Tingkatkan Layanan Kepada Konsumen - Michelin Operasikan 22 Dealer di Indonesia

 

NERACA

 

Jakarta - PT Michelin Indonesia (PTMI) berupaya meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan pengguna ban Michelin. Satu tahun setelah beroperasi resmi di 2011 PTMI terus menambah jumlah jaringan pemasaran. Setelah membuka 14 perwakilan dealer di tahun lalu, PTMI menunjukkan komitmennya dengan menambah lagi jaringan dealernya untuk wilayah Indonesia pada masa Januari sampai Mei 2012, 8 dealer yang baru telah di resmikan dari wilayah Aceh sampai Kupang (NTT).

Sehingga sampai di bulan Mei 2012, jumlah perwakilan dealer Michelin  yang tersebar di sejumlah kota besar di 17 provinsi di Indonesia sudah mencapai 22 dealer. Selain itu, PTMI juga mendukung dan mendorong dealer-dealer tersebut untuk menjalin kerjasama yang kuat dengan 176 sub-dealer pada segmen mobil penumpang dan truk ringan serta 136 sub-dealer pada segmen truk dan bis. Untuk memudahkan distribusi ban kepada dealer, Michelin juga memiliki warehouse di Bekasi.

Dengan bertambahnya jaringan pemasaran tersebut, PTMI berharap produk-produk ban Michelin akan semakin mudah dijangkau oleh para konsumen. “Peningkatan jumlah dealer di kota-kota besar di Indonesia menjadi komitmen kami untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada para konsumen pengguna ban michelin,” kata Country Director PT Michelin Indonesia, Jean-Pierre Kopp, di Jakarta seperti tertuang dalam siaran pers yang dikutip Neraca, kemarin.

Dalam membangun jaringan dealer, Michelin menjalin kerjasama dengan para pengusaha, baik yang berada di Jakarta maupun di daerah. Yang cukup membanggakan, lanjut Kopp, minat para pengusaha daerah untuk menjadi patner Michelin dalam membuka dealer sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa kepercayaan dan kebutuhan terhadap produk ban Michelin di Indonesia semakin tinggi.

Kopp mengatakan, PTMI akan tetap membangun jaringan pemasaran di seluruh Indonesia, terutama di 25 propinsi yang memiliki pasar potensial hingga akhir tahun 2012. Untuk itu, perusahaan akan berusaha untuk menjalin kerjasama dengan para pengusaha lokal dalam membuka dealer-dealer baru. Melalui pembukaan dealer baru ini, PTMI berharap bisa menciptakan lebih banyak lapangan kerja baru bagi masyarakat Indonesia.

Untuk menjamin standarisasi kualitas pelayanan, PTMI juga melakukan training kepada seluruh personel perwakilan dealer yang beroperasi. “Bagi Michelin kualitas produk ban dan pelayanan menjadi aspek yang paling diperhatikan. Hal ini sesuai dengan prinsip produk Michelin yang selalu berorientasi pada tiga aspek utama yaitu Safety, Longetivity dan Environment,” jelas Kopp.

Jean-Piere Kopp optimis, konsumen Michelin di Indonesia akan terus bertumbuh. Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil dilevel 6,5% per tahun telah mendorong penjualan otomotif, baik roda dua maupun roda empat meningkat tajam. Selain itu, penjualan kendaraan untuk kegiatan bisnis seperti truk dan bus juga akan semakin bertambah. Meningkatnya penjualan otomotif tersebut tentu akan berdampak pada naiknya kebutuhan ban. “PTMI memiliki produk ban yang sangat terjamin kualitasnya mulai ban untuk roda dua, kendaraan penumpang, maupun bus dan truk. Pasar Indonesia sangat menarik,” ujar Kopp.

Seperti diketehui, PT Michelin Indonesia (PTMI) merupakan bagian dari Michelin Group dan mulai beroperasi di Indonesia pada bulan April 2011. Sebelumnya, produk-produk ban Michelin sudah masuk dan menjadi pilihan konsumen di Indonesia lebih dari 15 tahun lalu. Berdirinya PTMI menunjukkan komitmen Michelin untuk memberikan pelayanan kepada para pengguna ban berkualitas tinggi di Indonesia.

Michelin hadir untuk memperbaiki mobilitas secara terus menerus terhadap barang maupun manusia dengan membuat kegiatan berkendara lebih aman, mudah, nikmat, ekonomis dan lebih memperhatikan manusia dan lingkungan. Michelin memproduksi dan memasarkan ban untuk berbagai tipe kendaraan, termasuk pesawat udara, mobil penumpang, sepeda, kendaraan alat berat, peralatan pertanian, truk dan bus, dan sepeda motor.

Berkantor pusat di Clermont-Ferrand, Perancis, Michelin hadir di 170 negara, dan memiliki 115.000 pegawai dan mengoperasikan 69 fasilitas produksi di 18 negara berbeda. Perusahaan juga menerbitkan panduan wisata, panduan hotel dan restoran, peta dan atlas serta menawarkan electronic mobilitysupportservices, pada ViaMichelin.com. Sementara itu, kegiatan penelitian dan pengembangan inovasi terus dilakukan di pusat-pusat teknologi di Asia, Eropa dan Amerika Utara.

BERITA TERKAIT

Konflik Iran dan Israel Harus Diwaspadai Bagi Pelaku Industri

NERACA Jakarta – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memantau situasi geopolitik dunia yang tengah bergejolak. Saat ini situasi Timur Tengah semakin…

Soal Bisnis dengan Israel - Lembaga Konsumen Muslim Desak Danone Jujur

Yayasan Konsumen Muslim Indonesia, lembaga perlindungan konsumen Muslim berbasis Jakarta, kembali menyuarakan desakan boikot dan divestasi saham Danone, raksasa bisnis…

Tiga Asosiasi Hilir Sawit dan Forwatan Berbagi Kebaikan

NERACA Jakarta – Kegiatan promosi sawit dan bakti sosial diselenggarakan Forum Wartawan Pertanian (Forwatan) bersama tiga asosiasi hilir sawit yaitu…

BERITA LAINNYA DI Industri

Konflik Iran dan Israel Harus Diwaspadai Bagi Pelaku Industri

NERACA Jakarta – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memantau situasi geopolitik dunia yang tengah bergejolak. Saat ini situasi Timur Tengah semakin…

Soal Bisnis dengan Israel - Lembaga Konsumen Muslim Desak Danone Jujur

Yayasan Konsumen Muslim Indonesia, lembaga perlindungan konsumen Muslim berbasis Jakarta, kembali menyuarakan desakan boikot dan divestasi saham Danone, raksasa bisnis…

Tiga Asosiasi Hilir Sawit dan Forwatan Berbagi Kebaikan

NERACA Jakarta – Kegiatan promosi sawit dan bakti sosial diselenggarakan Forum Wartawan Pertanian (Forwatan) bersama tiga asosiasi hilir sawit yaitu…