Perkokoh Pasar di Indonesia, Rumah 123.com Gelar Sayembara

Jumat, 20/07/2012

NERACA

Jakarta –Bertambahnya populasi masyarakat di Indonesia tiap tahunnya, rupanya memberikan imbas pada terus bertambahnya kebutuhan rumah di Indonesia . Berdasarkan hitungan Real Estate Indonesia (REI), total kebutuhan rumah per tahun bisa mencapai 2,6 juta didorong oleh pertumbuhan penduduk, perbaikan rumah rusak dan backlog atau kekurangan rumah.

Ketua Badan Pertimbangan Organisasi Dewan Pengurus Pusat Realestat Indonesia (REI) F. Teguh Satria pernah bilang, jumlah penduduk Indonesia lebih kurang 241 juta jiwa dengan angka pertumbuhan penduduk 1,3 % per tahun. Jumlah rata-rata orang per Kepala Keluarga (KK) lebih kurang 4,3 jiwa. Dengan perhitungan jumlah kebutuhan rumah 241 juta x 1,3% = 4,3 juta. “Sehingga setiap tahunnya dibutuhkan 728.604 unit rumah per tahun atau jika dibulatkan menjadi 729 ribu unit rumah pertahun,”katanya.

Begitu besarnya, kebutuhan rumah bagi masyarakat Indonesia membuat pemerintah kewalahan untuk bisa mengentaskan permasalahan tersebut. Pasalnya, masih ada 13 juga penduduk Indonesia yang belum memiliki rumah tinggal dan sebanyak 4 juta rumah tidak layak huni. Oleh karena itu, pemerintah mengajak peran swasta membantu ketidakmampuan pemerintah dalam memenuhi kebutuhan rumah bagi rakyat Indonesia .

Kendatipun demikian, pemerintah melalui Kementerian Perumahan Rakyat tidak terus tinggal diam. Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz mengatakan, pihaknya akan mengejar pembangunan rumah dengan menargetkan sekitar 500 ribu tiap tahunnya, sehingga dalam tiga tahun bisa mencapai 1,5 juta.

Merespon besarnya kebutuhan masyarakat akan rumah hunian, Rumah 123.com sebagai situs properti nomor satu di Indonesia berupaya memberikan solusi bagi masyarakat yang belum memiliki rumah. Namun solusi yang diberikan Rumah 123.com bukan membangun rumah, tetapi memberikan informasi dan akses bagi masyarakat yang kesulitan membeli rumah yang diinginkan sesuai dengan kemampuan badget.

Portal Rumah 123.com sebagai portal terlengkap dengan menggandeng agen properti ternama berupaya menjawab kebutuhan masyarakat akan informasi jual dan beli properti yang cepat dan selalu up todate. Alasan inilah, mengapa masyarakat sangat terbantu dengan kehadiran Rumah 123.com karena memberikan informasi tentang properti yang dapat mencari daerah mana yang akan dicari, cukup tinggal memilih lokasi dan wilayahnya.

Kontes Online Terbesar

Selain itu, dalam rangka meningkatkan pasar di Indonesia Rumah 123.com terus aktif melakukan kampanye merek bagi konsumen dengan mengadakan kontes terbesar dan terbuka untuk masyarakat luas dengan hadiah grandprize rumah gratis senilai Rp 490 juta, semudah 123. “Kontes dengan hadiah terbesar ini belum pernah diselenggarakan oleh sebuah portal properti manapun di Indonesia,”kata CEO iProperty Group Shaun Di Gregorio

Menurutnya, kampanye ini akan menjadi sinyal jelas dari komitmen Rumah123.com untuk mempermudah pengunjung situs Rumah123.com dalam melakukan pencarian rumah dan properti di seluruh Indonesia .

Kemudian kontek yang diklaim terbesar ini, diharapkan mampu mengubah hidup menjadi lebih baik bagi seseorang yang akan mendapatkannya. Bagaimana caranya, kata Shaun, masyarakat bisa mengakses di http://rumahgratis.rumah123.com. Asal tahu saja, ntuk konteks ini Rumah 123.com menghabiskan lebih dari Rp 2 miliar.

Nantinya dalam kompetisi ini, selain untuk menantang para peserta juga diselenggarakan sebagai bentuk pengenalan Rumah123.com pada masyarakat luas. Selama ini Rumah123.com telah mendedikasikan diri sebagai salah satu situs penyedia properti terbesar di Indonesia . Sebagai bagian dari IProperty Group, dalam catatan kunjungan Maret 2012 lalu saja, Rumah123 telah merangkul kurang lebih 1.400.000 pengunjung yang tertarik untuk membeli properti.

Selama ini lebih dari 80,000 listing online di portal rumah 123.com, 6,500+ agen properti yang aktif beriklan dan ratusan developer yang juga beriklan proyek mereka baik Real Estate, Office Space, Serviced Apartment, Holiday villas.

Selanjutnya, bergabungnya Rumah123.com dengan iProperty Group pada bulan Mei 2011 lalu memudahkan Rumah123.com untuk melihat perbandingan tren properti di Indonesia dengan negara lainnya di Asia . iProperty Group sendiri adalah situs grup properti no.1 di Asia yang sudah memiliki market di Singapura , Malaysia , Hong Kong , India , Indonesia , dan Filipina. Setelah bergabung dengan iProperty Group, pengunjung situs Rumah123.com bertambah banyak serta bekerja sama dengan agen properti besar di Indonesia seperti ERA, Ray White, Century21 dan LJ Hooker.