Menengok Tradisi Mudik Saat Berlebaran

NERACA

Indonesia memang negara yang memiliki beragam suku dan budaya, Indonesia adalah negri yang memiliki banyak warisan sejarah. Seiring perkembangannya, Indonesia pun memiliki bermacam-macam tradisi yang memang sudah turun-temurun hingga saat ini dan menjadi budaya yang mendarah daging di Indonesia. Lebaran memang hari yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh belahan dunia, nah pada saat itulah banyak tradisi yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia.

Tradisi Mudik adalah salah satu tradisi paling utama dalam Lebaran di Indonesia, mudik adalah suatu istilah dari pulang kampung atau pulang kekampung halaman, pada saat inilah biasanya masyarakat Indonesia pulang kekampung halaman untuk bertemu keluarga, saudara-saudara dan kerabat-kerabat yang sudah lama tidak dijumpai.

Tradisi Halal Bi Halal Tradisi saling maaf memaafkan antara satu orang dengan orang yang lain, biasanya di lakukan di bulan Syawal sesudah Bulan Romadhon atau bulan Puasa, pada kesempatan inilah biasanya masyarakat di Indonesia berkumpul dan sekaligus bersilaturahmi.

Takbir Keliling atau biasa disebut Takbiran, dengan berpawai atau mengadakan arak-arakan sambil bertakbir, biasanya di lakukan dengan mengelilingi kota, takbir keliling biasa dilakukan sebelum dan sesudah lebaran, namun biasanya malam stelah puasa terakhir.

Rampag Bedug atau menabuh bedug atau bunyi-bunyian yang berasal dari Bedug yang di lakukan berjamaah-bersama sama sehingga menghasilkan suara yang menghentak dan membangkitkan semangat dan biasanya di barengi dengan takbir di Masjid atau Mushola.

Memasak Ketupat Lebaran dan Opor Ayam, biasanya setelah Sholat Idul Fitri maka sepulang Sholat Idul Fitri kita akan banyak menemui di rumah-rumah hidangan ketupat lebaran, hidangan ini memang hidangan khas saat hari lebaran tiba, dan masyarakat Indonesia sudah menjadi kan ini sebagai tradisi dan kuliner khas lebaran yang biasa disajikan dengan sayur opor ayam, rendang/semur + kerupuk.

Tunjangan Hari Raya atau biasa disebut THR, biasanya di berikan kepada anak anak kecil, ketika bersilaturahmi atau halal bi halal dengan tetangga atau saudara-saudara. Namun perusahaan juga diwajibkan memberikan tunjangan tersebut kepada karyawannya yang merayakan Hari Raya Idul Fitri, pelaksanaannya dan tata caranya pun sudah di atur oleh pemerintah.

Membeli Pakaian Baru, membeli pakaian baru memang sudah menjadi tradisi di Indonesia, karena pada saat lebaran tiba, masyarakat di Indonesia biasanya bersalam-salaman dan bersilahturahmi dari rumah-kerumah, nah pada saat itulah biasanya masyarakat di Indonesia menggunakan pakaian barunya.

Ziarah Kubur, merupakan tradisi yang turun-temurun di masyarakat selepas Sholat Idul Fitri, biasanya mengunjungi makam-makan saudara-saudara sambil mendoakan para leluhur dan keluarga yang telah wafat.

Menyalakan Mercon atau Petasan dan Meriam Bambu, di Indonesia tradisi ini sering dilakukan bersamaan saatnya Takbiran tiba, orang-orang berlomba-lomba menyalakan suara-suara menyambut hari kemenangan Lebaran dan Idul Fitri.

BERITA TERKAIT

VUCA, Bekal Saat Lulus Nanti

    Semakin mudahnya akses pendidikan saat ini membuat banyak orang yang dengan mudahnya meraih pendidikan hingga ke Perguruan Tinggi.…

ICW: Saat Ini Pengadilan Darurat Korupsi

ICW: Saat Ini Pengadilan Darurat Korupsi NERACA Jakarta - Indonesia Corruption Watch (ICW) menyatakan dengan sudah ada 25 orang hakim…

Ketua Umum Partai Demokrat - Jangan Hanya Dukung KPK Saat Aman

Susilo Bambang Yudhoyono  Ketua Umum Partai Demokrat  Jangan Hanya Dukung KPK Saat Aman Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Galeri Nasional Pamerkan Karya Seni Rupa Pascareformasi

Galeri Nasional Indonesia bekerjasama dengan Japan Foundation Asia Center menyelenggarakan pameran "Resipro(vo)kasi: Praktik Seni Rupa Terlibat di Indonesia Pascareformasi" pada…

Prosesi Sedekah Laut di Cilacap dihadiri Ribuan Orang

Ribuan orang dari berbagai wilayah di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, menyaksikan prosesi sedekah laut yang merupakan tradisi budaya nelayan setempat…

Jogja Street SculptureProject 2017 Hadirkan 54 Karya Patung

Jogja Street Sculpture Project (JSSP) 2017 akan digelar di Kawasan Kotabaru, Yogyakarta, dengan menghadirkan sebanyak 54 karya patung dari 50…