Sinar Mas Land Tak Gentar Persaingan Bisnis Hotel di Malaysia

Rabu, 25/07/2012

NERACA

Jakarta - Persaingan bisnis perhotelan di Johor Baru Malaysia yang kompetitif, tidak membuat Le Grandeur Palm Resort- Johor milik Sinar Mas Land, pengembang properti terkemuka di Asia Tenggara, gentar. Hotel yang terletak di dekat Bandara Internasional Senai – Johor tersebut justru terpacu meningkatkan layanannya. Terbukti, Le Grandeur menjadi hotel terbaik ketiga dari 60 hotel yang ada di Johor, berdasarkan komentar para wisatawan diTripadvisor.com – situs perjalanan terbesar di dunia.

Ishak Chandra Managing Director Corporate Strategy and Services Sinar Mas Land mengungkapkan kebanggaannya terhadap prestasi yang diraih Le Grandeur Palm Resort tersebut. “Prestasi ini menandakan jaringan hotel asal Indonesia, tidak kalah di kancah internasional. Komentar yang masuk di Tripadvisor.com membuktikan, para wisatawan yang mengunjungi Le Grandeur Palm Resort puas dengan pelayanan yang diberikan. Bahkan, mereka mau membuat komentar positif di portal komunitas travel yang bergengsi itu,” ungkap Ishak seperti tertuang dalam siaran persnya, Selasa (24/7).

TripAdvisor adalah salah satu portal yang memelopori user-generated content di dunia. Layanan itu diciptakan bebas untuk pengguna. Pengguna lah yang menyediakan sebagian besar konten di portal ini, dan situs ini didukung oleh model bisnis periklanan untuk menjamin independensinya. Selain TripAdvisor.com, Agoda.com dan Bookings.com – dua situs perjalanan lainnya juga memberikan rekomendasi sangat baik pada Le Grandeur Palm Resort. Di Agoda.com, Le Grandeur Palm Resort mendapat rating 7 dari 10 atau rating sangat baik, sedangkan di Bookings.com Le Grandeur juga mendapatkan rating yang sama.

Ishak melanjutkan komentar positif para wisatawan juga mendongkrak tingkat hunian. Berdasarkan analisis kinerja semester pertama tahun 2012, tingkat hunian mencapai 66%. Artinya, terjadi peningkatan 54% dibandingkan tahun sebelumnya. “Meningkatnya tingkat hunian hotel menjadi pemicu bagi Le Grandeur Palm Resort untuk meningkatkan kinerja di semester kedua. Pelayanan terbaik pada para tamu hotel adalah komitmen kami,” ujar Ishak.

Le Grandeur Palm Resort, bulan lalu, meluncurkan kampanye “Love Food – Hate Waste” – sebuah kampanye yang mendorong para tamu hotel untuk menghabiskan makanan yang sudah dipesan atau diambil. Menurut Ishak, dengan kampanye ini, para tamu diharapkan lebih menghargai makanan, karena di berbagai belahan dunia masih ada jutaan orang yang kelaparan. Kampanye dilakukan dengan cara meletakkan kertas hijau bertuliskan “Love Food –Hate Waste” di dekat buffet dan berbagai outlet makanan lainnya yang ada di kawasan hotel.

“Kampanye ini juga membantu atasi perubahan iklim, karena dengan sedikitnya “wastage” makanan yang dihasilkan berarti energi untuk mendaur ulang limbah juga berkurang. Plastik dan alat pembungkus yang mencemari lingkungan juga bisa dikurangi,” kata Ishak. Selama satu bulan pelaksanaan kampanye ini, “wastage” makanan mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Ishak menambahkan, Le Grandeur Palm Resort dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti lapangan golf seluas 500 hektar yang memiliki 54 Hole, pusat kebugaran dan gedung serbaguna yang bisa digunakan untuk berbagai aktivitas MICE (Meeting, Incentives Travels, Conference and Exhibition).

Selain berbagai fasilitas yang tersedia di resort yang memiliki 330 kamar itu, Le Grandeur Palm Resort juga terletak di lokasi yang strategis karena jarak tempuh dari Bandar udara Senai – Johor menuju hotel hanya memakan waktu 3 menit. Para penghuni hotel juga dapat berwisata ke Singapura , karena akses menuju sebuah jalan raya yang menghubungkan antara Johor dan Singapura dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit dari Le Grandeur Palm Resort.