Penyebab Nyeri Otot di Punggung

NERACA

Anda pasti pernah mengalami nyeri punggung. Anehnya, rasa nyeri ini selalu datang tiba-tiba dan tidak jelas penyebabnya. jangan anggap sepele rasa nyeri di bagian tubuh, karena ini bisa menyebabkan kesehatan tubuh anda ada gangguan.

Kebanyakan orang menganggap rasa pegal-pegal di badan dengan santai. Padahal, jika dibiarkan akan sangat mengganggu kesehatan dan aktivitas kita. Namun, masyarakat belum banyak mengetahui penyebab nyeri ini, berikut ada beberapa penyebab timbulnya nyeri punggung.

Kelamaan duduk

Duduk memberikan tekanan sebanyak 40% pada tulang belakang. Selain itu, posisi duduk yang salah juga dapat mengubah karakteristik anatomi tulang belakang.

"Posisi badan saat duduk yang salah dapat menimbulkan ketegangan pada otot dan menempatkan tekanan pada tulang belakang," jelas Tae M. Shin, MD, ahli bedah tulang belakang di Pusat Medis St Vincent, Los Angeles.

Kurang berolahraga

Berolah raga sangat membantu meringankan rasa sakit dan nyeri serta memulihkannya lebih cepat. Penelitian baru menunjukkan bahwa 40% orang tidak aktif setelah mengalami nyeri punggung lebih mungkin untuk menunda penyembuhan atau malah membuat kondisi tersebut makin buruk.

Melakukan yoga

Hampir semua jenis olah raga mampu menurunkan stres dan meningkatkan sirkulasi tubuh kita. Tapi yoga mungkin yang terbaik. Peneliti dari Universitas Washington mengungkapkan kalau yoga menurunkan rasa sakit di punggung lebih cepat dibandingkan latihan konvensional.

Keseringan sit up

Latihan sit-up atau variasi lainnya, crunch, juga bisa menjadi pemicu sakit punggung. Hal ini karena sit-up tidak bekerja pada otot ab yang menstabilkan punggung.

Merokok

Nikotin membatasi aliran darah ke sendi yang melindungi tulang belakang Anda dan meningkatkan laju perubahan degeneratif. Merokok juga mengurangi penyerapan kalsium dan mencegah pertumbuhan tulang baru. Makanya, perokok juga berisiko dua kali lipat mengalami patah tulang saat osteoporosis dibandingkan dengan bukan perokok.

Kelebihan berat badan

Jaga berat badan Anda untuk mencegah sakit punggung. Kelebihan berat badan, terutama di daerah perut, dapat menggeser pusat seluruh gravitasi Anda dan menempatkan beban tambahan pada otot punggung Anda.

Menjaga kesehatan lebih baik daripada mengobati mungkin kata-kata ini yang tepat untuk menjaga kesehatan manusia, mulai dari pola makan yang teratur, olah raga, pola pergaulan bebas yang harus di hindari, merokok, ini yang harus diperhatikan oleh manusia, jika ini bisa dihindarkan kesehatan pun akan didapat.

BERITA TERKAIT

Saluran Air Kotor Penyebab Banjir

Keadaan saluran air kotor yang berada di lokasi Jalan Madya Kebantenan Semper Cakung Cilincing Jakarta Utara (arah TPU Semper Budi…

Pakar: Perubahan Tren Bisnis Penyebab Matahari Merugi

Pakar: Perubahan Tren Bisnis Penyebab Matahari Merugi NERACA Jakarta - Pakar Bisnis Ritel yang merupakan staf ahli di Asosiasi Pengusaha…

Latihan Sederhana Ini Bikin Otot Lengan Kuat

Mendapatkan lengan yang kuat ternyata tak perlu dengan latihan yang rumit. Olahraga sederhana tapi rutin justru bisa membuat otot-otot lengan…

BERITA LAINNYA DI KESEHATAN

Penyakit yang Sering di Alami Wartawan

Di Hari Pers Nasional yang dirayakan setiap tanggal 9 Februari, Menteri Kesehatan Nila Moeloek menekankan pentingnya para wartawan menjaga kesehatannya. …

Pemerintah Perbaiki Infrastruktur Sanitasi - Cegah Stunting

Guna menangani masalah stunting atau kurang gizi kronis nasional Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menyiapkan infrastruktur air…

Mengenal Lebih Dekat Penyakit Parkinson

Drummer sekaligus pendiri band Mr. Big, Pat Torpey meninggal dunia, Rabu (7/2). Torpey meninggal dalam usia 64 tahun karena komplikasi…