Konsep Sekolah Berkualitas Perlu Dirumuskan

NERACA

Konsep sekolah berkualitas perlu dirumuskan secara lebih operasional, agar indikator-indikatornya bisa dilihat bahkan bisa diukur secara jelas.

Belakangan banyak bermunculan sekolah-sekolah yang berlabel unggulan, sebagai manifestasi dari harapan untuk mewujudkan UU sisdiknas tahun 2003. Baik sekolah negeri maupun sekolah swasta berlomba – lomba untuk mewujudkan sekolah yang dinyatakan berkualitas.

Menyelenggarakan Pendidikan berkualitas merupakan amanah Undang-undang yang tertuang dalam Undang-undang Sisdiknas tahun 2003. Pada pasal 3 disebutkan bahwa, Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri,dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Agar dinyatakan berkualitas, berbagai pencitraan pun dibentuk mulai dari Sekolah Internasional (Internasional School), Sekolah Bertaraf Internasional (SBI), Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), Sekolah Nasional Plus dan lain – lain.

Sehingga peluang persaingan antar instansi pendidikan punsemakin terbuka lebar. Tidak hanya terjadi di sekolah swasta, namun juga terjadi di sekolah negeri.

Dengan label tersebut banyak orang tua yang tertarik untuk menyekolahkan putra – putrinya di sekolah tersebut. Orang tua siswa juga kadang tidak peduli berapapun biayanya akan mereka usahakan yang penting anak mereka bisa bersekolah di sekolah tersebut.

Sebagai contoh, sekolah negeri A, mengklaim dirinya sebagai Sekolah Bertaraf Internasional (SBI). Sekolah tersebut menjanjikan bahwa kualitas pendidikannya akan setara dengan sekolah yang bertaraf internasional.Contoh lain adalah sekolah swasta B, yang dengan statusnya yang Nasional Plus, menjanjikan pendidikan berkualitas dengan didukung oleh fasilitas yang lengkap.

Dalam hal ini, pandangan masyarakat tentang sekolah berkualitas sangat bervariatif. Umumnya, masyarakat mengartikan sekolah berkualitas, dengan sekolah yang lulusannya pintar, nilai bagus, indikatornya banyak dari lulusan sekolah tersebut diterima di perguruan tinggi bergengsi di negeri ini.

Secara pasti, tidak ada batasan yang definitif tentang sekolah berkualitas, karena konsepnya yang bersifatkondisional, terikat oleh waktu dan tempat, sesuai kecenderungan apa yang tengah menjadi kebutuhan masyarakat, dan tergantung dengan kondisi sekolah bandingannya.

Oleh sebab itu, apa pun definisi yang beredar di kalangan masyarakat tentang sekolah berkualitas adalah sah-sah saja. Tetapi, bagi para pengelola pendidikan, konsep sekolah berkualitas ini perlu dirumuskan secara lebih operasional, agar indikator-indikatornya bisa dilihat bahkan bisa diukur secara jelas.

BERITA TERKAIT

Infrastruktur Berkualitas Rendah - Oleh ; EdyMulyadi, Program Centre for Economic and Democracy Studies (CEDeS)

Proyek infrastruktur di Indonesia ternyata berkualitas rendah dan tidak memiliki kesiapan. Bukan itu saja, proyek yang jadi kebanggaan Presiden JokoWidodo itu…

Atasi Defisit, Perjanjian Dagang Perlu Digalakkan

NERACA Jakarta – Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menyatakan pembahasan dan perundingan perjanjian perdagangan dengan berbagai negara lain untuk melesatkan…

Perlu Pendalaman Mendasar untuk RUU KSDAHE

Perlu Pendalaman Mendasar untuk RUU KSDAHE NERACA Jakarta - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan masih diperlukan…

BERITA LAINNYA DI PENDIDIKAN

Peran Ibu Tak Akan Tergantikan dengan Teknologi

    Peranan ibu dalam mendidik anak tidak dapat digantikan oleh kemajuan teknologi seperti pada era digital saat ini, kata…

Pendidikan untuk Si Kecil di Era Teknologi

      Pada era millenial seperti saat ini, teknologi digital menjadi realitas zaman yang tidak dapat dihindari. Seiring perkembangan…

Mengapa Anak Usia 7 Tahun Ideal Masuk SD

    Selain kemampuan intelektual, kesiapan mental anak juga harus dipertimbangkan dalam aktivitas kegiatan belajar di jenjang pendidikan Sekolah Dasar…