free hit counter

BRICS Akan Tambah Anggota Baru

Dua Tahun Lagi

Selasa, 24/07/2012

NERACA

Jakarta –Prediksi Indonesia akan masuk dalam tunggu kelompok BRICS (Brazil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan) hanya tinggal 2 tahun lagi. Alasanya ekonomi Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. “Indonesia menggantikan India mungkin tidak tetapi mendekati mungkin iya menjadi BRICS country," kata Ekonom Standard Chartered Bank, Fauzi Ichsan di Jakarta (23/07).

Adalah Goldman Sachs, pada tahun 2050 menyebut gabungan ekonomi keempat negara itu akan mengalahkan negara-negara terkaya di dunia saat ini. BRICS tersebut merupakan lima negara yang pertumbuhan ekonominya pesat. "Batasannya untuk masuk kesana adalah nominal GDP sudah diatas US$ 1 triliun. Tahun ini nominal GDP Indonesia sudah mencapai US$ 940 miliar. Maka dalam waktu 2 tahun kemudian sangat mungkin Indonesia masuk kesana," ujar Fauzi lagi.

Lebih jauh kata Fauzi, pertumbuhan ekonomi India memang masih tinggi. Tahun ini tercatat pertumbuhan ekonomi India adalah 6,2% masih lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi global, memang ada kekhawatiran peringkat resiko India diturunkan tetapi tidak menyurutkan minat investasi di India.  

Dikatakan Fauzi, India adalah salah satu negara dengan pasar domestik terbesar di dunia dengan penduduk lebih dari 1,2 miliar orang. "Pertumbuhan ekonomi kita pesat, neraca ekonomi juga kita sehat, ini menjadi suatu term yang sudah diterima dengan baik oleh pasar, kita akan kesana dalam 2 tahun kedepan," imbuhnyaNext