Sampoerna Academy Luluskan 226 Siswa

Diterima di Universitas DN dan LN

Sabtu, 28/07/2012

NERACA

Tahun ini, sedikitnya 226 siswa Sampoerna Academy Malang dan Palembang menjadi lulusan pertama Sampoerna Academy, sekolah berasrama dengan standar internasional tingkat sekolah menengah atas di bawah naungan Putera Sampoerna Foundation.

Para lulusan ini merupakan angkatan pertama (masuk di tahun 2009) yang memiliki prestasi cemerlang dan mereka merupakan pembuktian konsep Sampoerna Academy dalam menciptakan pemimpin masa depan.

Para lulusan Sampoerna Academy telah diterima di berbagai universitas ternama, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Sebanyak 129 lulusan telah lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri/SNMPTN. Selain itu, 15 lulusan juga telah diterima melalui jalur undangan di universitas-universitas terbaik di Indonesia, seperti Universitas Airlangga, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor,Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran, dan Universitas Indonesia.

Di luar negeri, 25 lulusan Sampoerna Academy telah diterima di universitas-universitas ternama di Amerika Serikat, seperti Texas Tech University, University of Missouri, University of Minnesota, West Virginia University, University of Hawaii Manoa, University of Kentucky, dan Lonestar Community College.

“Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kami bahwa para lulusan tahun 2012 telah mencapai prestasi yang luar biasa,” kata Nenny Soemawinata, Managing Director Putera Sampoerna Foundation.

Menurut dia, mereka telah tumbuh menjadi individu dewasa dan memiliki keahlian serta ketrampilan untuk siap menghadapi perjalanan pendidikan selanjutnya.

“Kami percaya mereka akan tumbuh menjadi individu yang akan terus memegang erat nilai-nilai, etika kerja, dan yang terpenting, nilai kemanusiaan serta memiliki karakter yang kuat sebagaimana yang telah diajarkan selama ini di Sampoerna Academy,” ujarnya.

Dia mengatakan semua ini tidak akan bisa dicapai tanpa dukungan dari para mitra yang tanpa pamrih memberikan kesempatan kepada para siswa-siswi ini untuk mendapatkan pendidikan berkualitas dan meraih mimpi mereka.

“Oleh karena itu kami sangat berterima kasih atas dukungan yang telah diberikan,” ujar Nenny.

Putera Sampoerna Foundation memastikan para lulusan ini dapat melanjutkan pendidikan mereka ke tingkat yang lebih tinggi dengan memberikan bantuan pendidikan melalui Koperasi Siswa Bangsa, sebuah koperasi dari siswa untuk siswa yang merupakan inisiatif dari Putera Sampoerna Foundation.

Koperasi ini bertujuan menyediakan sistem dukungan lengkap bagi siswa yang memiliki nilai akademik tinggi dan berpotensi menjadi pemimpin untuk mendapat akses ke pendidikan tinggi yang berkualitas. Melalui Koperasi Siswa Bangsa, para lulusan akan menerima dana bantuan pendidikan (student assistance) yang diberi nama Dana Siswa Bangsa, untuk melanjutkan pendidikan mereka ke tingkat yang lebih tinggi.

Dana Siswa Bangsa merupakan bantuan pendidikan pertama dalam bentuk pinjaman tanpa agunan di Indonesia yang menyediakan solusi finansial bagi siswa-siswi yang memiliki nilai yang bagus dan memiliki potensi menjadi pemimpin yang ingin melanjutkan pendidikan mereka ke tingkat yang lebih tinggi tanpa memberikan beban keuangan pada keluarga mereka.

“Kontribusi mereka akan dimulai enam bulan setelah mereka lulus kuliah dan telah bekerja. Para lulusan ini diharapkan untuk memberikan kontribusi sebesar 20% dari gaji mereka selama masa produktif,” katanya.

Kontribusi yang mereka berikan akan didistribusikan melalui Koperasi Siswa Bangsa untuk membiayai generasi siswa selanjutnya untuk bisa meneruskan pendidikan mereka ke tingkat yang lebih tinggi.

“Saya pribadi percaya bahwa pendidikan merupakan kunci untuk meningkatkan masyarakat kita. Bersama dengan para mitra, kami ingin dapat memberikan akses ke pendidikan yang berkualitas bagi banyak anak-anak berbakat yang tidak memiliki kesempatan karena latar belakang ekonominya. Dengan bantuan pendidikan ini, kami berharap untuk bisa membantu lebih banyak lagi murid-murid berbakat untuk meraih mimpi mereka dan menjadi pemimpin masa depan bangsa”, ujar pendiri Putera Sampoerna Foundation Putera Sampoerna. (agus)