Akuisisi Tambang, UNTR Anggarkan Rp 300 Miliar

Senin, 30/07/2012

Emiten alat berat PT United Tractors Tbk (UNTR) sedang mengkaji untuk mengakuisisi lahan tambang. Lokasi lahan tambang itu berada di wilayah Kalimantan Tengah,”Rencananya dana yang akan digunakan untuk akuisisi berasal dari sisa dana rights issue sebesar Rp 300 miliar," kata Sekretaris Perusahaan United Tractors, Sara K Lubis di Jakarta akhir pekan kemarin.

Kendati demikian, Sara enggan menjelaskan lebih rinci besarnya dana untuk akuisisi yang akan dilakukan anak usaha PT Astra International Tbk tersebut. Namun, dia menegaskan, sisa dana rights issue itu, selain digunakan untuk akuisisi tambang juga diperuntukkan guna ekspansi anak usahanya. "Berapa porsinya saya belum bisa sebut," ujar Sara.

Saat ini, Sara melanjutkan, perseroan masih dalam tahap finalisasi. Diperkirakan, proses akuisisi akan selesai pada Agustus 2012. Jika proses akuisisi sudah selesai, dia melanjutkan, lahan pertambangan itu belum dapat memberikan kontribusi secara langsung terhadap pendapatan perseroan.

Sebab, lahan yang akan diakuisisi itu masih berupa greenfield. Lahan itu masih membutuhkan waktu lama untuk dapat menghasilkan secara penuh. "Karena greenfield, baru bisa operasi 10 bulan setelah dibuka. Dua tahun kemudian baru bisa full capacity," pungkasnya. (didi)