Melangkah Dengan Komitmen Ramah Lingkungan

PT Semen Gresik Tbk :

Sabtu, 28/07/2012

Pembangunan tidak hanya memperhatikan aspek ekonomi tetapi juga aspek etika dan sosial. Inilah komitmen Semen Gresik dalam mewujudkan perusahaan yang ramah lingkungan.

NERACA

Corporate Social Responsibility (CSR) tak lagi sekadar cost center, inilah sebuah realitas. Karena CSR kini menjadi bagian dari strategi usaha dalam meningkatkan keuntungan dan menjaga stabilitas pertumbuhan usaha. Artinya keberadaan perusahaan tidak lagi berdiri berseberangan dengan kehidupan sosial masyarakat.

Bagi dunia usaha, pembangunan berwawasan lingkungan yang berorientasi pada kebutuhan pokok hidup manusia, pemerataan sosial, peningkatan kualitas hidup, serta pembangunan yang berkesinambungan, sepatutnya dimaknai sebagai harmonisasi aktifitas usaha. Ini pula yang disadari PT Semen Gresik, Tbk.

Dengan visi mewujudkan hubungan yang harmonis antara perusahaan dan masyarakat, serta memperjuangkan misi untuk memelihara kelestarian lingkungan hidup, serta membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat, Semen Gresik (SG) pun berkomitmen meningkatkan pemberdayaan masyarakat melalui bidang pendidikan, baik yang bersifat sosial, ekonomi dan pelestarian alam.

Untuk mengimplementasikannya, manajemen SG menciptakan acuan yang menjadi pola dasar pengelolaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL), dalam lima sendi dasar. Antara lain; Pertama, menciptakan manajemen dan organisasi PKBL yang sehat dan efisien yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat secara berkesinambungan.

Kedua, menciptakan sistem dan prosedur pelayanan meliputi penyusunan program kerja, penetapan lokasi, identifikasi dan seleksi calon mitra, pembinaan mitra, dan penanganan kredit bermasalah.

Ketiga, menciptakan program pembinaan yang konseptual dan teratur melalui pelatihan dan pendampingan teknis, serta mempromosikan produk dalam menumbuhkembangkan mitra binaan yang berdaya saing dan memiliki ketahanan terhadap perubahan global.

Keempat, mewujudkan infrastruktur layanan yang kuat dalam rangka pengembangan dan pengelolaan PKBL dalam menjaga keseimbangan pertumbuhan perusahaan dengan lingkungan sosial dan alam. Dan kelima, mewujudkan atmosfir semangat swadaya dilingkungan sosial dan mitra binaan sehingga mampu membangun citra positif perusahaan.

Komitmen Ramah Lingkungan

Sebagai BUMN yang berada ditengah lingkungan masyarakat, Semen Gresik memikul tanggungjawab dibidang sosial dengan menciptakan positive emotional relation dengan masyarakat sekitar secara berkesinambungan.

Wujud tanggungjawab ini diaktualisasikan dalam bingkai aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) dipelbagai bidang di masyarakat. Seperti; penyediaan sarana dan prasarana umum (infrastructure development), keagamaan (religius), pendidikan (education), kesejahteraan sosial, kesehatan (health improvement), penghijauan (re-greening), tanggap darurat bencana (disaster emergency response).

Dalam pengembangan sarana dan prasarana umum, manajemen SG telah mengelontorkan Rp 3,06 milyar dari dana penyisihan eks laba perusahaan sampai akhir tahun 2010. Sedangkan dari anggaran perusahaan yang telah dibiayakan (TJSL), manajemen kembali merogoh koceh hingga Rp 8,2 milyar.

Bantuan itu sebagai wujud komitmen perusahaan untuk merehabilitasi gedung sekolah, pembangunan peningkatan jalan desa, pembuatan saluran drainase, pemasangan instalasi dan penerangan di Kecamatan Glondong Gede, dan pembangunan hutan kota di Wilayah Tuban.

Dibidang keagamaan. Bantuan sarana ibadah yang disalurkan selama tahun 2010 terealisir sebesar Rp 5,6 milyar, meliputi pembangunan masjid/mushola, pemberian santunan untuk anak yatim, kegiatan buka bersama dan pemberian bingkisan atau sembako untuk fakir miskin selama bulan ramadhan dan hari raya idul fitri.

Dibidang pendidikan. Program bantuan pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat selama Tahun 2010, bahkan mencapai Rp 18,4 milyar. Bantuan ini meliputi kegiatan pelatihan informasi teknologi, pelatihan dan bantuan siswa rawan putus sekolah, serta kegiatan pembagian beasiswa SG Peduli di Kabupaten Gresik dan Tuban.

Sedangkan dibidang kesejahteraan sosial. Manajemen SG menilai usaha peningkatan kesejahteraan masyarakat disekitar perusahaan, memiliki sifat jangka panjang. Meski tak menutup kemungkinan bila bantuan secara insidental kerap dilakukan. Seperti bantuan bencana alam, bantuan pendidikan, bantuan kesehatan, bantuan prasarana dan sarana umum, bantuan sarana ibadah, serta pelestarian alam.

Dibidang kesehatan, komitmen Semen Gresik dibuktikan dengan kegiatan bakti sosial kesehatan bekerja sama dengan PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) di Kabupaten Tuban, bantuan penyemprotan dan pengasapan untuk mencegah wabah penyakit demam berdarah, serta pelayanan kesehatan diseantero desa Kabupaten Tuban

Dibidang pelestarian alam, bantuan meliputi bantuan bibit dan penanaman pohon untuk penghijauan di Kabupaten Tuban, Gresik. Selain itu, manajemen pun mendukung program penghijauan yang di canangkan pemerintah dengan pemberian bibit pepohonan jenis mahoni, trembesi, sangon, matoa dan jambu mente bagi penghijauan dibeberapa wilayah di Jawa Timur, Kabupaten Rembang dan Kabupaten Pati-Jawa Tengah.

Tanggung jawab sosial perusahaan dibidang ekonomi, difokuskan pada upaya pengembangan pola pendampingan usaha kecil dan koperasi, baik terkait atau tidak dengan bisnis Semen Gresik.

Secara teknis, tanggung jawab itu dilakukan dengan penyaluran dana dan pembinaan kesinambungan, yang mengedepankan aspek pemerataan, kemandirian, profesionalitas, dan etika. Dengan perkembangannya, pola pendampingan usaha kecil dan koperasi diharapkan akan memacu potensi usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri, seperti yang diperjuangkan dalam visi dan misi perusahaan.