IM2 Luncurkan Mall Belanja Online - Tren Belanja Lewat Internet Naik

NERACA

Jakarta - PT Indosat Mega Media (IM2) meluncurkan mall belanja online bernama Tokoon.com yang diklaim memberikan kemudahan, keamanan dan kenyamanan untuk berbelanja online dan bekerja sama Kementerian Koperasi dan UKM untuk memudahkan industri dari kalangan usaha kecil menengah untuk memasarkan produknya.

Direktur Utama IM2 Ridwan F. Karsa mengungkapkan,tren belanja melalui internet memperlihatkan peningkatan dari waktu ke waktu. Di sisi lain, online shopping membutuhkan tingkat kepercayaan yang tinggi mengingat transaksi terjadi tanpa bertemu. “Di Tokoon.com, IM2 menjamin keamanan dan kemudahan transaksi bagi penjual dan pembeli sehingga belanja online pun lebih nyaman,” ujarnya, kemarin.

Menurut dia, agak berbeda dengan penyedia e-commerce lainnya, tokoon.com menyediakan dan mengintegrasikan antara toko online dengan subdomain pilihan pemilik toko sendiri dengan aggregator toko yang akan dipromosikan melalui digital marketing dan social media. Siapa saja dapat melakukan transaksi di tokoon.com, namun calon pembeli diharuskan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi. Proses registrasinya mudah dan cepat dengan mengikuti petunjuk yang diberikan di Tokoon.com. Syarat lainnya, cukup memiliki rekening atau kartu kredit yang masih aktif.

Sementara itu, Assisten Deputi Produktivitas Mutu Kementrian Koperasi dan UKM Ir. Emilia Suhaemi memaparkan perbedaan lainnya dari kerjasama ini adalah adanya pendampingan terhadap para pelaku UKM yang dilakukan di 8 kota besar di Indonesia bekerjasama dengan Kementrian UKM dan Indosat.

Kerjasama ini menitikberatkan pada usaha pengembangan koperasi dan usaha kecil dan menengah melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. “Bagi pelaku industri dari kalangan Usaha Kecil Menengah, kehadiran tokoon.com akan menjadi angin segar bagi bisnis mereka karenamemberikan kesempatan untuk membuka toko online yang mudah dan aman,” ujarnya.

Anggapan bahwa berdagang via internet rumit dan mahal menjadi tidak berlaku lagi. Tidak ada biaya registrasi, administrasi dan juga bulanan bagi UKM pemilik toko. Bahkan pemilik toko mendapatkan kapasitas web hosting gratis sampai dengan 1 GB. Pengeluaran pemilik toko hanya ada jika terjadi transaksi pembayaran, untuk mengkompensasi biaya bank. Dengan fasilitas yang disediakan secara gratis, diharapkan sektor UKM akan semakin bergairah dan produk UKM lebih mudah diserap masyarakat.

Jadi, pemilik toko tidak perlu repot menyewa desainer untuk membangun dan membuat website toko online mereka. Selain itu, pemilik toko juga dapat memberikan nama toko online mereka sesuai yang mereka inginkan karena Freemium memberikan subdomain ataupun domain disesuaikan dengan nama toko. “Tokoon.com merupakan media yang tepat bagi pelaku UKM untuk memasarkan dan mempromosikan produk yang mereka jual. Tema Indonesian Heritage menjadi hal yang mendapat perhatian oleh Tokoon.com saat ini,” jelasnya.

BERITA TERKAIT

DIBERLAKUKAN MULAI 1 NOVEMBER 2017 - Kemenhub Rombak Aturan Taksi Online

Jakarta-Kementerian Perhubungan akhirnya merampungkan rancangan peraturan menteri (PM), yang merupakan revisi dari aturan lama Permenhub No 26/2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan…

Menyampaikan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika Lewat Kesenian

    NERACA   Jakarta – Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) Yudi Latief menyampaikan bahwa pendiri bangsa…

Strategi TRAM Merambah Bisnis Tambang - Lewat Serangkaian Akuisisi

NERACA Jakarta - Perusahaan jasa pelayaran dan penyelenggaraan angkutan laut PT Trada Maritime Tbk (TRAM) mengubah bisnis utamanya ke sektor…

BERITA LAINNYA DI BERITA KOMODITAS

Perdagangan Internasional - Kinerja Ekspor Non Migas Terkoreksi 6,09 Persen di September

NERACA Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat adanya penurunan kinerja ekspor Indonesia pada September 2017 sebesar 4,51 persen dari…

Kemudahan Impor Tujuan Ekspor - Kemenperin Beri Masukan Kebijakan KITE Bagi IKM

NERACA Jakarta – Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) mengusulkan beberapa langkah strategis untuk mendukung pelaksanaan…

Tingkatkan Daya Saing - Standar Keamanan Produk Perluas Ekspor Mamin

NERACA Jakarta – Pengembangan inovasi dan penerapan standar keamanan produk mampu memacu daya saing industri makanan dan minuman (mamin) nasional…