Penyebab Nyeri Otot di Punggung

NERACA

Anda pasti pernah mengalami nyeri punggung. Anehnya, rasa nyeri ini selalu datang tiba-tiba dan tidak jelas penyebabnya. jangan anggap sepele rasa nyeri di bagian tubuh, karena ini bisa menyebabkan kesehatan tubuh anda ada gangguan.

Kebanyakan orang menganggap rasa pegal-pegal di badan dengan santai. Padahal, jika dibiarkan akan sangat mengganggu kesehatan dan aktivitas kita. Namun, masyarakat belum banyak mengetahui penyebab nyeri ini, berikut ada beberapa penyebab timbulnya nyeri punggung.

Kelamaan duduk

Duduk memberikan tekanan sebanyak 40% pada tulang belakang. Selain itu, posisi duduk yang salah juga dapat mengubah karakteristik anatomi tulang belakang.

"Posisi badan saat duduk yang salah dapat menimbulkan ketegangan pada otot dan menempatkan tekanan pada tulang belakang," jelas Tae M. Shin, MD, ahli bedah tulang belakang di Pusat Medis St Vincent, Los Angeles.

Kurang berolahraga

Berolah raga sangat membantu meringankan rasa sakit dan nyeri serta memulihkannya lebih cepat. Penelitian baru menunjukkan bahwa 40% orang tidak aktif setelah mengalami nyeri punggung lebih mungkin untuk menunda penyembuhan atau malah membuat kondisi tersebut makin buruk.

Melakukan yoga

Hampir semua jenis olah raga mampu menurunkan stres dan meningkatkan sirkulasi tubuh kita. Tapi yoga mungkin yang terbaik. Peneliti dari Universitas Washington mengungkapkan kalau yoga menurunkan rasa sakit di punggung lebih cepat dibandingkan latihan konvensional.

Keseringan sit up

Latihan sit-up atau variasi lainnya, crunch, juga bisa menjadi pemicu sakit punggung. Hal ini karena sit-up tidak bekerja pada otot ab yang menstabilkan punggung.

Merokok

Nikotin membatasi aliran darah ke sendi yang melindungi tulang belakang Anda dan meningkatkan laju perubahan degeneratif. Merokok juga mengurangi penyerapan kalsium dan mencegah pertumbuhan tulang baru. Makanya, perokok juga berisiko dua kali lipat mengalami patah tulang saat osteoporosis dibandingkan dengan bukan perokok.

Kelebihan berat badan

Jaga berat badan Anda untuk mencegah sakit punggung. Kelebihan berat badan, terutama di daerah perut, dapat menggeser pusat seluruh gravitasi Anda dan menempatkan beban tambahan pada otot punggung Anda.

Menjaga kesehatan lebih baik daripada mengobati mungkin kata-kata ini yang tepat untuk menjaga kesehatan manusia, mulai dari pola makan yang teratur, olah raga, pola pergaulan bebas yang harus di hindari, merokok, ini yang harus diperhatikan oleh manusia, jika ini bisa dihindarkan kesehatan pun akan didapat.

BERITA TERKAIT

Inpres Peregangan Otot untuk Kesehatan

Inpres Peregangan Otot untuk Kesehatan NERACA Jakarta - Hal yang menonjol pada masyarakat Indonesia adalah gaya hidupnya yang tidak sehat.…

PKL Penuhi Jalan dan Penyebab Kemacetan

Kondisi Pasar Nangka, Jakarta Pusat, sekarang lebih semrawut, pedagang kaki lima (PKL) makin bertambah, meja-meja dagangan ada di badan jalan…

Pelanggaran Lalu Lintas Penyebab Jalan Ditutup

  Saat ini jl. Tanah Tinggi I, arah ke jl. Kembang Pacar sedang masa percobaan penutupan jalan akibat kecelakaan kereta…

BERITA LAINNYA DI KESEHATAN

Menkes Ingatkan Apotek dan Apoteker Hanya Jual Obat dengan Resep Dokter

Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengingatkan apoteker hanya menjual obat dengan resep dokter guna mencegah penyebaran obat ilegal dan penyalahgunaan obat.…

Anak Sekolah Paling Rentan Terkena DBD

Anak-anak sekolah menjadi kelompok yang paling rentan terkena penyakit demam berdarah dengue."Anak-anak dari pagi dan siang duduk dalam ruang kelas…

Kemenkes Jadikan Kulon Progo Lokasi Demonstrasi Vaksinasi HPV

Kementerian Kesehatan menjadikan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), melaksanakan program demonstrasi vaksinasi Human Papilloma Virus (HPV), pemicu kanker…