Yamaha, Honda dan Kawasaki Bersaing di PRJ 2012

NERACA

Berakhirnya Pekan Raya Jakarta (PRJ) menjadi berkah tersendiri  untuk Yamaha. Meraih sukses penjualan di Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2012 dan ada kenaikan dibandingkan tahun lalu. Kontribusi terbesar didapatkan dari Mio J dan Soul GT, dua matik Yamaha yang diluncurkan awal tahun ini.

Tahun ini Yamaha berhasil menjual 4.698 unit motor di arena PRJ, meningkat 12% dibandingkan dengan pada 2011 di mana penjualan mencapai 4.183 unit.

Yang meraup berkah dari PRJ tak hanya Yamaha. Penjualan motor Honda di PRJ 2012 sampai 24 Juni adalah 779 cash dan 1071 Kredit. Opsi kredit in ternyata Kedit syariah tercatat 692 transaksi atau menguasai hampir 65% dari transaksi kredit keseluruhannya. Sepertinya alasan uang muka yang masih bisa di bawah 25-30% menjadi penyebab utamanya

Kawasaki Motor

Sementara itu stan Kawasaki di PRJ telah menjual sebanyak 965 unit Selain itu, pengaruh pembatasan uang muka terhadap penjualan motor Honda di PRJ juga tidak terlalu signifikan. “Kami memberi pilihan kepada konsumen apakah pembiayaan motor secara syariah atau reguler. Animo untuk syariah tinggi,” kata Wiyarto Mulyono, Corporate Communication PT Wahana Makmur Sejati.

Menurut Shakti, panggilan akrabnya penjualan sampai Minggu mencapai 4.303 unit. Kendati banyak masyarakat yang belum mengenal pembiayaan motor syariah, telah banyak motor terjual dengan menggunakan pembiayaan itu. Alasan masyarakat memilih pembiayaan motor syariah karena DP yang rendah.

Yamaha Mio J penyumbang terbanyak, 1.524 unit dan Soul GT 1.248 unit.

”Kenaikan penjualan di PRJ ini adalah bukti pelayanan terhadap konsumen semakin baik dan fokus Yamaha adalah tetap pada kepuasan konsumen. Apalagi dengan adanya Mio J dan Soul GT, matik baru Yamaha yang diterima sangat baik di pasar Indonesia dan PRJ kali ini,” cetus Indra Dwi Sunda, PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia.

            Tingginya penjualan Mio J dan Soul GT menjadikan kontribusi terbanyak bagi penjualan Yamaha di PRJ diperoleh dari kategori matik. Segmen ini total menyumbang penjualan 3.394 unit, sedangkan bebek 455 unit dan sport 847 unit. V-Ixion seperti biasa memberikan yang terbanyak, 446 unit buat sport. 

            Pencapaian Yamaha di PRJ tahun ini didukung berbagai promo menarik di mana yang paling utama adalah hadiah umroh yang dalam waktu dekat ini akan diundi pemenangnya. Lalu setiap pembelian tipe motor Yamaha apa saja mendapatkan tiga voucher untuk tas Yamaha, helm dan Blackberry masing-masing senilai Rp 100.000. Hadiah umroh juga menunggu untuk pembelian all type motor Yamaha saat Crazy Night Hours. Termasuk mendapatkan Yamalube Carbon Cleaner untuk pembelian Mio J dan Soul GT, t-shirt printing bagi pembelian Mio Fino dan Soul GT.

Promo lainnya, setiap pembelian motor Yamaha tipe apapun berhak mengikuti undian untuk mendapatkan satu unit motor Yamaha (All Type) di akhir periode, total disediakan 3 unit. Lalu di setiap pembelian semua tipe motor Yamaha saat program Crazy Night Promo berlangsung, mendapatkan hadiah langsung laptop, TV LCD 22, Hand Phone Android, Galaxy Tab, mesin cuci, kulkas, Black Berry.

Dominasi Sport

Sementara itu, dominasi Yamaha di kategori motor sport masih tak tertandingi. Di semester pertama Januari hingga Juni 2012, Yamaha memimpin segmen ini dengan penjualan 217.190 unit.

            V-Ixion paling laris dimana penjualannya tembus 150.466 unit. Byson di posisi kedua menyumbang 59.493 unit dan Scorpio 7.231 unit. Hanya di bulan Juni saja kontribusi V-Ixion 37.979 unit, Byson 5.032 unit dan Scorpio 858 unit. Dibandingkan sebulan sebelumnya, penjualan V-Ixion naik 6%  di bulan Juni.

            Matik Yamaha di semester pertama tahun ini penjualannya mencapai 703.297 unit, sedangkan di Juni saja 93.305 unit. Mio J (Mio J FI, Mio J CW FI, Mio J CW FI Teen) tetap jadi favorit dengan penjualan 285.927 unit di semester pertama dan di Juni 57.008 unit.

Tak kalah pentingnya sumbangan matik favorit kedua Yamaha, Soul GT, 85.486 unit di semester pertama dan 24.512 unit di Juni. Sedangkan total bebek Yamaha terjual 397.236 unit di semester pertama dan  36.373 unit di Juni.Total penjualan Yamaha dari Januari sampai Juni 2012 adalah 1.317.723 unit dan di Juni 167.657 unit.

 

BERITA TERKAIT

Lindungi UKM Industri Otomotif

NERACA Jakarta – Sebagai upaya melindungi UKM (Usaha Kecil Menengah) industri otomotif khususnya produsen knalpot, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM)…

Warna Baru Filano Hybrid-Connected Lebih Berkelas

NERACA Jakarta – Produk CLASSY Yamaha terus memiliki banyak peminat, seperti Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected. atas dasar itulah Yamaha Grand Filano…

ECSTAR Oil 0W-16 SN Siap Lindungi Komponen Mesin

NERACA Jakarta – Sebagai perusahaan otomotif yang bertanggung jawab dalam menyediakan layanan purna jual yang bertujuan untuk menjaga kualitas produknya,…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

Lindungi UKM Industri Otomotif

NERACA Jakarta – Sebagai upaya melindungi UKM (Usaha Kecil Menengah) industri otomotif khususnya produsen knalpot, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM)…

Warna Baru Filano Hybrid-Connected Lebih Berkelas

NERACA Jakarta – Produk CLASSY Yamaha terus memiliki banyak peminat, seperti Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected. atas dasar itulah Yamaha Grand Filano…

ECSTAR Oil 0W-16 SN Siap Lindungi Komponen Mesin

NERACA Jakarta – Sebagai perusahaan otomotif yang bertanggung jawab dalam menyediakan layanan purna jual yang bertujuan untuk menjaga kualitas produknya,…