Dorong Ekspor Hortikultura, Kemendag Incar Pasar Eropa

NERACA

Jakarta - Meskipun saat ini nilai perdagangan Indonesia untuk produk hortikultura masih negatif, namun potensi hortikultura, khususnya sayuran dan buah, masih cukup besar dan variatif. Walaupun beberapa negara-negara di Eropa tengah mengalami krisis, namun Kementerian Perdagangan tengah berupaya memperluas pasar ke Eropa dengan melakukan sosialisasi melalui Swiss Import Promotion Programme (SIPPO) untuk meningkatkan kemampuan para eksportir agar dapat menyesuaikan kualitas produknya di negara tujuan ekspor.

“Kami optimis bahwa produk hortikultura Indonesia mampu bersaing dengan produk hortikultura dari negara lain. Dari segi rasa, kita masih unggul, namun dari segi tampilan memang harus kita perbaiki agar lebih menarik konsumen. Oleh karena itu, ini merupakan salah satu PR (Pekerjaan Rumah) yang harus kita selesaikan bersama,” ungkap Direktur Pengembangan Produk Ekspor dan Ekonomi Kreatif Dody Edward melalui keterangan tertulis yang diterima Neraca, Kamis (19/7).

Perkembangan ekspor sayuran dan buah Indonesia selama periode 2007-2011 menunjukan tren yang cenderung positif, yaitu sebesar 8,26%, dengan negara yang menjadi tujuan ekspor antara lain Singapura, Pakistan, India, China dan Bangladesh. Pada tahun 2007 nilai ekspor sayuran dan buah Indonesia mencapai US$335 juta, sementara pada tahun 2011 nilai ekspornya mencapai US$ 493 juta. Adapun nilai ekspor periode Januari-April 2012 telah mencapai US$ 152 juta atau terjadi peningkatan 10,88% jika dibandingkan periode yang sama tahun 2011 yaitu US$ 137 juta.

Beberapa waktu lalu, Menteri Pertanian Suswono mengatakan, dalam dua tahun ini ekspor hortikultura ke Singapura stagnan pada 6% atau setara 24.000 ton per tahun. Padahal, potensi pasarnya mencapai 400.000 ton per tahun. Dia menjelaskan, stagnasi ekspor hortikultura ke Singapura karena harganya tidak kompetitif dibandingkan dengan komoditas serupa dari negara lain. Harga buah dan sayur asal Indonesia terlalu mahal lantaran terlalu banyak perantara.

Oleh karena itu, Suswono menawarkan kepada Singapura agar bersedia menanam modal di Indonesia di bidang hortikultura. Mereka juga dapat membina petani Indonesia menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Saat panen tiba, produk tersebut dapat langsung dibawa ke Singapura tanpa perantara sehingga harganya lebih bersaing.

BERITA TERKAIT

Momentum Tahun Politik - BBJ Incar Transaksi Tumbuh 15% di 2019

NERACA Jakarta – Momentum tahun politik di 2019, tidak membuat kekhawatiran bisnis perdagangan bursa komoditi ikut lesu. Namun demikian PT…

Hingga Oktober 2018, Ekspor Sepeda Motor Tembus 510 Ribu Unit

Industri sepeda motor di Indonesia semakin agresif menembus pasar ekspor. Hal ini tidak terlepas dari peningkatan produktivitas sejumlah produsen sepeda…

Pilpres 2019, Pasar Properti Nasional Diprediksi Tetap Stabil

Pilpres 2019, Pasar Properti Nasional Diprediksi Tetap Stabil NERACA Jakarta - Pasar properti nasional pada tahun 2019 mendatang diprediksi bakal…

BERITA LAINNYA DI BERITA KOMODITAS

Niaga Bilateral - RI Fasilitasi Perdagangan Atasi Hambatan Ekspor Kopi ke Filipina

NERACA Jakarta – Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) memfasilitasi hambatan perdagangan terkait tindakan pengamanan yang dilakukan oleh Pemerintah…

Kemendag Prioritaskan Revitalisasi Pasar Pada 2019

NERACA Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) memprioritaskan program revitalisasi pasar rakyat pada 2019, guna mencapai target 5.000 unit. "Tetap yang…

Perdagangan Internasional - Indonesia Berupaya Tingkatkan Ekspor Produk Mode ke Perancis

NERACA Jakarta – Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian mendukung upaya untuk meningkatkan ekspor produk mode ke Paris.…