Bapepam-LK Cabut Izin Usaha Metro Finance

Rabu, 18/07/2012

Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) mencabut izin usaha perusahaan pembiayaan PT Metro Finance. Dijelaskan, pencabutan izin usaha perusahaan pembiayaan tersebut berdasarkan keputusan Menteri Keuangan Nomor KEP-291/km.10/2012 tanggal 28 Juni 2012.

Informasi tersebut disampaikan Bapepam-LK dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (17/7). Kata Sekretaris Bapepam-LK Abraham Bastari, dengan dicabutnya izin usaha tersebut maka sejak 28 Juni 2012, PT Metro Finance dilarang melakukan kegiatan perusahaan pembiayaan. Keterangan tersebut tidak menyebutkan alasan pencabutan izin usaha tersebut.

Sebelumnya pada Maret 2012, Bapepam-LK juga mencabut izin usaha perusahaan asuransi kerugian yaitu PT Asuransi Wanamekar Handayani berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor KEP-150/KM.10/2012 tanggal 21 Maret 2012.

Pencabutan izin usaha itu dilakukan karena perusahaan asuransi dimaksud tidak dapat memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang usaha perasuransian. Dengan pencabutan izin usaha itu, PT Asuransi Wanamekar Handayani dilarang melakukan kegiatan usaha di bidang asuransi dan diwajibkan menurunkan papan nama, baik di kantor pusat maupun di kantor lainnya selain kantor pusat serta diwajibkan menyelesaikan seluruh hutang dan kewajiban.

Data terakhir alamat kantor pusat perusahaan asuransi tersebut adalah Jalan Ciputat Raya No 12 Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. (bani)