  sekitar 1,025 Juta SMS, atau naik 32% dibandingkan trafik SMS reguler sebelum Ramadhan sebesar 776 Juta SMS pada bulan Juni 2012. Keberhasilan kirim antar pelanggan Indosat lebih dari 96% yang berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS internal jaringan Indosat. Sedangkan tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antar operator mencapai sekitar 94.70% walau terjadi  kepadatan jalur pengiriman antar operator. Kenaikan tertinggi terjadi di East Java (47.86%), West Java (52.39%),  dan Central Java (46.86%).Sedangkan trafik data di hari H meningkat menjadi sekitar  44.58 Terabyte/hari, atau naik 26.90% dibandingkan trafik Data pada sebelum Ramadhan yaitu pada bulan Juni 2012.
Perbandingan Dengan Hari H  Lebaran Tahun Lalu
Apabila diperbandingkan dengan kondisi hari H Lebaran tahun lalu, maka trafik voice hari H  tahun 2012 mengalami penurunan 5.83%. Sedangkan trafik SMS hari H tahun 2012 meningkat  14% dibandingkan trafik SMS pada H tahun 2011. Dan trafik komunikasi data meningkat 68.09% dibanding trafik tahun lalu.
Secara nasional, Indosat telah meningkatkan kapasitas trafik suara menjadi 924 juta menit/hari, peningkatan sebesar 140,6% dibanding trafik regular hari biasa. Untuk SMS, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 1,4 Milyar SMS/hari, yakni peningkatan sebesar 62,41% dibanding trafik regular hari biasa, sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 120 Terabyte/hari, yakni peningkatan sebesar 197,5% dibanding trafik regular hari biasa. Secara nasional, hingga kwartal pertama 2012, Indosat melayani lebih dari 50 juta pelanggan, dengan didukung total BTS yaitu 18.408.
Important Note : agar tidak terjadi salah persepsi, trafik voice dengan satuan menit di atas tidak ekuivalen dengan menit percakapan,  melainkan menit utilisasi jalur suara (voice)  yang dihitung sejak penelepon  mengunakan jalur (channel) suara, baik sambungan telepon  tersebut terjawab maupun tidak dijawab oleh yang ditelepon.  Sehingga menit voice yang disampaikan di atas tidak bisa menjadi referensi untuk menghitung revenue (jika dikalikan dengan tarif).

Trafik Data Telkomsel Capai 157 terabyte
Trafik data Telkomsel pada hari H Lebaran 2012  (Minggu, 19/8) mengalami  kenaikan trafik hingga lebih dari 55% atau mencapai 157 terabyte. Kenaikan juga diikuti oleh layanan BlackBerry yang melonjak signifikan hingga 226%  dibandingkan Idul Fitri tahun lalu atau mencapai lebih dari 7,5 Gbps.
POH Head of Corporate Communications Telkomsel, Ricardo Indra mengatakan lonjakan tinggi juga terjadi pada layanan MMS hingga lebih dari 169%  dengan jumlah MMS yang terkirim lebih dari 3,23 juta MMS.
Sementara layanan SMS yang meningkat mencapai lebih dari 1,12 miliar SMS terkirim atau mengalami kenaikan sebesar 25% dibanding hari normal dan 1,28 miliar menit suara terhubung atau mengalami kenaikan 24 persen dibanding Lebaran 2011. “Kondisi jaringan Telkomsel pada saat puncak lonjakan trafik komunikasi atau hari H Idul Fitri terpantau optimal melayani kebutuhan pelanggan,” katanya.
Diungkapkannya,  hingga H+1 (Senin,20/8)konsentrasi peningkatan trafik komunikasi Telkomsel khususnya trafik layanan suara terjadi di wilayah Sumatera Barat (Padang, Pariaman, Bukit Tinggi) dengan lonjakan trafik hingga 72%  dari hari normal. Untuk trafik SMS tertinggi terjadi di wilayah Jawa Timur dengan lonjakan trafik hingga lebih dari 154% dari hari normal.
Sedangkan wilayah Jawa Tengah tercatat sebagai wilayah dengan penggunaan layanan data tertinggi hingga 152%  khususnya di kota Tegal dan daerah sekitarnya meliputi Pemalang, Brebes, Kebumen, hingga Cilacap.
Tingkat kesuksesan layanan Telkomsel pada Lebaran 2012 untuk pengiriman SMS (Global Delivery Rate) mencapai 99,82%,  panggilan suara (Call Success Rate) 97,62%,  penyelesaian panggilan suara (Call Completion Rate) 98,57%,  layanan data (Data Success Rate) 99,88% , serta   Isi Ulang Pulsa (Recharge Success Rate) mencapai 99,76%. Di musim lebaran kali ini, Telkomsel siagakan 10 unit COMBAT atau BTS bergerak (mobile BTS) untuk menambah kapasitas. Sedangkan total BTS yang dimiliki sekitar  49 ribu.
Telkomsel juga menyajikan Wi-Fi Captive Portal yang memberikan pengalaman internet terbaik dan berkualitas. Wi-Fi Captive Portal telah on-air pada 40 lokasi Flash zone hotspot di sepanjang wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Lebaran Layanan Data XL Paling Diminati
Layanan data XL Axiata (XL) melonjak lebih tinggi ketimbang layanan suara dan SMS pada musim mudik Lebaran tahun ini. Menurut Presiden Direktur XL Axiata Hasnul Suhaimi, peningkatan trafik data dua dan sehari menjelang Lebaran masing-masing mencapai 30,8% dan 26,9%.
''Peningkatan trafik layanan data sejalan dengan semakin meningkatnya penggunaan layanan data melalui Blackberry Messenger (BBM), Facebook, Twitter dan jejaring sosial lain,'' ujar Hasnul.
Sedangkan kenaikan layanan suara mencapai puncak pada Idulfitri dengan peningkatan 4,5%. Penggunaan layanan suara tertinggi terjadi di Provinsi Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara dengan kontribusi 7,58%.
Pada hari biasa, trafik percakapan di jaringan XL 600 juta menit, SMS 660 juta SMS, dan data 52 Terabytes. Trafik layanan data sejak dua hari menjelang Lebaran sampai Idulfitri ialah 68 Terabytes, 66 Terabytes dan 62 Terabytes. Penggunaan layanan percakapan pada periode yang sama masing-masing 560 juta menit, 556,4 juta menit dan 626 juta menit. Sedangkan trafik SMS sejak dua hari menjelang Lebaran sampai hari raya ialah 470 juta SMS, 575 juta SMS dan 565 juta SMS

BERITA TERKAIT

Bantu UKM Kembangkan Bisnis, Salesforce Luncurkan Pro Suite

  NERACA Jakarta - Salesforce meluncurkan edisi terbaru Pro Suite yang tersedia di market Indonesia. Sebuah solusi yang fleksibel, terukur,…

Menggabungkan Seni dan Teknologi, Ink Lords Kenalkan Desain Kemasan dari Makhluk Mitologi Indonesia

  Menggabungkan Seni dan Teknologi, Ink Lords Ciptakan Desain Kemasan dari Makhluk Mitologi Indonesia NERACA Jakarta - Minat terhadap ‘Creative…

Kolaborasi dengan Timezone - Coocaa Indonesia Bagi THR TV 86 Inch dan Ratusan Juta Rupiah

Coocaa, sebagai brand TV no. 1 di Indonesia berkolaborasi dengan Timezone Indonesia ingin berbagi kebahagiaan serta perasaan dan pengalaman yang…

BERITA LAINNYA DI Teknologi

Bantu UKM Kembangkan Bisnis, Salesforce Luncurkan Pro Suite

  NERACA Jakarta - Salesforce meluncurkan edisi terbaru Pro Suite yang tersedia di market Indonesia. Sebuah solusi yang fleksibel, terukur,…

Menggabungkan Seni dan Teknologi, Ink Lords Kenalkan Desain Kemasan dari Makhluk Mitologi Indonesia

  Menggabungkan Seni dan Teknologi, Ink Lords Ciptakan Desain Kemasan dari Makhluk Mitologi Indonesia NERACA Jakarta - Minat terhadap ‘Creative…

Kolaborasi dengan Timezone - Coocaa Indonesia Bagi THR TV 86 Inch dan Ratusan Juta Rupiah

Coocaa, sebagai brand TV no. 1 di Indonesia berkolaborasi dengan Timezone Indonesia ingin berbagi kebahagiaan serta perasaan dan pengalaman yang…