Tingkatkan Kualitas Peran Wanita Indonesia

NERACA

Dengan Citi Indonesia Women Council, Citibank mendukung keseimbangan peran dan prestasi perempuan dalam pekerjaan serta keluarga

Citibank Indonesia telah mengukuhkanCiti IndonesiaWomen Council (IWC).CitiIWCmerupakanwadah bagi perempuanIndonesia yang aktif dan profesional untuk mampu menjagaserta meningkatkankualitas peran mereka, baikdalamkeluarga maupun di lingkungan kerja.

Ketua Citi IWC, Novita Djani menuturkan, peran wanita Indonesia terus berkembang dan sejak lama telah menjadi bagian penting dari pertumbuhan negeri.

“Perempuansaat initidak hanya mendukung suami danmembesarkan buah hatinamunwanitajuga menjadi tonggak penting dalam keberhasilan suatu usaha, organisasi, masyarakat dan negara,” katanya.

Walaupun,lanjutnya, saat ini kesempatan perempuan sangat besar dalam beraktualisasi diri, kenyataanyamasih terdapat banyak tantangan bagiperempuandalam menjalankan peran-peran penting, baik didalam keluargamaupundunia kerja.

Salah satu tantangan besar yang dihadapi wanita bekerja adalah membagi waktu dan perhatian antara pekerjaan dengan kehidupan keluarga. Ketika ini terjadi, maka wanita dihadapkan ke persoalan baru yaitu untuk memilih.

Selain itu, kesetaraan gender baik dalam peran kemasyarakatan dan dunia kerja juga masih ada kendala. Walaupun pemerintah Indonesia saat ini telah cukup aktif dalam membuka kesempatan tersebut baik melalui pembinaan, pemberdayaan, kesetaraan kesempatan dan lainnya, namun peran serta aktif masyarakat untuk mendorong teraplikasinya kesetaraan ini masih dirasakan perlu.

Oleh karena itu Citi Indonesia mengukuhkan dan meluncurkan organisasi perempuan dalam badan Citi sebagai bentuk realisasi komitmen dalam menciptakan suasana kerja dinamis dan kompetitif namun tetap menawarkan kenyamanan bekerja agar para karyawan perempuan mampu mengaktualisasikan diri dan mencapai tujuan profesionalnya.

“Kami memiliki komitmen tinggi dalam pemberdayaan sumber daya manusia. Namun pemberdayaan perempuan dan kesetaraan kesempatan di dunia kerja merupakan prioritas bagi Citi Indonesia,”kata Chief Country Officer CitibankTigor M. Siahaan.

Tigor menjelaskan,IWC mengusung visi sebagai wadah perempuan Citi Indonesia untuk memacu potensi diri, mengembangkan kemampuan, minat dan tujuan profesional guna memberikan pencapaian penting dalam aktualisasi positif di dunia kerja.”

Pengukuhan Citi IWC adalah sesuai dengan tujuan pembangunan pemberdayaan perempuan Indonesia. Dalam hal ini, Citi IWC diharapkan dapat meningkatkan kapasitas kelembagaan dan jejaring serta peran serta masyarakat dalam mendukung terus terlaksananya kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

Deputi Pengurus Utamaan Gender Bidang Ekonomi Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Republik IndonesiaNiken Kiswandari, MSi.mengungkapkan bahwa peran perempuan dalam memajukan generasi bangsa sangatlah strategis.

“Perempuan merupakan pendidik pertama bagi generasi masa depan Indonesia. Upaya untuk mengadvokasi dan memfasilitasi perempuan sebagaimana yang dilakukan oleh Citi IWC perlu digalakkan,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan olehIbuLilyKasoem, pendiri LilyKasoem Optical dan Pendiri Yayasan Titian Masa Depan. Menurut dia, dulu wanita Indonesia memiliki banyak keterbatasan, baik sebagai pekerja maupun di dalam dunia usaha. Tapi kini tidak lagi. Banyak wanita Indonesia yang bangga akan diri mereka dan berupaya agar semakin banyak wanita Indonesia dapat terus berprestasi.

Sebagai sebuah bagian organisasi independen, IWC memiliki tiga misi utama. Pertama, menciptakan pengalaman kerja dengan kompetisi positif sehingga memacu daya kreativitas, inovatif dan kerja tim yang solid. Kedua, memberikan sarana pengembangan kemampuan profesionalitas yang dapat meingkatkan kinerja dan menambah ilmu pengetahuan, dan yang ketiga, menciptakan suasana kerja yang dinamis dan kondusif bagi seluruh karyawan perempuan Citi Indonesia.

BERITA TERKAIT

Peran Aktif Mahasiswa Dalam Pembangunan

  Oleh : Bambang Lintang Susatyo, Peneliti Lembaga Studi Informasi Strategis Indonesia (LSISI) Beberapa hari ke depan, tepatnya tanggal 20…

KPEI Sosialisasikan Kualitas Agunan

Demi meningkatkan kehatian-hatian transaksi, PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) menyelenggarakan sosialisasi kepada para anggota kliring mengenai peningkatan kualitas agunan.…

Presiden Inginkan Kualitasnya Setara Jepang dan Jerman - Kualitas Pekerja Konstruksi

    NERACA   Jakarta - Presiden Joko Widodo menyatakan keyakinannya bahwa kualitas konstruksi karya tenaga kerja Indonesia bisa setara…

BERITA LAINNYA DI CSR

Jangkau Luas Rumah Layak Huni - Lagi, Yayasan Intiland Gandeng Habitat

Melanjutkan kesuksesan dalam menyediakan rumah layak huni kepada masyarakat yang tidak mampu, perusahaan properti PT Intiland Development Tbk, melalui Yayasan…

Ringkan Beban Disabilitas Tuna Rungu - Mensos Serahkan 424 Alat Bantu Dengar di Sulsel

Dalam rangka memudahkan komunikasi bagi penyadang disabilitas yang kurang mampu, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyerahkan 425 alat bantu dengar…

Menaklukan Soal Matematika - Siswa di Daerah Pun Kini Lebih Percaya Diri

Percaya atau tidak, terkadang sumpah serapah ada kalanya bisa menjadi kenyataan. Hal inilah yang menggambarkan pengalaman Adit, guru privat di…