Menata Ulang Ruangan Dengan Semangat Lebaran

Semarak Idul Fitri memang masih sangat terasa. Semangat ini memang sudah terlihat dari jauh-jauh hari sebelum Lebaran hingga setelah Lebaran seperti saat ini. Idul Fitri memang hari yang sangat ditunggu-tunggu umat muslim di seluruh bagian dunia ini.

NERACA

Bukan hanya karena pada saat itulah umat muslim di dunia merayakan kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh saja, namun pada saat inilah, umat muslim di seluruh belahan dunia biasa bersilahturahmi ke keluarga dan saudara-saudara juga teman-teman yang sudah lama tidak kita jumpai, Di saat inilah kita biasanya diharuskan memaafkan kesalahan-kesalahan dan meminta maaf atas kesalahan-kesalahan yang pernah kita perbuat agar kita bersih kembali dan kembali ke fitrah.

Namun tidak hanya itu saja, idul fitri atau lebaran memang memiliki keistimewaan dibandingkan hari-hari libur yang lainnya, masyarakat Indonesia khususnya biasa melakukan silatuhrahmi selama seminggu untuk mengunjungi saudara-saudara, teman-teman, juga kerabat-kerabat yang jauh yang sudah lama tidak kita jumpai atau jarang kita jumpai.

Pada hari inilah biasanya kita mendesain rumah sedemikian rupa, memberikan sentuhan yang berbeda dibandingkan biasa-biasanya, aksen-aksen memperlihatkan Lebaran harus kita perlihatkan agar tamu-tamu yang bersilahturahmi ke rumah kita merasa nyaman dan senang karena dekorasi Idul Fitri.

Mendesain ruang tamu memang cukup penting untuk menyambut Idul Fitri, bila terlambat, tidak ada salahnya kita mengubahnya dari sekarang. Walau hari Lebaran sudah lewat, tidak ada salahnya kita mendesain ruangan tamu kita untuk merayakan kemenangan kita saat Idul Fitri ini.

Karena pada umumnya, masyarakat Indonesia bersilahturahmi ke rumah-rumah itu setelah seminggu atau dua minggu setelah Lebaran, sebagian orang banyak yang mudik dan pulang ke kampung halaman, dan pada minggu kedualah biasanya mereka baru bersilahtuhrahmi dan membuka rumahnya untuk orang-orang yang ingin bersilahtuhrahmi.

Mendesain ala Lebaran memang cukup mudah, pada saat ini kebanyakan desain memang mengarah pada desain ruang tamu ala Timur Tengah, seperti menempatkan lukisan-lukisan kaligrafi atau mengubah sarung bantal dan taplak meja dengan model-model rajutan ala Timur Tengah.

Selain itu biasanya kita menempatkan kue-kue yang beraneka ragam didalam toples-toples yang lucu. Toples-toples ini juga harus kita padu padankan dengan konsep ruangan kita, pastikan model toples untuk kue-kue Lebaran ini selaras dengan konsep desain ruangan ini. Pada Lebaran biasanya dipilih warna-warna mengkilap seperti silver atau gold untuk taplak meja atau sarung-sarung bantal kursi. Memang tidak ada kata terlambat untuk mendesain rumah ala Lebaran ini.

Suguhan makanan dan minuman memang cukup penting, pengunjung terkadang pun lelah setelah seharian berputar-putar, dan berpindah-pindah rumah untuk bersilahturahmi. Nah pada saat itulah minuman dan makanan kita berguna dengan baik.

Dekorasi rumah memang tidak lengkap terkadang tanpa adanya parcel ataupun pajangan-pajangan berbentuk ketupat, namun disebagian rumah memang dengan sungguhan memajangkan ketupat asli yang memang untuk dimakan, jadi pengunjung rumah untuk bersilahrturahmi bisa mencicipi dan memilih ketupatnya langsung. Biasanya pajangan ketupat diletakkan didepan atau diatas pintu masuk rumah.

Setelah ruang tamu, ruang keluarga yang selanjutnya. Pada ruangan-ruangan inilah biasanya dibedakan, ruang keluarga tempat berkumpulnya kerabat-kerabat dan keluarga-keluarga yang lama tidak berjumpa dan bersilahturahmi.

Di ruangan keluarga buatlah senyaman mungkin, kita pun bisa mendekor ulang ruangannya, hal yang paling mudah adalah memperluas ruangan ini, artinya menyingkirkan barang-barang yang kurang penting, seperti meja kecil ataupun alat-alat lainnya, fungsinya adalah memperluas ruangan agar keluarga bisa berkumpul bersama-sama.

Terkadang keluarga yang datang tidak dapat diduga-duga, dan ruang keluarga yg biasanya cukup menampung sekarang menjadi sempit dan kecil. Nah dengan menyingkirkan barang yang kurang penting, semoga ruang keluarga menjadi lebih luas.

BERITA TERKAIT

OCBC NISP Syariah Jalin Kerjasama dengan UIN Sumut

      NERACA   Jakarta - Unit Usaha Syariah Bank OCBC NISP menjalin kerja sama dengan Universitas Islam Negeri…

Kementerian PUPR Segera Teken MoU dengan BTN terkait KPR FLPP

  NERACA Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan memastikan bahwa PT Bank…

Korem 061/SK Gelar Silaturahmi Dengan Insan Pers

Korem 061/SK Gelar Silaturahmi Dengan Insan Pers NERACA Sukabumi - Komando Resor Militer (Korem) 061/SK gelar silaturahmi dengan insan pers…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

Aplikasi PropertyPro Berikan Kemudahan Bagi Agen Properti

Aplikasi PropertyPro Berikan Kemudahan Bagi Agen Properti NERACA Jakarta - Bagi agen properti, baik yang berprofesi serius atau sambilan kini…

BUMN PP Operasikan Prime Park Hotel Pekanbaru

BUMN PP Operasikan Prime Park Hotel Pekanbaru NERACA Jakarta - BUMN perumahan PT PP Properti Tbk melalui unit bisnis PP…

Ajang IPEX Konsorsium Pengembang Tawarkan Cicilan Terjangkau

Ajang IPEX Konsorsium Pengembang Tawarkan Cicilan Terjangkau NERACA Jakarta - Ajang Indonesia Property Expo (IPEX) 2018, PT Primer Eka Properti…