Memilih Konsultan Arsitektur

Sabtu, 28/07/2012

NERACA

Rumah memang suatu yang sangat berharga dan memiliki fungsi yang sangat penting. Rumah memang dijadikan tempat berlindung dan beristirahat manusia. Dalam arti umum, rumah adalah bangunan yang dijadikantempat tinggalselama jangka waktu tertentu.

Rumah bisa menjadi tempat tinggalmanusiamaupun hewan, namun tempat tinggal yang khusus bagi hewan biasa disebut sangkar, sarang, atau kandang. Dalam arti khusus, rumah mengacu pada konsep-konsep sosial-kemasyarakatan yang terjalin di dalam bangunan tempat tinggal, seperti keluarga, tempat bertumbuh, makan, tidur, beraktivitas, dan lain-lain.

Pada umumnya, bangunan rumah memang memiliki ruangan-ruangan yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Sebagai bangunan, rumah berbentuk ruangan yang dibatasi olehdindingdanatap, biasanya memiliki jalan masuk berupapintu, bisaberjendelaataupun tidak.

Lantainya bisa berupa tanah, ubin, babut, keramik, atau bahan lainnya. Rumah modern biasanya lengkap memiliki unsur-unsur ini, dan ruangan di dalamnya terbagi-bagi menjadi beberapa kamar yang berfungsi spesifik, sepertikamar tidur, kamar mandi,WC,ruang makan,ruang keluarga,ruang tamu,garasi,gudang, teras, danpekarangan.

Dalam kegiatan sehari-hari, orang biasanya berada di luar rumah untuk bekerja, bersekolah, atau melakukan aktivitas lain, tetapi paling sedikit rumah berfungsi sebagai tempat untuk tidur bagi keluarga ataupun perorangan.

Selebihnya, rumah juga digunakan sebagai tempat beraktivitas antara anggota keluarga atau teman, baik di dalam maupun di luar rumahpekarangan. Rumah dapat berfungsi sebagai: tempat untuk menikmati kehidupan yang nyaman, tempat untuk beristirahat, tempat berkumpulnya keluarga, dan tempat untuk menunjukkan tingkat sosial dalammasyarakat.

Memilih dan mendesain rumah idaman memang bukan permasalahan yang cukup mudah. Selain tidak bisa sembarangan, memilih dan mendesain rumah juga harus memikirkan banyak hal untuk diperhatikan.

Itulah sebabnya diperlukan konsultan arsitektur. Pemilihan konsultan arsitektur rumah sangatlah dibutuhkan dalam proses pembangunan rumah atau renovasi rumah, karena konsultan arsitektur dapat memberikan ide dan konsep-konsep menarik yang bisa menjadi masukan bagi Anda yang ingin membangun atau merenovasi bangunan rumah Anda. Namun di dalam pemilihan konsultan rumah sebaiknya Anda memperhatikan banyak hal.

Sebelum memilih konsultan sebaiknya kita memerhatikan beberapa hal seperti mencari tahu dan mengumpulkan berita juga rekam jejak dari konsultan arsitektur yang akan kita pilih, konsultan yang memiliki rekan jejak baik pasti akan terkenal dengan baik dan memiliki reputasi yang sangat baik dalam dunia konsultan.

Saat memilih konsultan untuk arsitek rumah atau bangunan sebaiknya Anda memperhatikan sertifikat dari konsultan tersebut, hal ini untuk memastikan apakah konsultan tersebut tepercaya atau tidak. Pada umumnya setiap konsultan arsitektur memiliki sertifikat dan sudah tersertifikasi.

Saat mencarikonsultan arsitekturrumah sebaiknya Anda juga memperhatikan portofolio yang sudah mereka miliki dan lihatlah hasil dari pekerjaan mereka. Cari tahu mengenai kinerja dari konsultan arsitektur yang sudah Anda pilih melalui forum desain, forum arsitektur dan forum properti lainya.

Saat sudah menemukan konsultan arsitek yang cocok dan pas dengan Anda pastikan Anda juga memperhatikan konsep atau ide yang dipunyai oleh konsultan tersebut agar keinginan Anda dapat terwujud.

Cek dan teliti mengenai harga yang diberikan oleh sang konsultan apakah sudah sesuai dengan dana Anda dan apakah sang konsultan dapat memberikan paket – paket murah yang bisa Anda gunakan. Mintalah referensi dari saudara atau teman yang sudah pernah menggunakan jasa konsultan rumah atau banyak baca dan berkunjung ke forum – forum desain arsitektur yang Anda bisa temukan di internet karena di forum tersebut Anda dapat menemukan konsultan arsitektur yang profesional dan berpengalaman.