Distro dan Butik - Memiliki Karakteristik Bisnis Yang Berbeda

NERACA

Dunia industry fashion yang semakin beragam membuat mudah para konsumen untuk menentukan jenis fashion yang sesuai dengan kepribadian mereka, uang mereka dan gaya hidup yang mereka jalani.

Dunia usaha di bidang fashion memang tidak pernah ada matinya, hal ini karena mode di dunia fashion tidak pernah berhenti berputar dan terus berkembang bahkan semakin pesat dari tahun ke tahun. Begitu pula dengan para pengusahanya, mereka selalu membuat inovasi dan ide-ide cemerlang unutk menarik minat para pembelinya.

Butik tidak bisa disamakan dengan Factory Outlet. FO menjual produk secara massal atau satu produk di produksi secara besar-besaran, namun tidak demikian dengan butik. Butik hampir sama dengan Distro, keduanya sama-sama memasarkan produk yang exclusive dengan hanya memproduksi jumlah yang terbatas.

Meski keberadaannya terus bertambah setiap hari, distro dan butik ternyata tetap menarik banyak kalangan entrepreneur untuk mencoba meraup untung dari bisnis di bidang fashion ini. Pada umumnya, mereka yang tertarik untuk membuka toko-toko distro, butik dan clothing didominasi oleh kalangan muda.

Hal tersebut tidak lepas dari karakteristik bisnis distro serta butik yang lebih menawarkan kreativitas desain serta modis sesuai dengan karakter jiwa muda. Beberapa gaya dan perilaku remaja serta ucapan-ucapan mereka seringkali menjadi trend, demikian pula cara berpakaian yang unik dan aneh-aneh sering menjadi sumber inspirasi bagi perancang busana.

Seperti Bandung yang memiliki sentra bisnis mode dan dikenal dengan kreativitas anak-anak mudanya. Di kawasan daerah Jakarta tepatnya di jalan Tebet Raya juga ada tempat yang kurang lebih hampir sama mirip dengan toko mode yang ada di Kota Kembang tersebut.

Kunci keberhasilan bisnis distro, butik serta clothing adalah kreativitas serta kemampuan membaca selera konsumen. Meski dalam prakteknya seringkali digabungkan demi melayani kemauan konsumen, distro dan butik memiliki karakteristik bisnis yang berbeda-beda.

Distribution store lebih menonjolkan kreativitas desain yang biasanya tidak diproduksi dalam jumlah massal, hal ini juga yang menjadikan kelebihan distro dibandingkan produk pabrikan, yakni desain yang tidak pasaran.

Sedangkan butik lebih menonjolkan spesifikasi produk dan desain yang ditawarkan, misalnya butik batik dan lainnya. Selain itu, distro lebih idealis menunjukkan suatu kepribadian dari pemakainya, sedangkan butik lebih mengikuti perkembangan trend yang sedang berlangsung di dunia fashion.

BERITA TERKAIT

Demonstrasi Ojek Online yang Tidak Dibutuhkan

  Oleh : Dodik Prasetyo, Peneliti di Lembaga Studi Informasi Strategis Indonesia   Sejumlah ojek online berencana melakukan demonstrasi pada…

Pengguna Internet 93,4 Juta, Bisnis Online RI Tembus US$12 Miliar - Perdagangan Daring

NERACA Jakarta – Nilai bisnis online di Indonesia mencapai US$12 miliar seiring dengan tingginya pengguna internet yang tercatat 93,4 juta…

Audit Investigatif BPK Janggal, Abaikan Keputusan Rapat Kabinet dan KKSK

Audit Investigatif BPK Janggal, Abaikan Keputusan Rapat Kabinet dan KKSK NERACA Jakarta - Dokumen mengenai hasil keputusan Rapat Kabinet Terbatas…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Masih Booming, Sruput Untung Usaha Thai Tea

Demam minuman teh ala Thailand alias thai tea ternyata masih berlanjut. Pasar minuman asal negeri Gajah Putih tersebut ternyata masih…

Cara Pintar dalam Berbisnis

  Setiap orang telah mendengar peringatan "bekerja lebih cerdas, tidak lebih keras," dan itu sebenarnya nasihat bijak. Etika kerja yang…

Rest Area Tempat Potensial Untuk Usaha Kuliner

Pelaku usaha gerai makanan dan minuman lokal saat ini mulai melirik potensi tempat peristirahatan (rest area). PT Pendekar Bodoh, misalnya,…