Ciri Sekolah Berkualitas

NERACA

Animo yang berkembang di masyarakat mengindikasikan adanya kecenderungan orang tua untuk memasukkan anak-anaknya ke sekolah yang bermutu sebagai upaya untuk membangun masa depan anak yang prospektif. Berbagai upaya mereka lakukan agar harapan tersebut bisa terealisasi bahkan sejumlah biaya mereka siapkan manakala mereka harus memenuhi persyaratan finansial.

Profil sekolah yang bagaimanakah yang mendapat label sekolah bermutu? Merujuk pada pemikiran Edward Sallis, Prof. Dr. Sudarwan Danim mengidentifikasi ciri-ciri sekolah berkualitas sebagai berikut :

Sekolah berfokus pada pelanggan, baik pelanggan internal maupun eksternal.

Sekolah berfokus pada upaya untuk mencegah masalah yang muncul, dengan komitmen untuk bekerja secara benar dari awal.

Sekolah memiliki investasi pada sumber daya manusianya, sehingga terhindar dari berbagai “kerusakan psikologis” yang sangat sulit memperbaikinya.

Sekolah memiliki strategi untuk mencapai kualitas, baik di tingkat pimpinan, tenaga akademik, maupun tenaga administratif.

Sekolah mengelola atau memperlakukan keluhan sebagai umpan balik untuk mencapai kualitas dan memposisikan kesalahan sebagai instrumen untuk berbuat benar pada masa berikutnya.

Sekolah memiliki kebijakan dalam perencanaan untuk mencapai kualitas, baik untuk jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang.

Sekolah mengupayakan proses perbaikan dengan melibatkan semua orang sesuai dengan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawabnya.

Sekolah mendorong orang dipandang memiliki kreativitas, mampu menciptakan kualitas dan merangsang yang lainnya agar dapat bekerja secara berkualitas.

Sekolah memperjelas peran dan tanggung jawab setiap orang, termasuk kejelasan arah kerja secara vertikal dan horozontal.

Sekolah memiliki strategi dan kriteria evaluasi yang jelas.

Sekolah memnadang atau menempatkan kualitas yang telah dicapai sebagai jalan untuk untuk memperbaiki kualitas layanan lebih lanjut.

Sekolah memandang kualitas sebagai bagian integral dari budaya kerja.

Sekolah menempatkan peningkatan kualitas secara terus menerus sebagai suatu keharusan

BERITA TERKAIT

Inovasi C-BEST Next G - Komiten KSEI Bangun Pasar Modal Berkualitas

Pertumbuhan investor pasar modal lambat laun terus berkembang pesat seiring dengan meleknya literasi keuangan anak muda di industri pasar modal…

Komitmen Peduli Pendidikan - XL Targetkan Donasi Kuota Capai 2000 Sekolah

Sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan, PT XL Axiata Tbk (EXCL) terus berkomitmen membantu dunia pendidikan lewat donasi akses…

BI: Pertumbuhan Ekonomi Sumsel 2018 Berkualitas

BI: Pertumbuhan Ekonomi Sumsel 2018 Berkualitas NERACA Palembang - Pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan (Sumsel) pada 2018 sebesar 6,04 persen yang…

BERITA LAINNYA DI PENDIDIKAN

UN Dihapus, Berbahayakah?

    Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai upaya penghapusan ujian nasional dalam sistem pendidikan Indonesia akan menjadi berbahaya karena tidak…

Perpustakaan dengan Koleksi Katalog Terbanyak Di Dunia

      Perpustakaan adalah sumber berbagai macam informasi mulai dari ilmu pengetahuan, teknologi, sejarah dan masih banyak lagi. Perpustakaan…

Kapan Anak Perlu Ikut Bimbel?

  Menghadapi anak dengan banyak tugas sekolah, tak jarang membuat orangtua menjadi bingung. Bingung bagaimana menjelaskan pelajaran anak yang berbeda…