Blue Bird Bantu PMI Penuhi Persedian Darah

NERACA

Untuk membantu PMI lantaran stok darah yang semakin menipis, Blue Bird Group mengadakan aksi donor darah di Museum Transportasi TMII.

Persediaan darah menipis selama bulan Ramadhan. Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla, mengatakan bahwa persediaan darah selama bulan Ramadhan setiap tahunnya cenderung mengalami penurunan dibanding bulan lainnya. Hal ini terjadi karena umumnya mereka yang berpuasa enggan mendonorkan darahnya di siang hari.

Masyarakat cendurung enggan mendonorkan darahnya selama bulan Ramadhan dengan alasan bahwa mereka sedang berpuasa dan dalam keadaan lemas, sehingga mereka tidak ingin memperburuk keadaan mereka dengan mendonorkan darahnya.Padahal mendonorkan darah saat puasa justru sebenarnya mendatangkan banyak manfaat bagi pendonor.

Anggapan dimanakondisi tubuh saat menjalani ibadah puasa seringkali dijadikan alasan orang menolak melakukan donor darah,terbantahkan dengan adanya pernyataan dari MUI yang mengatakan bahwa mendonorkan darah selama berpuasa sama sehatnya dengan mendonorkan darah saat tidak puasa.

Hal senadapun diungkapkan olehdokter spesialis penyakit dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH. Menurut dia, melakukan donor darah saat puasa justru justru mendatangkan banyak manfaat bagi pendonor.

Lantas kapan sebaiknya mendonorkan darah? Waktu donor yang paling tepat adalah saat menjelang dan buka puasa. Mendonor di bulan puasa juga perlu melakukan persiapan. Beberapa hari sebelum hari donor darah, pendonor telah mempersipkan diri dengan makan sayuran berserat tinggi, banyak minum air, serta tidur yang cukup.

Darah yang diambil berkisar antara 250-350 cc, tergsntung berat tubuh. Dalam jumlah tersebut hal ini tidak berpengaruh pada tubuh karena sumsum tulang akan terus berproduksi mengganti darah yang hilang.

Untuk membantu PMI lantaran stok darah yang semakin menipis, Blue Bird Group mengadakan aksi donor darah dengan tema“Night At Museum”pada hari Sabtu tanggal 11 Agustus 2012 lalu di Museum Transportasi TMII.

Vice President Business Development Blue Bird Group, Noni Purnomo mengatakan, selain untuk membantu masyarakat, kegiatan ini diadakan untuk mengkampanyekan kepada masyarakat luas bahwa melakukan donor daarah pada bulan Ramadhan tidak berbahaya dan tidak membatalkan puasa.

Para peserta donor darah adalah para pengemudi Blue Bird Group dan komunitas pecinta sepeda motor Mega Pro Lovers (Melovers).

Pada waktu yang sama, selain acara donor darah, program sosial Blu Bird peduli ini juga mengadakan acara buka bersama dengan anak yatim piatu dari yayasan Anni’mah Cakung dan kaum dhuafa.

BERITA TERKAIT

Blue Bird Menelan Pil Pahit Keluar Dari Indeks MSCI - Buntut Likuiditas Terus Melorot

NERACA Jakarta – Ketatnya persaingan bisnis transportasi umum berbasis online, memaksa kue transportasi yang selama ini dinikmati PT Blue Bird…

Penuhi Modal, SNP Finance Rencanakan IPO

Perusahaan pembiayaan PT Sunprima Nusantara Pembiayaan (SNP Finance) berencana mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI), melalui mekanisme Initial Public…

Yayasan Sompo Bantu Salurkan Dana Rp 100 Juta - Bangun Fasilitas Training Center

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) pada pengembangan sumber daya manusia, Sompo Japan Nipponkoa Welfare…

BERITA LAINNYA DI CSR

BNI Syariah Bahagiakan Anak-Anak Korban Banjir

Sebagai bentuk kepedulian kemanusiaan dan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan, BNI Syariah bersama Yayasan Hasanah Titik menyalurkan bantuan kepada…

Peduli Lingkungan Sejak Dini - Jaga Wiyata Gelar Aksi Edukasi Jaga Bhumi

Memperkenalkan kekayaan alam Indonesia dan juga menjaga kelestariannya kepada siswa sejak dini, dirasakan penting agar anak cucu yang akan datang…

Permudah Akses Masyarakat di Pelosok Garut - Karyawan Telkomsel Bangun Jembatan Berdaya

Sebagai wujud kepedulian bagi masyarakat sekitar tempat beroperasi, Telkomsel bersinergi bersamaan salah satu komunitas keagamaan karyawan, Majelis Taklim Telkomsel (MTT)…