Gaikindo Khawatir Penjualan Mobil Bakal Memburuk - Proyeksi Semester II-2012

NERACA

Jakarta – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan, penjualan mobil pada semester I-2012 menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 415.276 unit, atau meningkat 119.987 unit. Namun Gaikindo khawatir, penjualan semester II-2012 bakal memburuk ketimbang semester I-2012.

Ketua I Gaikindo Yongkie D. Sugiarto menyebutkan pihaknya masih ragu penjualan mobil pada semester II tahun ini mampu menyamai realisasi penjualan pada semester I. “Kami belum menargetkan penjualan pada semester II. Dikhawatirkan penjualan tidak sebagus semester sebelumnya akibat dampak Bank Indonesia menaikan uang muka minimum dari 10% menjadi 30% pada 15 Juni lalu,” paparnya di Jakarta, Senin (16/7).

Kenaikan uang muka pembelian kendaraan bermotor dikhawatirkan menggerus permintaan mobil kelas 1.500 cc ke bawah, seperti low multi purpose vehicle (MPV), low sport utility vehicle (SUV), city car, dan hatchback. “Diperkirakan penjualan mobil pada semester II untuk kelas 1.500 cc ke bawah akan mengalami penurunan. Pasalnya, konsumen banyak yang membeli secara kredit pada produk tersebut,” ujarnya.

Yongkie memperkirakan penjualan mobil pada tahun ini akan mengalami sedikit penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. “Agen Pemegang Merek (APM) masih melihat dampak kenaikan uang muka pasca Hari Raya Idul Fitri. Diharapkan penjualan mobil bisa terus meningkat walaupun ada sedikit kendala,” tegasnya.

Di tempat berbeda, Nia Damayanti dari PT. Nissan Motor Indonesia mengungkapkan jelang hari raya Idul Fitri jumlah penjualan mobil baru kian tinggi seiring semakin giatnya para agen pemegang merk (APM) mobil di Indonesia menjual produk-produk andalan mereka.

PT. Nissan Motor Indonesia, misalnya, menargetkan peningkatan penjualan sebanyak 300 unit pada bulan Juli. Produk Nissan yang paling laris adalah Nissan Evalia, MPV 7-seater yang baru saja dirilis 7 Juni lalu. “Penjualan produk lama namun terpopuler kami, Grand Livina, juga kian membaik di pasaran,” ujar Nia.

Sementara itu penjualan MPV terpopuler Toyota, Innova dan Avanza juga semakin tinggi. Dharmawan Halim, Koordinator Wilayah Auto 2000 DKI II, menyatakan mendekati libur Idul Fitri, Innova telah berkontribusi sebanyak 20% pada penjualan Toyota, sementara kontribusi Avanza 45%.

Auto 2000 secara nasional telah berhasil menjual 157.037 unit Toyota sampai Juni 2012 dan jelang Idul Fitri perusahaan itu mengaku telah mengantisipasi naiknya permintaan mobil. "Kami sudah menantisipasi dengan cara meningkatan order supply sebesar 20% dari rata-rata bulan sebelumnya,” ujar Dharmawan.

Akan tetapi, tidak semua APM mendapat bagian kue Lebaran. PT.Suzuki Indomobil salah satu contohnya yang mengaku penjualannya justru menurun. “Kemungkinan ini karena para pelanggan membelanjakan uangnya untuk persiapan lebaran,” kata Satria Adiguna, Sales Suzuki.

Mobil Bekas

Penjualan mobil bekas di divisi mobil bekas Indomobil Rent-A-Car mengalami kenaikan penjualan kurang lebih 20-30% pada bulan Juni ini. Mendekati bulan suci Ramadhan, penjualan mobil bekas mengalami peningkatan. Di Bursa Mobil Seken WTC Mangga Dua, Senior Marketing Manager Herjanto Kosasih menjelaskan bahwa ada kecenderungan peningkatan penjualan mobil bekas. Para pembeli pun sudah mulai berdatangan.

Sementara itu, penjualan mobil bekas di divisi mobil bekas Indomobil Rent-A-Car mengalami kenaikan penjualan kurang lebih 20-30% pada bulan Juni. Walaupun bulan lalu ada peningkatan, namun mereka memperkirakan untuk bulan Juli ini, penjualan tidak akan meningkat. Hal ini disebabkan kebanyakan para pedagang mobil telah membeli mobil bekas jauh sebelum libur lebaran.

Mobil yang paling laris dijual di WTC Mangga Dua dan Indomobil adalah mobil jenis MPV layaknya Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Nissan Livina. “Kebanyakan pembeli mencari mobil keluarga dengan muatan banyak,” ujar Herjanto, belum lama ini.

Saat ini, WTC Mangga Dua memiliki 2.295 unit mobil bekas yang siap jual di showroom 7 lantainya, sementara di Mobil 88 kurang lebih ada 500 unit.“Dibandingkan tahun lalu, kami mengalami kemajuan yang cukup baik dalam penjualan,” kata Herjanto.

“Total penjualan kita pada bulan Juni mencapai 2.600 unit, biasanya 2.500. Memasuki minggu ketiga bulan Juli ini, kami telah menjual 1.500 unit. Kami harap bisa menembus angka 2.600 pada akhir bulan ini,” tambahnya.

Menurut Herjanto, kenaikan penjualan mobil bekas mendekati libur Idul Fitri memang merupakan tren tahunan. Tahun lalu, penjualan di WTC Mangga Dua meningkat, dan tahun ini membaik. Indomobil juga mengalami hal yang sama. “Untuk bulan Juni, penjualan kami pada bulan ini lebih baik,” ujar Raddin Mametho, Sales Administrator Indomobil.

MPV juga merupakan jenis mobil yang laris manis terjual di Mobil 88, bursa mobil bekas dibawah PT. Astra Internasional. “Menurut data terkini kami, penjualan paling banyak dari Toyota Innova dan Avanza, diikuti Daihatsu Xenia,” kata Boy Anugerah dari Mobil 88.

City cars seperti Honda Jazz dan SUV layaknya Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero juga cukup diminati. Mengenai kenaikan harga, Herjanto menyatakan hampir tidak ada kenaikan harga. “Kecuali mungkin untuk mobil yang kondisinya masih sangat prima,” katanya.

Related posts