Yamaha dan Honda Kembali Bersaing di Pasar Bebek

NERACA

Produsen motor terbesar di Indonesia yaitu Honda dan Yamaha kembali sama-sama memproduksi motor barunya untuk merebut hati pasar otomotif khususnya motor di indonesia. PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI dengan striping dan warna baru yang membuatnya terlihat lebih ramping dan berkarakter lebih kuat dengan icon X yang lebih modern. sedangkan Yamaha setelah resmi meluncurkan All New Jupiter Z1, akhirnya merilis harga motor bebek pertamanya yang berteknologi motor balap dan Fuel Injection (FI) ini.

Ada dua harga yang dikeluarkan yaitu untuk All New Jupiter Z1 CW (Cast Wheel) dan All New Jupiter Z1 SW (Spoke Wheel).

Honda Supra X telah terbukti menjadi pilihan masyarakat sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 dengan kapasitas mesin 100cc. Saat ini, Honda Supra X mendominasi pasar sepeda motor bebek kelas atas dan mengantarkan Honda sebagai Raja Motor Bebek di Indonesia.

Sebagai pionir motor injeksi pertama di Indonesia melalui kehadiran Honda Supra X 125 PGM-FI pada tahun 2005, AHM terus menunjukkan komitmennya untuk menghadirkan sepeda motor ramah lingkungan. Pada tahun lalu, AHM mendeklarasikan komitmen injeksinya di mana semua produk-produknya akan mengaplikasikan teknologi PGM-FI sampai akhir 2013.

Pada saat yang bersamaan, AHM meluncurkan Supra X 125 Helm in PGM-FI yang sangat ramah lingkungan dengan didukung fitur-fitur unggulannya. PGM-FI telah diapresiasi sangat baik oleh masyarakat Indonesia karena mudah dalam perawatan dan hemat bahan bakar.

Dari sisi mesin, Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI bermesin 4-tak telah terbukti sebagai sepeda motor bertenaga, performa tinggi, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Teknologi PGM-FI yang diaplikasikan dalam model ini mampu menyumbang emisi bersih melalui perpaduan sensor cerdas dan catalytic converter yang mampu menekan emisi gas buang.

Dari sisi fitur, Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI telah dilengkapi bagasi luas yang serba guna dengan kapasitas 19,5 liter dan merupakan pelopor fitur unggulan ini di segmen bebek. Fitur unggulan lainnya adalah kapasitas tangki BBM 5,6 liter atau yang terbesar di segmennya dengan kemampuan menempuh jarak hingga 336 kilometer dan memberi manfaat lebih untuk konsumen.

Dari sisi desain, striping baru dan tambahan warna baru membuat tampilan Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI lebih ramping dan elegan cocok untuk bebek kelas atas. Dengan striping terbaru, AHM menambahkan warna baru hijau melengkapi warna yang sudah ada sebelumnya yaitu merah, hitam, dan putih.

Model ini memiliki desain modern yang elegan dilengkapi dengan lampu utama ganda dengan desain modern, sayap samping 3D yang fungsional, lampu belakang ganda tampil modern dengan LED (Light Emitted Diode), desain pijakan kaki belakang yang modern terbuat dari bahan aluminium casting, serta desain knalpot dilengkapi pelindung yang elegan.

Marketing Director AHM Margono Tanuwijaya mengatakan kehadiran Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI dengan tampilan baru menjadi pilihan terbaik masyarakat di segmen bebek kelas atas melalui desain terbarunya dan beragamnya fitur unggulan yang ditawarkan. “Tampilan baru dan warna baru ini akan semakin memperkuat penetrasi Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI di segmen bebek, sekaligus melengkapi beragam fitur dan nilai fungsional yang selama ini menjadi pertimbangan utama konsumen untuk memilikinya.”

AHM memasarkan Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI dengan harga Rp 16.225.000,- (on the road Jakarta) dengan target penjualan 6.000 unit/bulan. Berdasarkan data penjualan di pasar domestik, selama semester pertama tahun ini penjualan Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI tercatat 55.695 unit. Sementara itu, secara total penjualan Honda Supra series mencapai 285.476 unit dan mencatatkan Honda sebagai pemimpin di pasar sepeda motor bebek kelas atas di Indonesia.

All New Jupiter Z1

"Harga All New Jupiter Z1 CW lebih tinggi selisih Rp 800.000 ketimbang All New Jupiter Z1 SW. Ini karena Hero bike ada pada tipe All New Jupiter Z1 CW dan jumlah warna lainnya lebih banyak dibandingkan All New Jupiter Z1 SW," ucap Indra Dwi Sunda, PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia.

Hero bike All New Jupiter Z1 CW paling beda sendiri dengan tiga warna, dasarnya putih dikombinasikan dengan merah dan hitam. Warna merah ditempatkan pada center backbone, ini pertama kalinya warna merah ada di bagian itu untuk motor bebek di Indonesia. Merah menggambarkan kecanggihan FI.

Warna putih kombinasi merah dan hitam hanya buat All New Jupiter Z1 CW (Cast Wheel). Varian velg racing itu tersedia juga empat warna lainnya, biru kombinasi warna hitam, hitam dengan hitam, hijau hitam dan merah hitam. Untuk empat warna itu bagian centre backbone nya berwarna hitam.

Fiturnya pun makin kaya dan bergaya dengan pinstripe berwarna merah buat All New Jupiter Z1 CW warna merah, hitam dan putih. Sedangkan All New Jupiter Z1 CW warna biru dan hijau pinstripe nya dipilih berwarna putih. Buat All NewJupiter Z1 SW, warnanya hitam kombinasi hitam dan warna merah kombinasi hitam.

Sementara itu, Yamaha menargetkan produksi All New Jupiter Z1 rata-rata 20 ribu sampai 25 ribu rupiah per bulan. Yamaha optimis akan mendulang penjualan positif karena motor ini adalah favorit konsumen khususnya kawula muda. Saat dilepas di Pekan Raya Jakarta (PRJ) lalu, terbukti konsumen sudah tertarik membeli All New Jupiter Z1.

Related posts