Ciri Sekolah Berkualitas

NERACA

Animo yang berkembang di masyarakat mengindikasikan adanya kecenderungan orang tua untuk memasukkan anak-anaknya ke sekolah yang bermutu sebagai upaya untuk membangun masa depan anak yang prospektif. Berbagai upaya mereka lakukan agar harapan tersebut bisa terealisasi bahkan sejumlah biaya mereka siapkan manakala mereka harus memenuhi persyaratan finansial.

Profil sekolah yang bagaimanakah yang mendapat label sekolah bermutu? Merujuk pada pemikiran Edward Sallis, Prof. Dr. Sudarwan Danim mengidentifikasi ciri-ciri sekolah berkualitas sebagai berikut :

Sekolah berfokus pada pelanggan, baik pelanggan internal maupun eksternal.

Sekolah berfokus pada upaya untuk mencegah masalah yang muncul, dengan komitmen untuk bekerja secara benar dari awal.

Sekolah memiliki investasi pada sumber daya manusianya, sehingga terhindar dari berbagai “kerusakan psikologis” yang sangat sulit memperbaikinya.

Sekolah memiliki strategi untuk mencapai kualitas, baik di tingkat pimpinan, tenaga akademik, maupun tenaga administratif.

Sekolah mengelola atau memperlakukan keluhan sebagai umpan balik untuk mencapai kualitas dan memposisikan kesalahan sebagai instrumen untuk berbuat benar pada masa berikutnya.

Sekolah memiliki kebijakan dalam perencanaan untuk mencapai kualitas, baik untuk jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang.

Sekolah mengupayakan proses perbaikan dengan melibatkan semua orang sesuai dengan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawabnya.

Sekolah mendorong orang dipandang memiliki kreativitas, mampu menciptakan kualitas dan merangsang yang lainnya agar dapat bekerja secara berkualitas.

Sekolah memperjelas peran dan tanggung jawab setiap orang, termasuk kejelasan arah kerja secara vertikal dan horozontal.

Sekolah memiliki strategi dan kriteria evaluasi yang jelas.

Sekolah memnadang atau menempatkan kualitas yang telah dicapai sebagai jalan untuk untuk memperbaiki kualitas layanan lebih lanjut.

Sekolah memandang kualitas sebagai bagian integral dari budaya kerja.

Sekolah menempatkan peningkatan kualitas secara terus menerus sebagai suatu keharusan

BERITA TERKAIT

Pemkot Palembang Siap Tambah Anggaran Cegah Pungli Sekolah

Pemkot Palembang Siap Tambah Anggaran Cegah Pungli Sekolah   NERACA Palembang - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang siap menambah anggaran pendidikan demi…

Perundungan di Sekolah Masih Tinggi

    Komisioner Bidang Pendidikan Komisi Perlindungan Anak Indonesia Retno Listyarti mengatakan Hari Anak Nasional (HAN) yang diperingati setiap 23…

Dukung Digitalisasi Sekolah - XL Bersama Kemenag Gelar Madrasah BootCamp

Menunjukkan komitmennya dalam dukungan pengembangan dunia pendidikan, PT XL Axiata Tbk tidak hanya menggelar donasi kuota dan bantuan infrastruktur belajar…

BERITA LAINNYA DI PENDIDIKAN

Industri Harus Aktif Kerjasama dengan Pendidikan Vokasi

      Pengembangan dan perbaikan sistem pendidikan vokasi menjadi bagian dari fokus kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya…

Menghidupkan “Surga Baru” Belanja Buku di Jakarta

    Ruang luas sejuk nan bersih akan menyambut setiap pengunjung saat menjejakkan kaki di lantai tiga Pasar Kenari, salah…

Tantangan Anak dan Keluarga dalam Peringatan Hari Anak Nasional

    Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (Kemen-PPA) akan memusatkan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2019…