Menyiasati Dapur yang Mungil

NERACA

Dapur memang terkadang menjadi tempat yang sangat nyaman untuk berbincang-bincang santai bahkan sampai berbincang-bincang yang sangat serius. Sebagian orang menganggap bahwa dapur adalah tempat yang sangat nyaman, karena pada umumnya ruangan dapur memiliki meja makan ataupun mini bar.

Dapur yang kotor dan sempit mungkin saja bisa membuat siapapun orang yang datang kesana tidak akan nyaman, selain sebagai sumber penyakit, sudah jelas dapur yang kotor tidak enak dipandang dan memperburuk keindahan rumah.

Memiliki dapur yang mungil memang terkadang membuat bingung saat menatanya, padahal penataan yang tepat sebenarnya dapat membuat dapur nyaman dan memberikan kesan luas pada dapur kita yang mungil. Bermain dengan kitchen set atau kitchen kabinet biasanya dilakukan saat dapur yang kita desain berukuran kecil. Letakkan beberapa set kitchen set atau kitchen kabinet yang dipasang di dinding dapur kita. Namun sebelumnya, ukur betul kebutuhan kithen set atau kitchen kabinet tersebut supaya tidak terjadi salah beli atau salah pesan.

Dapur memang menjadi tempat segala peralatan memasak. Di dapur terkadang segala alat-alat masak diletakkan walaupun terkadang tidak semua peralatan terpakai. Sebaiknya letakkan dan siapkan barang atau alat yang sering dipakai saja, simpan peralatan memasak yang tidak terpakai.

Tentu tidak semua peralatan dapur kita akan sering kita pakai. Pilih peralatan dapur yang paling sering kita pakai dan taruh di tempat yang mudah kita jangkau, sisa yang tidak terpakai sebaiknya simpan di dalam kitchen set atau kitchen kabinet. Hal ini dapat memberikan kesan luas dan simpel, jadi dapur yang mungil tidak terlihat sempit dan terkesan luas.

Seiring perkembangan zaman, peralatan dapur dan peralatan memasak pun semakin beragam dan berkembang. Pemilihan peralatan dapur yang tepat adalah sesuai dengan fungsinya, pintar memilih alat dapur mungkin adalah salah satu tips mengakali dapur yang mungil.

Dengan menggunakan alat dapur yang multi fungsi, maka secara otomatis kita bisa menghemat space di dapur kita untuk menyimpan alat - alat dapur tersebut. Misalnya, pilih panci yang juga berfungsi sebagai alat untuk mengukus dan juga untuk menggoreng, yang terpenting sebenarnya adalah memaksimalkan peralatan dapur yang ada.

Kebersihan dapur memang sangat penting, bukan hanya saja karena kaitannya terhadap kesehatan penghuninya, namun kaitannya dengan kebersihan dan keindahan rumah.

Kebersihan rumah memang menggambarkan dan mencerminkan kepribadian si pemiliknya, jadi dapur yang bersih memberikan kenyamanan bagi siapapun yang berada di sana.

Jadi sebaiknya jangan pernah menyimpan alat kotor di dapur. Dengan membiarkan peralatan kotor tergeletak di dapur, selain tidak sedap dipandang mata juga membuat dapur menjadi terasa lebih sempit. Oleh karena itu, sebaiknya langsung bersihkan peralatan yang kotor supaya dapur kita tetap terasa lega, bersih juga membuat orang yang berada di sana merasa nyaman.

Yang terakhir adalah biasanya penataan pada rak-rak bumbu-bumbu masak yang berada di dapur. Sebagian orang memang banyak memilih menempatkan bumbu-bumbu masakan di rak bumbu yang biasa tertempel pada dinding, selain menghemat tempat, penempatan ini pun memperindah dapur kita. Cerdas menata rak bumbu. Walaupun hanya berupa rak bumbu, namun bila kita tidak cerdas dalam menata rak bumbu tersebut malah akan membuat dapur kita menjadi berantakan. Tentu kita membutuhkan aneka bumbu dalam memasak.

Supaya lebih efisien, taruh garam, merica, gula pasir, dan ketumbar di sekitar kita. Selebihnya bisa disimpan di dalam almari es atau di dalam kitchen set atau kitchen kabinet.

BERITA TERKAIT

Putusan Mahkamah yang Dinilai Aneh

Oleh: Maria Rosari Beberapa waktu lalu Mahkamah Konstitusi (MK) memutus tiga perkara permohonan uji materi atas pasal 79 ayat (3)…

Baru Dua Anggota Apindo Yang Siap IPO - Momentum Tepat Gelar IPO

NERACA Jakarta – Melesatnya pertumbuhan indeks harga saham gabungan (IHSG) hingga mencapai rekor baru, dinilai menjadi momentum yang tepat untuk…

Keuangan Inklusif yang Ekslusif

  Oleh: Ariyo DP Irhamna Peneliti INDEF   Pada 13 Februari 2018, Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Utusan Khusus…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

Aplikasi PropertyPro Berikan Kemudahan Bagi Agen Properti

Aplikasi PropertyPro Berikan Kemudahan Bagi Agen Properti NERACA Jakarta - Bagi agen properti, baik yang berprofesi serius atau sambilan kini…

BUMN PP Operasikan Prime Park Hotel Pekanbaru

BUMN PP Operasikan Prime Park Hotel Pekanbaru NERACA Jakarta - BUMN perumahan PT PP Properti Tbk melalui unit bisnis PP…

Ajang IPEX Konsorsium Pengembang Tawarkan Cicilan Terjangkau

Ajang IPEX Konsorsium Pengembang Tawarkan Cicilan Terjangkau NERACA Jakarta - Ajang Indonesia Property Expo (IPEX) 2018, PT Primer Eka Properti…