Menabung dan Berbagi - Melatih Anak Sejak Dini

NERACA

Melalui program Ayo Menabung & Berbagi, CIMB Niaga mengajak nasabah dan masyarakat untuk menyisihkan sebagian dari pendapatannya, guna membantu anak-anak yang kurang beruntung untuk bisa menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi

Mengajarkan anak menabung sejak diri adalah satu cara yang efektif untuk membuat anak tumbuh sebagai sosok yang penuh perencanaan. Selain itu, mempunyai tabungan sejak dini merupakan salah satu cara untuk merancang masa depan anak. Hal tersebut menjadi penting di tengah semakin mahalnya biaya hidup saat ini.

Tabungan anak bisa juga sebagai asuransi bagi sang buah hati. Alasan lain, mengenalkan anak menabung di bank merupakan salah satu bentuk upaya orangtua dalam mengenalkan anak-anak terhadap teknologi, khususnya di era globalisasi saat ini.

Psikolog anak dan pendidikan, Dra. Ratih Ibrahim, MM., Psi., mengatakan bahwa para orang tua harus bisa mendidik anaknya untuk hidup hemat, karena ini akan berpengaruh pada masa depan anak. Bila anak dapat belajar hidup dengan cukup hemat, lanjut dia, mereka akan bisa belajar untuk mengelola uangnya.

Selain itu, Ratih menuturkan bahwa menanamkan sifat menabung, khususnya pada anak memang sangat sulit. Untuk itu peran aktif orangtua sangat penting. Jika orangtua tidak aktif mendorong anaknya menabung, sifat itu tidak akan tumbuh dengan sendirinya.

“Hal ini tentu harus mendapat dukungan dari orang tua dengan memberikan arahan serta contoh pada anak untuk dapat hidup hemat dan menabung,” tuturnya.

Selain menabung, mengajarkan anak untuk berbagi sejak kecil pun tak kalah pentingnya. Belajar berbagi memang menjadi sebuah hal yang sangat baik untuk ditanamkan sejak usia dini. Perkembangan untuk saling berbagi akan menjadikan rasa syukur pada kehidupan ini akan semakin terasa.

Menurut Ratih, pendidikan adalah kunci untuk mencetak pemimpin unggul pada masa depan. Pada seminar bertajuk Ayo Menabung dan Berbagi di Jakarta, dia mengatakan, pola pendidikan dari keluarga juga penting sebagai modal membentuk karakter pemimpin yang mumpuni.

“Pemimpin yang baik harus memiliki kemampuan, cerdas, tangguh, berkarakter kuat, serta memiliki hati bagi sesama dalam bentuk kepekaan dan kepedulian kepada lingkungan serta bangsanya,” ungkapnya.

Melihat pentingnya pendidikan menabung untuk anak, PT Bank CIMB Niaga Tbk kembali mengadakan rangkaian kegiatan program “Ayo Menabung & Berbagi” untuk tahun 2012.

Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga, L. Wulan Tumbelaka mengungkapkan, program “Ayo Menabung & Berbagi” menjadi wujud konsistensi komitmen CIMB Niaga dalam tanggung jawab sosial korporat khususnya bidang pendidikan. Tahun ini menjadi kali kedua penyelenggaraan setelah program serupa yang berakhir Desember 2011.

“Melalui program ini kami mengajak nasabah dan masyarakat untuk menyisihkan sebagian dari pendapatannya, guna membantu anak-anak yang kurang beruntung dan kurang mampu secara ekonomi, untuk bisa menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” kata Wulan.

Program “Ayo Menabung & Berbagi” ini, lanjut Wulan, juga selaras dengan program Bank Indonesia (BI) yaitu Hari RaBu (Hari Rajin Menabung) yang gencar menggiatkan gerakan menabung ke masyarakat. Dengan partisipasi aktif perbankan, diharapkan masyarakat lebih dekat dengan bank dan budaya menabung dapat semakin meningkat.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, untuk tahun ini, CIMB Niaga melibatkan serta mengajak komunitas dan para blogger untuk berpartisipasi dan membantu mensosialisasikan program “Ayo Menabung & Berbagi”.

Menurut Wulan, pertimbangannya sederhana saja, karena makin meningkatnya tren sosial media di masyarakat. Hampir semua lapisan masyarakat kini aktif menggunakan jaringan sosial untuk berkomunikasi satu sama lain.

“Atas dasar itulah, mengawali program tahun 2012 ini, kami mengadakan talkshow dengan mengundang blogger-blogger ternama, social community, pemerhati pendidikan dan psikolog dengan tema pembahasan manfaat mengajarkan menabung dan berbagi sejak dini sebagai salah satu cara dalam pembentukan karakter mulia generasi bangsa Indonesia. Kami berharap, melalui media blog, pesan maupun makna dari program ini bisa sampai ke masyarakat dengan lebih efektif,” kata Wulan.

Selain talkshow bersama blogger, kegiatan Kit for Kids diisi dengan kegiatan menanam dengan tujuan agar anak-anak lebih mencintai lingkungannya. Di sisi lain, secara filosofis, mereka juga diberikan pemahaman bahwa kegiatan menanam itu sama artinya dengan menabung.

“Bagaimana anak-anak diberi pengertian, bahwa sesuatu yang kecil jika dipelihara secara rutin akan menghasilkan sesuatu yang besar. Hasilnya sendiri selain dapat dinikmati sendiri juga dapat dibagikan kepada mereka yang membutuhkan,” jelas Wulan.

Senada dengan Wulan, Dik Doank selaku Pendiri Komunitas Kandang Jurank Doank mengatakan bahwa pendidikan dini adalah penting. Sebagaimana menanam pohon, maka semua kegiatan tersebut haruslah dilandasi dengan cinta. Dengan cinta, maka akan membuat semua terasa indah.

Menyusul Jakarta, program “Ayo Menabung & Berbagi” juga akan menyambangi Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, dan Medan, ke sekitar 20 Sekolah Dasar. Keseluruhan program ini akan berjalan hingga Desember 2012.

Bagi masyarakat yang tertarik untuk berpartisipasi, CIMB Niaga menyediakan rekening khusus untuk program “Ayo Menabung dan Berbagi” ini dengan nomor 064-01-06000-00-9.

BERITA TERKAIT

Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu

  Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu NERACA Jakarta - Di bulan suci Ramadhan PT Waskita…

50 Tahun Nestle MILO - Donasikan 500 Ribu Gelas MILO Bagi Anak Indonesia

Rayakan hari jadi ke-50 dan juga juga memperingati bulan Ramadan, Nestlé MILO bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) mengadakan…

Boikot Produk Terafiliasi Israel - Pendapatan Merek Global Makin Tergerus

Gerakan boikot konsumen muslim sebagai protes atas pembersihan etnis yang dilakukan militer Israel di Gaza, Palestina, bukannya surut malah makin…

BERITA LAINNYA DI CSR

Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu

  Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu NERACA Jakarta - Di bulan suci Ramadhan PT Waskita…

50 Tahun Nestle MILO - Donasikan 500 Ribu Gelas MILO Bagi Anak Indonesia

Rayakan hari jadi ke-50 dan juga juga memperingati bulan Ramadan, Nestlé MILO bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) mengadakan…

Boikot Produk Terafiliasi Israel - Pendapatan Merek Global Makin Tergerus

Gerakan boikot konsumen muslim sebagai protes atas pembersihan etnis yang dilakukan militer Israel di Gaza, Palestina, bukannya surut malah makin…