Operator Seluler Tangkap Peluang Ramadan

Momentum untuk Bersilaturahmi

Sabtu, 28/07/2012

Ramadan memberikan berkah tersendiri bagi operator. Ini dipicu karakter masyarakat Indonesia yang memanfaatkanRamadan sebagai momentum untuk bersilaturahmi maupun mempererat hubungan keakraban.

NERACA

Setiap tahun, Bulan Ramadan acapkali dijadikan operator seluler sebagai ajang untuk mempromosikan produk teranyarnya dalam menggaet pelanggan. Tak ayal, berbagai promo SMS, layanan suara dan layanan internet gratis pun diberikan. Tidak berhenti di sana, operator pun bahkan selalu memberikan berbagai macam layanan saat mudik.

Menurut Head of Corporate Communications DivisionTelkomsel Ricardo Indra, saat ini tren di dunia telekomunikasi memang mengarah pada layanan konten. Salah satunya adalah konten layanan saat Ramadan. Bisnis layanan konten sangat menggiurkan bagi operator seluler. Data 2011, paling tidak, dalam setahun perputaran uang di bisnis ini bisa mencapai Rp 10 triliun.

Dengan porsi sekitar 30% dinikmati penyedia layanan konten dan 70% operator seluler. "Saat Ramadan, kami juga menjaring komunitas dengan konten religi ini. Tapi ada juga yang sifatnya umum semua pelanggan bisa mengakses," katanya.

Ricardo mengatakan besarnya layanan konten religi ini karena adanya permintaan. Operator seluler berusaha memberikan layanan tersebut. "Karena ada permintaan dari konsumen. Momentum saat Ramadan ini digunakan orang untuk menambah wawasan keimanan, keislaman. Ini kebutuhan periodik," ungkapnya.

Besarnya nilai uang saat Ramadan, membuat hampir seluruh operator mengeluarkan layanan konten Islami untuk menjaring pelanggan. Axis operator yang baru beberapa tahun ini menggarap pasar Indonesia juga tidak mau ketinggalan.

Berbagai konten islami ditawarkan operator asal Timur Tengah ini. Bahkan dia menggandeng penyedia layanan konten untuk menghadirkan memberikan layanan pesan harian berupa Tausyiah dari para pemuka agama Islam. "Sepanjang bulan Ramadan ini, pelanggan dapat memperkaya kehidupan spiritualnya melalui berbagai konten Islami spesial ramadan," kata Chief Marketing Officer Axis, Daniel Horan dalam siaran persnya beberapa waktu lalu.

Dongkrak Revenue

Tidak mau ketinggalan, melalui program "Tangkap Berkah Gratisan Ramadan", Axis Indonesia berharap revenue bisa terdongkrak di kisaran 10 % -15 % dibandingkan dengan bulan biasanya.

Direktur Sales Axis Indonesia, Syakieb A Sungkar menegaskan selain momen puasa, mudik dan lebaran, momen lainnya yang juga ikut mendongkrak revenue yakni pertunjukan musik.

Dalam program Ramadan ini, Axis menggandeng The Changcuters sebagai brand ambassador. Mereka akan konser di empat kota selama Ramadan, yakni di Yogyakarta, Surabaya, Bandung dan Jakarta. Selain itu, Ustad Jefri Al-Buchori juga akan berpartisipasi dalam ProgramRamadan Axis.

Mudik Bareng

Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1431 H, pihaknya menggelar berbagai macam program untuk memberikan nilai lebih dari layanan kami. Salah satu program besar yang kami tawarkan adalah ‘Program Mudik Bareng Smartfren’.

Program ini merupakan bentuk apresiasi kepada mitra kerja serta pelanggan setia. ”Program Mudik Bareng ’smartfren’ ini dibuat untuk frontliners gerai yang merupakan mitra kerja serta para pelanggan yang telah dengan setia mendukung dan memperkuat posisi di pasar.

Sebanyak 1.300 orang frontliners dan pelanggan difasilitasi untuk mudik bareng ke kampung halaman yang berada di seluruh area Pulau Jawa. Frontliners dan pelanggan terpilih yang bisa mengikuti program Mudik Bareng Smartfren ini mempunyai kesempatan untuk mudik gratis bersama dengan rekan atau orang terdekatnya,” lanjut Sutikno.

Menurut Merza Fachys, Presiden Direktur Mobile-8 Telecom, banyak produk-produk menarik juga diluncurkan beserta dengan berbagai kemudahan untuk menikmati layanan di momentum Ramadan ini.

Salah satu produk tersebut adalah produk Hape Smartfren Islami yang telah diluncurkan ke pasar dengan menghadirkan layanan konten-konten Islami, yang ditujukan khusus untuk mendukung ibadah dan menambah keimanan umat Muslim.

Dengan harga yang sangat kompeititif yaitu Rp. 319 ribu (belum termasuk pajak), pengguna kami akan mendapatkan banyak keuntungan yaitu gratis 7 hari konten Islami seperti Kajian Islami, Hadist Shahih, Asmaul Husna dan Novel Islami.

Selain itu, pelanggan juga bisa menikmati fasilitas pengingat adzan serta mendapatkan 30 hari gratis Internet, 30 hari gratis RBT Islami dan 30 hari gratis SMS Islami, dan sebagian hasil dari pemakaian konten Islami tersebut juga akan diinfaqkan untuk masyarakat yang kurang mampu.

Merza Fachys juga menambahkan, bahwa menjelang Hari Raya Idul Fitri pun telah mengantisipasi lonjakan trafik yang biasanya akan meningkat sehari sebelum Hari Raya hingga Hari Raya Idul Fitri berakhir. Persiapan telah dilakukan dengan matang baik dalam hal penambahan kapasitas, perencanaan untuk pengalokasian teknisi jaringan yang akan bertugas 24 jam untuk memantau jaringan dan optimalisasi terutama di daerah-daerah yang menjadi tujuan mudik.

“Kapasitas jaringan yang sudah kami persiapkan saat ini akan mampu menampung lonjakan hingga 100% dari kondisi paling puncak. Kami pastikan pelanggan kami tetap dapat berkomunikasi dengan nyaman hingga melewati bulan suci Ramadan,” tutur Merza.