Butik Online - Pebisnis Menyukainya

NERACA

Seiring dengan perkembangan internet di Tanah Air, butik-butik online bermunculan. Baik dalam bidang busana, tas, perhiasan dan aneka ragam jenis usaha lainnya.

Berwirausaha banyak dilakoni masyarakat belakangan ini. Alasannya pun beragam, tetapi yang paling umum adalah untuk menambah penghasilan. Namun bagi sebagian orang, untuk memulai usaha bukanlah hal yang mudah.Terlebih yang awam di bidang yang ingin dirintisnya itu.

Dengan semakin terbukanya akses internet, dan masyarakat yang melek teknologi, tokoonlinebisa menjadi pilihan. Kenapa butik online? Dengan adanya blog gratis yang sangat mudah diatur sesuai dengan keinginan seperti blogspot, wordpress, dan lain sebagainya, setiap pebisnis dapat dengan mudah membuat suatu situs butik online-nya tersebut. Modal yang dibutuhkan pun jauh lebih kecil daripada usaha offline dan di samping itu bisa menjangkau pangsa pasar yang jauh lebih luas 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu.

Butik online memberikan manfaat yang positif kepada pembeli maupun kepada pengusaha itu sendiri. Kemudahan bagi pengusaha butik online adalah dapat memberikan kemudahan bagi pengusaha yang belum mempunyai modal lebih untuk membuka sebuah toko. Tidak perlu mempekerjakan karyawan yang begitu banyak untuk menjaga toko, dan dapat lebih mudah memasarkan barang dagangannya dan memasang iklan di internet.

Sedangkan di pihak lain, pembeli dengan leluasa dapat melihat-lihat semua jenis pakaian yang ditawarkan oleh butik online kapan pun dan di mana pun, tidak perlu membuang waktu dan tenaga untuk menuju ke butik secara langsung, dan bagi pembeli yang kurang bisa menawar harga, akan lebih diuntungkan dengan harga pas yang ditawarkan pihak butik, sehingga tidak perlu takut untuk tertipu.

Nah, keuntungannya yang berlipat ganda dan pemasarannya yang mudah inilah membuat banyak pengusaha butik memilih sarana ini sebagai salah satu tempat untuk mempromosikan produknya. Seperti yang dilakukan oleh Hita Erlangga (23) . Sebagai pengusaha muda, dia berhasil meraup omzet ratusan juta per bulan dari bisnis butik batik yang dia kembangkan secara online.

Yakin dengan potensi bisnis online yang pasarnya semakin luas, Hita Erlangga atau yang biasa akrab dipanggil Angga ini pun tak ragu untuk melebarkan sayapnya membuka toko online dengan membuat website berbayar. Menggunakan alamat batikdistro.com Angga mulai menawarkan beragam produk batik kepada konsumen di penjuru nusantara.

Untuk mengoptimalkan pemasaran bisnis onlinenya, Angga membangun kepercayaan konsumen dengan mencantumkan testimoni dari setiap pembeli di toko onlinenya. Selain itu, dia juga mencantumkan beberapa video dan gambar yang memuat keberadaan toko batiknya.

Dengan target utamanya yang menengah ke bawah, batikdistro.com menawarkan beberapa produk unggulan seperti kemeja batik laki-laki, jaket batik, batik sarimbit (batik couple), topi batik, kaos batik, serta gantungan kunci batik dengan harga yang terjangkau. Tidak heran bila sedikitnya sekitar 2.000-3.000 baju batik bisa terjual setiap bulannya.

Keberanian Hita Erlangga dalam merintis usaha dan kejeliannya dalam memanfaatkan pasar di dunia maya, kini mengantarkan bisnis butik batik onlinenya meraup omzet ratusan juta.

Related posts