Mendesain Tangga Rumah Idaman

Tangga memang merupakan kebutuhan sebuah rumah yang memiliki lantai lebih dari satu. Tangga juga memiliki fungsi yang cukup penting, selain akses utama untuk mencapai lantai-lantai yang lainnya, tangga juga menjadi salah satu ornamen yang memperindah tampilan rumah kita.

NERACA

Namun mendesainnya memang tidak boleh sembarangan, selain harus memikirkan keindahan tampilan, kekuatan dan kualitas menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam pembuatannya, dengan kuat, keselamatan pengguna juga menjadi lebih terjamin.

Walau terlihat mudah, membuat dan menentukan model juga desain tangga rumah merupakan sesuatu yang tidak begitu mudah. Apalagi bilarumah kita mempunyai ukuran tidak terlalu luas. Kita bisa memulainya dengan menentukan desain tangga dan ukuran tangga tersebut, setelah itu kita pikirkan lagi di mana kita akan menempatkannya, di bagian dalam rumahkah, belakang rumah, samping rumah atau di depan rumah. Selain itu kecuraman tangga juga penting untuk diperhatikan, hal ini penting untuk penggunaannya.

Meletakkan tangga memang tidak boleh sembarangan, penempatan sangat mempengaruhi penampilan dan keindahan rumah. Penempatan tangga yang salah akan membuat keindahan rumah terganggu dan bisa membuat rumah terkesan berantakan ataupun sempit. Tangga yang benar dan baik adalah tangga yang letaknya tidak langsung bertemu dengan sebuah pintu, artinya penempatan tangga rumah tidak berdekatan dengan pintu, seperti pintu untuk keluar rumah yang berada di belakang ataupun di posisi depan rumah. Tangga baik ditempatkan di bagian samping di dalam rumah dan arah naiknya tidaklah membelakangi jalan di bagian depanrumah.

Seandainya lokasirumahcukup besar dan luas, tipe tangga yang memiliki bentuk setengah lingkaran dapat jadi pilihan yang cerdas untuk anda. Tapi seandainya keterbatasan area dan memikirkan sisi kepraktisan, ada benarnya anda menggunakan tangga yang memiliki bentuk spiral. Tangga spiral adalah yang memiliki bentuk melingkar dengan satu tiang, lazimnya dibuat dari logam.

Pemilihan gaya tangga yang pas dan benar sebenarnya tidaklah gampang. Anda mesti memperhatikan beberapa perihal, di antaranya wujudrumah, luas rumah, ukuranrumah, pencahayaan, estetika, rasa nyaman dan keamanan, dan faktor-faktor semacam itu.

Ada yang mengatakan pagar dan pegangan tangga (railing) tidak diperlukan, asal tingkat kenyamanan dan keamanan cukup tinggi. Artinya, aspek kenyamanan dititikberatkan ke pengaturan ukuran lebar dan tinggi anak tangga. Namun, demi keamanan, terutama jika memiliki anggota keluarga yang masih kecil, railing tetap dipergunakan. Sedangkan tiang pada pagar tangga (baluster) berfungsi sebagai pengaman. Dengan adanya baluster, orang akan terhindar dari risiko terjatuh saat menaiki atau menuruni tangga. Oleh karenanya baluster harus dibuat cukup rapat, tinggi 90 – 100 cm, dan tidak menghasilkan bagian yang tajam, agar anak -anak tidak terluka bila harus terantuk pada bluster.

Bahaya yang sering mengintai saat orang menggunakan tangga adalah tergelincir (slip), biasanya terjadi pada ujung siku anak tangga. Untuk mencegah hal ini, dikenal produk nosing (kadang disebut step nosing) yang fungsinya membuat ujung siku anak tangga lebih kasar. Step nosing ada yang terbuat dari karet, aluminium, atau keramik. Permukaannya bergerigi agar langkah pemakai terhenti pada ujung tangga dan tidak terpeleset. Step nosing dari bahan keramik dipasang saat memasang ubin keramik di anak tangga beton. Caranya, pada bagian ujung siku disisakan celah yang belum tertutup keramik. Pada bagian tepi inilah dipasang nosing dari keramik.

Pemasangan nosing berbahan lain, seperti karet atau aluminium, dilakukan setelah anak tangga jadi. Caranya, nosing disekrupkan pada anak tangga. Beberapa gedung pertunjukan yang ruangannya gelap, seperti bioskop dan teater, bahkan memanfaatkan nosing sebagai pemandu langkah saat orang menaiki tangga. Nosing ini menggunakan bahan fluorescent yang bisa menyala dalam gelap.

Pencahayaan termasuk faktor penting yang patut dicermati saat merancang tangga. Pencahayaan pada area tangga, selain akan membuat penampilan tangga lebih terlihat, juga membantu para pengguna lebih merasa aman dan nyaman terutama pada malam hari.

Bukankah tidak lucu jika ada orang yang jatuh hanya karena kurangnya cahaya pada sekitar area tangga. Pencahayaan pada siang hari sebaiknya memanfaatkan cahaya alami. Oleh karena itu area tangga harus diberi bukaan yang cukup sehingga memungkinkan cahaya matahari masuk dan menerangi area ini.

Pada malam hari, pencahayaan sepenuhnya bersumber pada lampu. Pemasangan lampu pada area tangga, selain mempertimbangkan aspek keamanan dan kenyamanan, perlu diperhatikan aspek estetika. Sehingga tampilan tangga menjadi lebih bagus.

Lampu untuk menerangi area tangga bisa dipasang di plafon, di atas tangga atau dibawah tangga. Sekitar lampu (tombol on/off) sebaiknya dipasang pada dinding lantai bawah dan lantai di atas dan dihubungkan secara paralel. Cara ini untuk memudahkan pemakai tangga untuk mematikan dan menyalakan lampu saat akan naik maupun turun dari tangga.

Jenis lampu pada area tangga sebaiknya dipilih lampu yang memancarkan cahaya berwarna hangat agar atmosfer di dalam rumah benar-benar terasa akrab dan ramah. Lampu-lampu yang memberikan cahaya berwarna hangat adalah kuning atau jingga atau yang mendekati warna cahaya alami.

BERITA TERKAIT

Sharp Beri Progam Rumah Senyum dan Trauma Healing - Bantu Warga Lombok Bangkit

Duka mendalam yang menerpa masyarakat Lombok akibat gempa beruntun pada Agustus 2018 lalu, turut menyita perhatian PT SHARP Electronics Indonesia.…

BTN Genjot Pertumbuhan KPR di Jawa Timur - Dorong Program Sejuta Rumah

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. bakal terus memacu ekpansi bisnis Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di Provinsi Jawa Timur (Jatim)…

Resmi Digelar, HarPropNas 2018 Tawarkan Diskon Gede-Gedean Untuk Pembelian Rumah

NERACA Jakarta - Perhelatan akbar untuk pertama kalinya di dunia properti atau Hari Properti Nasional (HarPropNas) 2018 resmi digelar sejak…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

Separuh Generasi Milenial Tinggal di Kos - Survei IPW

Separuh Generasi Milenial Tinggal di Kos Survei IPW NERACA Jakarta - Survei Indonesia Property Watch (IPW) terhadap generasi milenial menunjukkan…

JRP Rampungkan Lebih Cepat Bintaro Plaza Residence

JRP Rampungkan Lebih Cepat Bintaro Plaza Residence   NERACA Tangerang Selatan - PT Jaya Real Property Tbk berhasil merampungkan lebih cepat…

Mitsubishi: Mulai Ada Tren Lift di Perumahan

Mitsubishi: Mulai Ada Tren Lift di Perumahan NERACA Jakarta - Presiden Direktur PT Mitsubishi Jaya Elevator and Escalator, Christian Satrya…