Produk Tablet Terbaru Segera Beredar - Pasar Tablet Menggeliat :

Pasar tablet terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini bisa dibuktikan banyaknya vendor yang telah menyiapkan beberapa produknya yang segera beredar.

NERACA

Salah satunya adalah Tablet Surface besutan Microsoft akan hadir bersamaan dengan peluncuran Windows 8 pada 26 Oktober mendatang. Kehadiran tablet Surface ini sempat menuai kontroversi dan kecaman dari partner-partner Microsoft.

“Sistem operasi versi terbaru dari kami, Windows 8 akan tersedia secara umum pada tanggal 26 Oktober 2012. Pada saat peluncuran Windows 8, kami juga akan mulai menjual tablet Surface, sebuah produk yang didesain oleh Microsoft dan diproduksi oleh peodusen hardware,” kata Microsoft.

Rilis tablet Surface yang bersamaan dengan peluncuran Windows 8 ini hanya berlaku pada tablet Windows RT yang menggunakan prosesor ARM, sedangkan Surface dengan Windows 8 Pro yang ditenagai oleh Intel Ivy Bridge akan hadir 90 hari kemudian.

Kehadiran tablet Surface besutan Microsoft ini sempat menuai kecaman dari partner-partner Microsoft seperti Acer dan HP, bahkan HP memutuskan untuk tidak meluncurkan tablet Windows RT. Acer sendiri mengecam Microsoft atas hadirnya tablet Surface ini dan menganggap Microsoft mulai mengadopsi gaya Apple, Acer juga menambahkan bahwa Microsoft akan gagal jika meniru gaya Apple.

Kemarahan partner Microsoft ini memang beralasan, karena hadirnya tablet Surface ini akan tidak akan berpengaruh terhadap iPad namun malah akan merugikan partner Microsoft. Tablet Surface berbasis Windows RT akan ditenagai oleh prosesor Nvidia Tegra 3 quad-core dengan grafis GeForce ULP sedangkan tablet Surface Windows 8 Pro akan menggunakan prosesor x86 dari Intel generasi Ivy Bridge.

“Harga eceran yang disarankan akan diumumkan dalam waktu dekat serta kehadirannya diharapkan dapat bersaing dengan tablet ARM lain yang setara atau Intel Ultrabook kelas PC,” kata Microsoft dalam sebuah pernyataan.

Seperti yang dilansir dari CNET (29/07/2012), tablet Surface Windows RT akan dibandrol dengan harga antara USD $500-$600 sedangkan Surface berbasis Windows 8 Pro mencapai USD $1000 atau lebih.

Casio Siapkan 2 Perangkat Tablet Tangguh

Casio yang dinelak sebagai salah satu produsen jam, dikabarkan juga akan ikut terjun di ranah pasar perangkat tablet, dengan mempersiapkan sepasang tablet Android yang dirancang untuk pengguna bisnis. Kedua perangkat tablet debutan Casio ini menawarkan desain tahan goncangan dan hadir dengan IP54 standart untuk melindungi tablet dari debu dan percikan.

Kedua tablet dengan seri V-T500-GE dan V-T500E ini telah didukung oleh OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich, 1.5GHz dual-core processor, layar ukuran 10.1 inci dengan LED backlight, NFC read/write, digital pen support (dijual terpisah). Dilapisi dengan bahan shell karet yang diklaim akan mampu melindungi tablet dari kejatuhan sampai 1 meter. Sejauh ini belum ada informasi mengenai harga dan ketersediaan kedua tablet Casio tersebut..

BlackBerry PlayBook 10

Rumor terkait tablet BlackBerry PlayBook generasi berikutnya bakal hadir dengan format layar 10 inchi, memang pernah mencuat beberapa waktu lalu. Hanya saja, seiring berkembangnya informasi mengenai rencana RIM yang akan membesut smartphone BlackBerry 10, rumor PlayBook 10 inchi pun tenggelam begitu saja.

Nah, ternyata rumor PlayBook 10 inchi saat ini kembali menyeruak, setelah sejumlah gambar yang diduga sebagai tablet tersebut diposting oleh sebuah situs berbasis di vietnam, Tinthe. Dalam foto tersebut diperlihatkan perbandingan ukuran antara tablet PlayBook 10 inchi dengan PlayBook 7 inchi. Gambar tersebut dikirim oleh seorang anggota forum dengan akun quang3g.

Sayang, untuk saat ini belum banyak informasi yang dibeberkan dari tablet yang diduga sebagai PlayBook 10 inchi itu. Namun, sedikit rincian yang terkuak pada satu gambar yang memperlihatkan baterai 7.250 mAh.

Selain itu, ada juga tulisan BlackBerry 4G Playbook di bagian bawah perangkat, yang bisa cukup aman untuk diasumsikan bahwa perangkat setidaknya bakal datang dengan jaringan HSPA+.

Acer Iconia A701

Tidak ingin tertinggal dalam persaingan di pasar tablet Indonesia, Acer meluncurkan Iconia A701, yang diklaim sebagai tablet pertama di Indonesia yang menggunakan prosesor QuadCore 1,3 Ghz, Nvidia Tegra 3, dan layar Full High Definition.

Dengan fitur-fitur mumpuni seperti itu Iconia A701 tidak disangkal sebagai tablet dengan fungsi multimedia serta hiburan terbaik di kelasnya. "Kehadiran Iconia A701 untuk menjawab kepercayaan konsumen yang telah menjadikan Acer brand terkemuka di Indonesia," kata Jason Lim, Presiden Direktur Acer Indonesia.

Dilengkapi dengan port USB, HDMI, dan diklaim mempunyai daya tahan lebih lama dengan kapaitas baterai 9.800 mAh, Iconia A701 dibanderol dengan harga Rp. 5.990.000. Acer berharap peluncuran Iconia A701 bisa terus merebut pasar tablet Indonesia. Acer mengaku hingga kuartal pertama menguasai 32 persen pangsa pasar tablet di Tanah Air. "Kita fokus pada penjualan tablet seperti Acer Iconia A701 dan Windows Tablet yang akan keluar pada bulan November mendatang," tutup Jason.

BERITA TERKAIT

Bukalapak Rilis Tujuh Produk Reksa Dana Baru

NERACA Jakarta - Melihat tingginya minat investor terhadap produk reksa dana yang tersedia di BukaReksa, kini Bukalapak kembali menghadirkan tujuh…

Perusahaan Bisa Manfaatkan Pasar Modal - Danai Ekspansi Bisnis

NERACA Jakarta - Besarnya likuiditas di pasar modal, tentunya bisa dimanfaatkan para pelaku bisnis untuk mendanai ekspansi bisnisnya jangka panjang…

Pasar Apartemen Tetap Tumbuh di Tahun Politik

NERACA Jakarta –Meskipun tahun depan dihantui sentimen politik, para pelaku properti menyakini industri properti masih tetap positif. Apalagi, properti masih…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

Serangan Ransomware Masih Jad Ancaman Terbesar Pada Dunia Digital

Serangan siber peranti lunak, Ransomware, masih menjadi ancaman terbesar dunia digital yang saat ini tengah diadopsi nyaris di seluruh sektor,…

Mencegah Penyalahgunaan NIK - Kemkominfo Perbaiki Fitur Cek Nomor Registrasi

Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika Ahmad M Ramli memastikan bahwa pihaknya akan memperbaiki fitur cek nomor registrasi sehingga nantinya…

Menghindari Virus Pada Smartphone

Selain bisa merusak komputer, virus, dan malicious software (malware) juga kerap menyerang smartphone. Berbagai risiko mungkin terjadi ketika smartphone terkena…