Pegadaian Terus Memperbaiki Pelayanan

Sabtu, 28/07/2012

NERACA

Sebagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Perum Pegadaian terus berkomitmen memberikan pelayanan jasa keuangan berbasis gadai dan fiducia yang terbaik yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Direktur Operasional Pegadaian Edi Prayitno mengatakan, Upaya memberikan pelayanan jasa keuangan dengan meningkatkan kualitas menuju yang terbaik terus dilakukan dengan mengembangkan produk-produk yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Dia mengatakan, sejak 2003, Pegadaian mengembangkan pasar baru dengan membuka Pegadaian Syariah, dan menyediakan produk-produk jasa keuangan dengan pola syariah yang dibutuhkan masyarakat. Pegadaian berusaha mencari solusi untuk apa yang diinginkan masyarakat.

Salah satu program untuk menjawab kebutuhan masyarakat adalah Pegadaian syariah. Program ini merupakan jawaban Pegadaian atas kebutuhan masyarakat yang menginginkan adanya transaksi gadai dan fiducia yang sesuai syariah Islam.

Produk-produk jasa tersebut antara lain ar-rahn, yaitu pinjaman dengan sistem gadai yang sesuai syariah Islam dengan agunan berupa perhiasan emas, berlian, elektronik, dan kendaraan bermotor. Dengan adanya program ini pendapatan Pegadaian meningkat, karena banyak masyarakat yang menggadaikan barangnya seperti ini, tuturnya.

Dia mengatakan, selain itu ada juga ar-rum, yaitu skim pembiayaan untuk memenuhi keperluan pengembangan usaha dengan sistem pengembalian secara angsuran dengan agunan BPKB motor atau mobil, ini juga salah program yang sangat diminati masyarakat.

Penambahan gerai ini selain berupaya untuk mendekatkan pelayanan jasa dan produk-produk Pegadaian kepada masyarakat, juga merupakan upaya untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan jasa gadai dan fiducia yang diperlukan oleh masyarakat, khususnya kalangan menengah ke bawah.

Pegadaian juga terus mengembangkan dan meng-upgrade sumber daya manusia yang dimiliki melalui pendidikan dan pelatihan yang terintegrasi sehingga diharapkan pelayanan jasa dan produk-produk Pegadaian kepada masyarakat terus meningkat.

“Langkah-langkah dan upaya Pegadaian untuk meningkatkan kualitas menuju yang terbaik mulai terlihat melalui tren kinerja Pegadaian yang terus meningkat setiap tahunnya,” tuturnya.

Peningkatan omzet ini merupakan salah satu indikator kinerja keuangan Pegadaian yang sangat mengesankan. Demikian juga dengan laba yang mampu dibukukan Pegadaian, dari tahun ke tahun, terus meningkat.

Peningkatan laba secara siginifikan dari tahun ke tahun tersebut merupakan buah dari ketekunan, kerja keras serta dedikasi seluruh jajaran insan Pegadaian dari level tertinggi hingga staf, yang dengan tulus ikhlas dan penuh profesionalisme yang tinggi melayani nasabah di gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pegadaian salah satu pelayanan masyarakat yang sangat membantu bukan hanya itu saja peran penting yang dilakukan oleh Pegadaian, adalah keikutsertaanya dalam memberikan lapangan kerja bagi masyarakat, khususnya generasi muda dengan dibukanya ribuan gerai baru.

Gerai baru tersebut juga mampu mendinamisasi kegiatan ekonomi masyarakat menjadi lebih produktif, karena jasa dan produk-produk Pegadaian dapat digunakan untuk membiayai aktivitas kegiatan ekonomi yang produktif, misalnya untuk berdagang, membayar upah kerja usahanya, atau untuk kegiatan produktif lainnya.

Kinerja yang kian meningkat ini membuat para pemerhati dan media massa memberikan apresiasi kepada Pegadaian. Salah satu apresiasi yang diberikan kepada Pegadaian adalah penghargaan atas kinerja keuangan Pegadaian yang sangat bagus pada 2009, dan penghargaan sebagai perusahaan BUMN Terbaik 2010.