Mendesain Rumah Minimalis Ala Tropis

Mendesain rumah minimalis memang sudah menjadi hal biasa dilakukan dan dipilih oleh orang-orang yang ingin memiliki rumah yang terkesan modern.

NERACA

Rumah minimalis memiliki banyak jenis dan model, namun desain rumah minimalis memang menjadi primadona desain rumah bagi sebagian orang yang khususnya hidup di Indonesia.Rumah minimalisbanyak digemari karena desainnya yang simpel.

Meskipun dikenal dengan desain yang simpel, namundesain minimalisterlihat megah dan elegan. Bahkan meskipun desainnya menggunakan konsepminimalis, biaya yang dikeluarkan untuk membangunnya tidak mesti murah, bahkan bisa sangat mahal, tergantung dengan material bangunan yang digunakan.

Indonesia memang memiliki iklim yang cukup tropis, nah inilah yang terkadangdesain rumah minimalisapabila ditempatkan di Indonesia yang memiliki iklim tropis dirasa kurang begitu bersahabat dengan iklim dan cuaca yang ada di Indonesia.

Hal itu dikarenakandesain rumah minimalis kurang begitu maksimal dalam menangani cuaca ekstrem pada waktu musim hujan datang. Tapi untuk mengakali semua itu banyak dari kalanganArsitekyang menggabungkan antara konsepdesain minimalisdengan konsepdesain rumah tropis.

Desain gabungan tersebut sekarang ini lebih dikenal dengan namaRumah Minimalis Tropis.Rumah Minimalis Tropisdidesain dengan desain yang unik, karena rumah tropis dipadukan dengandesain rumah minimalis.

Banyak faktor yang harus diperhatikan untuk membuat atau mendesain rumah minimalis tropis, salah satunya rumah tropislebih banyak menggunakan atap dan tritisan untuk mengatasi air hujan dan panas matahari.

Karena itu ada baiknya mendesain rumah minimalis tropisdengan cara menggabungkan ataprumah tropis dengan garis tegas aladesain minmalisyang banyak menggunakan dak beton sebagai tritisan dan tempiasnya.

Desain rumah ini juga sedikit menerapkan konsepgreen architecturedengan menempatkan tanaman-tanaman di depan rumah. Hal ini dilakukan untuk menambah suplai oksigen dan menambah kesejukan rumah serta yang paling penting untuk menangkal radiasi panas matahari pada siang hari.

Tidak hanya itu, hal ini juga penting untuk menangkal polusi udara dari luar seperti asap kendaraan bermotor dan debu dari jalanan.

Tanaman tersebut selain berfungsi seperti tersebut di atas, juga berfungsi sebagai hiasan fasad dan menjadikan nilai estetika rumah yang menyatu dengan alam (back to nature). Karena bangunan identik dengan nilai garis yang terkesan kaku, maka tanaman berfungsi sebagai pelunaknya.

Sebab tanaman memiliki sifat yang menenangkan. Desain rumah tropisharus memiliki bukaan yang besar. Pintu dan jendela dengan bukaan yang luas. Jarak antara lantai dan langit-langit rumah yang tinggi, serta ventilasi untuk proses sirkulasi udara didalam rumah.

Ventilasi dan sirkulasi udara penting untuk meningkatkan kenyamanan dan kesehatan penghuni rumah. Perbedaan tekanan udara didalam dan diluar rumah membuat udara selalu bergerak, sehingga udara panas dan pengap tidak terperangkap didalam rumah.

Penggunaan plafond atau plat beton pada rumah berlantai 2 memungkinkan udara ditahan antara plafond dan atap, sehingga ruang di bawahnya lebih sejuk. Aluminium foil juga baik untuk melindungi rumah dari panas berlebih.

Atap memang menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatian, tidak hanya di konsep rumah minimalis tropis saja, dalam setiap pembuatan rumah, atap rumah menjadi suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Di wilayah tropis kita merasakan 2 musim dengan perbedaan yang ekstrim, musim kemarau yang panas dan kering, serta musim hujan yang basah dengan curah hujan yang tinggi. Ketika musim hujan pastikan bahwa sudut kemiringan atap cukup untuk mengalirkan air dengan cepat. Untuk wilayah tropis kita bisa mendesain kemiringan atap dengan sudut antara 30-45 derajat.

Awning atau canopy di atas jendela melindungi pancaran sinar matahari langsung dan paparan air hujan. Perhatikan susunan atau sambungan elemen penutup atap. Jika anda menggunakan genteng pastikan koneksi antar genteng cukup baik agar air tidak merembes melalui celahnya.

Jika anda menggunakan atap logam seperti seng, pastikan paku atau screw nya dilapisi karet agar air tidak merembes. Anda juga bisa menggunakan aluminium foil di antara rangka kaso dan atap agar terhindar dari panas berlebih dan rembesan air hujan.

Kelembaban yang tinggi dapat meningkatkan resiko bangunan terhadapbahaya jamur dan rayap. Kelembaban ini dapat diatasi dengan sinar matahari yang cukup.

Jangan terlalu banyak paparan sinar matahari karena menyebabkan suhu didalam ruangan meningkat, tapi juga cukup untukmengatasi lembab dan membunuh jamur. Pada wilayah yang masih tradisional kita mungkin tau bahwa masyarakat membuka jendela lebar-lebar pada pagi hari sampai menjelang tengah hari.

Mengeluarkan kasur dan menjemurnya untuk membersihkan jamur dan kutu. Seperti itulah seharusnya rumah tropis, pastikan cukup pasokan udara dan sinar matahari.

Anda harus memastikan kalau semua ruangan mendapatkan penyinaran matahari secara merata, untuk kamar mandi gunakanlah tralis dan ventilasi udara, agar pergantian udara berjalan dengan baik.

Ada baiknya gunakan juga blower untuk sirkulasi udara dan buat banyak ventilasi dan skylight untuk menyerap sinar matahari. Begitu juga dengan dapur, jaga agar tetap segar.

Gunakan exhauster untuk menghisap asap dan berikan jendela di dindingnya agar cukup cahaya matahari. Ingat, dapur adalah area yang berpotensi sangat besar dihuni oleh bakteri dan jamur. Semoga informasi ini bermanfaat dan rumah minimalis tropis idaman bukan lagi menjadi impian.

BERITA TERKAIT

Puluhan Rumah Gadang di Solok Layak Jadi Cagar Budaya

Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau, Nurmatias, mengatakan ada 73 rumah gadang di Kawasan Seribu…

Lagi, Yayasan Intiland Gandeng Habitat - Jangkau Luas Rumah Layak Huni

Melanjutkan kesuksesan dalam menyediakan rumah layak huni kepada masyarakat yang tidak mampu, perusahaan properti PT Intiland Development Tbk, melalui Yayasan…

Budaya Kerja Ala Jokowi

  Oleh : Indah Rahmawati Salam, Peneliti di Lembaga Kajian Arus Pembangunan  Presiden RI ke-7 yaitu Ir.H.Joko Widodo atau biasa…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

APL Rampungkan Pembangunan Tower Pertama PGV

APL Rampungkan Pembangunan Tower Pertama PGV NERACA Jakarta - PT Agung Podomoro Land Tbk (APL) melalui PT Graha Tunas Selaras…

Jakarta Garden City Raih Penghargaan PropertyGuru Indonesia Property Awards 2017

Jakarta Garden City Raih Penghargaan PropertyGuru Indonesia Property Awards 2017  NERACA Jakarta - Perumahan skala kota (township) Jakarta Garden City…

Jakarta Garden City Raih Penghargaan PropertyGuru Indonesia Property Awards 2017

Jakarta Garden City Raih Penghargaan PropertyGuru Indonesia Property Awards 2017  NERACA Jakarta - Perumahan skala kota (township) Jakarta Garden City…