Tips Mendesain Teras

Sabtu, 28/07/2012

NERACA

Keindahan rumah memang suatu nilai yang mahal harganya. Rumah yang indah dilihat pasti memiliki kenyamanan yang bisa membuat penghuninya nyaman seindah memandangnya. Rumah memang menjadi suatu yang sangat berharga, bukan saja karena fungsinya yang sangat penting untuk tempat kita berlindung.

Rumah juga memiliki peranan cukup penting dan menjadi perlambang identitas ataupun karakter si pemiliknya. Sebagian orang memperlakukan rumahnya dengan sangat istimewah, namun sebagian orang juga menganggap rumah biasa saja dan hanya menjadikannya tempat berlindung saja.

Rumah memang tidak hanya berfungsi sebagai tempat berlindung saja. Sebagian orang membuat rumahnya dengan berbagai fasilitas dan berbagai tampilan yang menarik yang membuat orang terkesan saat melihatnya.

Namun tidak hanya itu saja, pemiliknya pun dapat termanjakan dengan fasilitas yang ada, seperti kolam renang, tempat fitness, perpustakaan ataupun sarana olahraga lainnya. Pada akhirnya rumah memang tidak hanya memiliki satu fungsi saja, rumah dijadikan tempat berbagai kegiatan dilakukan, bisa menjadi tempat bekerja, bersenang-senang ataupun tempat berkumpul bersama keluarga.

Tidak hanya itu. Yang penting untuk diperhatikan, salah satunya adalah teras, teras menjadi wajah rumah dan gambaran rumah kita. Posisi teras yang paling depan di bagian depan atau belakang rumah, terkadang menjadi gambaran dari keseluruhan rumah.

Banyak hal yang harus diperhatikan sebelum atau sesaat kita memulai mendesain teras rumah kita dan tampilan teras rumah kita. Memang sudah banyak model atau tampilan desain teras yang ada saat ini, dari tipe minimalis sampai model teras ala rumah di daerah tropis.

Semuanya memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun yang terpenting adalah faktor kenyamanan sipemilik dan kepuasan si pemilik.

Teras yang sejuk memang menjadi pilihan yang cerdas, selain bisa kita gunakan sebagai tempat bersantai, teras yang nyaman dan sejuk juga bisa menjadi tempat yang asyik untuk mengobrol. Sebaiknya letakkan beberapa pohon atau pun bunga hias yang dipajang di area teras.

Jika teras anda berupa lantai bukan area tanah, mungkin anda bisa menanam tanaman hias itu dengan menggunakan pot hias. Selain bisa mempercantik teras pot itu juga bisa membuat teras terasa teduh dan nyaman. Sebaiknya jangan meletakkan tempat sampah di area teras seperti di depan teras, ini hanya akan membuat ketidaknyamanan penghuni dan orang lain yang berkunjung ke rumah kita.

Dalam mendesain teras rumah, kita juga harus memperhatikan juga soal privasi sang pemilik rumah. Teras yang berhadapan langsung dengan jalanan utama, usahakan agar teras kita tidak menjadi tontonan kendaraan yang lalu lalang di depan teras kita.

Bila anda memang membutuhkan privasi, sebaiknya gunakan juga pagar agar keprivasian terjaga dengan baik. Namun bila anda tidak menginginkan pagar, mungkin menanam tanaman yang seakan-akan pagar bisa menjadi pilihan yang tepat dan cerdas. Namun bila anda menganggap lingkungan rumah anda kurang aman, sebaiknya anda menggunakan pagar yang tinggi.

Posisi yang sangat ideal adalah teras yang terletak dibelakang rumah, itu sudah pasti menjaga privasi pemilik rumah namun kekurangannya adalah pemandangan bisa jadi lebih terbatas. Teras yang berada didepan usahakan untuk mengkombiasikan warna yang teduh sehingga membangun kesan konsep rumah yang nyaman. Kenyamanan memang sangat penting, tidak hanya membuat kita betah dan ingin berlama-lama diteras rumah kita, teras yang nyaman juga bisa memberikan kenyamanan kepada pengunjung rumah kita, jadi tamu yang datang akan merasakan kenyamanan yang sama.

Sediakan juga bangku dan meja, untuk lebih menarik lagi anda juga bisa meletakkan meja dan bangku yang berbahan dasar kayu. Namun bila anda ingin menambahkan ornamen yang lain seperti meletakkan kolam ikan ataupun akuarium kecil sebagai pajangan di teras anda ataupun lukisan-lukisan ataupun foto-foto keluarga. Ornamen ini memang lumayan penting juga, seperti foto dan lukisan-lukisan dapat membuat teras seakan ruang keluarga yang hangat dan membuat tamu yang datang merasa seperti di rumah sendiri.