Operator Tingkatkan Kapasitas Trafik Data - Untuk Manjakan Pelanggan

Menjelang puasa dan Lebaran kebutuhan pelanggan terhadap akses komunikasi, melonjak tinggi. Seluruh operatorpun berupaya semaksimal mungkin untuk memanjakan para pelanggannya dengan meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan dan sebagainya.

NERACA

` Operator terbesar di Indonesia yaitu Telkomsel kini tengah fokus untuk melayani kebutuhan pelanggan terhadap akses komunikasi terbaik melalui persiapan, penambahan kapasitas dan monitoring kualitas jaringan.

Telkomsel menambahkan BTS 3G dengan total lebih dari 3500 di seluruh Indonesia. Telkomsel memberikan jaminan dalam kualitas terhandal, tak hanya itu Telkomsel juga menghadirkan produk khusus Ramadhan Kartu AS dan simPATI dengan fitur dan layanan yang unik.

Head of Network Service and Quality Group Telkomsel Operation Commander Telkomsel Siaga 2012 Hendry Mulya Syam mengatakan ini merupakan komitmen Telkomsel untuk memberikan layanan yang terbaik, khususnya dalam mengantisipasi lonjakan trafik lebaran.

"Kami melakukan penambahan kapasitas jaringan, pada HLR, VLR, IN, SMS Center, jumlah MSC dan lain sebagainya. Upaya tersebut merupakan komitmen Telkomsel untuk melayani kebutuhan Indonesia agar tetap nyaman selama bulan Ramadan dan Lebaran," katanya.

Tak hanya itu, dalam rangka memenuhi kebutuhan pelanggannya, Telkomsel menambah BTS hingga saat ini berjumlah lebih dari 49.000, termasuk penambahan lebih dari 3.500 BTS 3G (BTS node Β) yang tersebar dari Sumatera hingga wilayah Timur Indonesia dengan bandwith 23 Gbps untuk kenyamanan mobile Broadband communication.

Pihak Telkomsel memperkirakan pada lebaran tahun ini trafik akses data menjadi 160 terabyte. Total BTS 3G Telkomsel di seluruh Indonesia adalah lebih dari 12.700 unit.

PT XL Axiata Tbk (XL)

Sedangkan PT XL Axiata Tbk (XL) etelah melakukan uji jaringan jelang Ramadhan dan Idul Fitri di sepanjang jalur mudik mulai 6 Juli 2012 hingga 7 Juli 2012 dan hasilnya pun telah diketahui. Wira Wiguna, GM Performance Management, PT XL Axiata Tbk (XL) mengatakan secara umum jaringan XL siap menghadapi lonjakan trafik Lebaran.

“Secara umum, jaringan XL siap menghadapi lonjakan traffic Ramadhan serta Lebaran,” kata Wira.

Jalur yang diujikan dalam uji jaringan XL adalah di sepanjang jalur mudik pelanggan di berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Lampung, Medan, Palembang, Pekanbaru, Padang, Banjarmasin, Bali, Lombok dan Makassar.

Uji kesiapan jaringan ini dilakukan menggunakan moda transportasi melalui jalur darat, dengan kendaraan bermotor (Lampung-Jakarta, Bandung-Jakarta, Semarang-Yogya-Solo dan Surabaya-Yogya) dan kereta api (Jakarta-Semarang), serta jalur penyeberangan laut menggunakan Ferry (Bakauheni-Merak dan Ketapang-Gilimanuk).

Kesiapan uji jaringan ini akan menguji tiga bagian. Yaitu percakapan, SMS dan data. Saat ini XL melayani trafik percakapan hingga 600 juta menit per hari. Sementara untuk trafik SMS adalah 660 juta SMS per hari. Dan trafik data 52 Terabytes per hari.

Diperkirakan trafik tersebut akan naik hingga 30% saat Ramadan dan Lebaran. XL pun telah siap untuk menghadapi lonjakan trafik tersebut.

“Kesiapan network kita yang telah kita uji di sepanjang jalur mudik jauh lebih baik dari tahun lalu. Tahun ini kita sudah memasang 6.000 BTS,” kata Wira.

Indosat

Memberikan manfaat kepada pelanggan dalam setiap aktifitas apapun, Indosat siap mendukung aktifitas komunikasi pelanggan selama bulan Ramadhan melalui berbagai layanan termasuk kesiapan jaringannya. Indosat adalah operator terintegrasi, yang melayani pelanggan untuk berbagai layanan yaitu seluler, data tetap, SLI, satelit dan internet.

“Menyambut Ramadan serta Idul Fitri tahun ini, Indosat meluncurkan berbagai program yang diharapkan dapat mendukung aktifitas selama masa tersebut. Selain meluncurkan berbagai program yang inovatif, Indosat juga mempersiapkan kualitas jaringannya agar dapat memberikan layanan terbaik bagi pelanggan selama bulan Ramadhan serta masa mudik Lebaran”, demikian disampaikan Adrian Prasanto, Division Head Public Relations Indosat.

Beberapa program yang dilakukan Indosat untuk memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggannya antara lain Program Ramadhan Indosat Mengusung tema “Ramadhan Makin Penuh Berkah” Indosat telah menghadirkan program Gratis 3 Hari 3 Malam ++, program VAS Berkah Ramadhan, program Berkah I-Ring Religi serta program Berkah Info Senyum bagi pelanggan selulernya setianya.

Peningkatan Kapasitas jaringan, Memasuki bulan Ramadhan dan Lebaran, agar pelanggan selulernya dapat menikmati semua program tersebut dengan nyaman, Indosat telah meningkatkan kapasitas jaringan telekomunikasinya.

Secara nasional, Indosat telah meningkatkan kapasitas trafik suara menjadi 924 juta menit/hari, peningkatan sebesar 140,6% dibandingkan dengan trafik regular hari biasa.

Untuk SMS, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 1,4 Milyar SMS/hari, yakni peningkatan sebesar 62,41% dibanding trafik regular hari biasa, sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 120 Terabyte/hari, yakni peningkatan sebesar 197,5% dibanding trafik regular hari biasa.

Secara nasional, hingga kwartal pertama 2012, Indosat melayani lebih dari 50 juta pelanggan, dengan didukung total BTS yaitu 18.408.

“Melihat performansi yang baik dari beberapa indikator pengukuran selama uji jaringan tersebut, kami yakin dapat memberikan layanan terbaik bagi pelanggan kami selama masa mudik Lebaran”, tambah Adrian Prasanto.

BERITA TERKAIT

Link Net Targetkan 150 Ribu Pelanggan

Kebutuhan jaringan internet di Indonesia memacu PT Link Net Tbk (LINK) gencar ekspansi jaringan. LINK optimistis bisa memenuhi target 2,8…

Sinergi Indonesia-Korea Tingkatkan Inovasi UKM

Sinergi Indonesia-Korea Tingkatkan Inovasi UKM NERACA Jakarta - Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM Bidang Ekonomi Makro Hasan Jauhari mengungkapkan…

150 Petani Kangkung Bogor Dimotivasi Tingkatkan Kapasitas

150 Petani Kangkung Bogor Dimotivasi Tingkatkan Kapasitas NERACA Bogor - Sebanyak 150 petani kangkung dari tiga kecamatan di wilayah Kabupaten…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

Serangan Ransomware Masih Jad Ancaman Terbesar Pada Dunia Digital

Serangan siber peranti lunak, Ransomware, masih menjadi ancaman terbesar dunia digital yang saat ini tengah diadopsi nyaris di seluruh sektor,…

Mencegah Penyalahgunaan NIK - Kemkominfo Perbaiki Fitur Cek Nomor Registrasi

Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika Ahmad M Ramli memastikan bahwa pihaknya akan memperbaiki fitur cek nomor registrasi sehingga nantinya…

Menghindari Virus Pada Smartphone

Selain bisa merusak komputer, virus, dan malicious software (malware) juga kerap menyerang smartphone. Berbagai risiko mungkin terjadi ketika smartphone terkena…