Mendesain Teras yang Nyaman - Wajah dari Sebuah Rumah

Teras memang menjadi gambaran ataupun wajah dari keseluruhan rumah. Teras memang menjadi penghubung sebelum seseorang masuk ke dalam rumah. Karena hanya sebagai penghubung, peranannya kadang dianggap kurang penting.

NERACA

Teras hanya dianggap sebagai tempat untuk melepaskan alas kaki sebelum masuk ke dalam rumah. Padahal ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di teras.

Membayangkan duduk santai menikmati taman dan hembusan angin di depan rumah sambil bertegur sapa dengan tetangga pada sore hari atau membaca koran sambil menyeruput segelas kopi adalah beberapa kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan di teras bila teras yang kita miliki sangat nyaman.

Fungsi lainnya adalah teras dapat menjadi tempat menerima tamu formal, sehingga pada rumah-rumah yang berukuran mungil, fungsinya terasa sangat bermanfaat karena dapat menggantikan ruang tamu.

Jangan lupa pasang nomor rumah dengan desain unik. Nomor atau blok rumah sangat penting diletakkan pada dinding bagian depan yang tidak terhalang oleh pepohonan atau barang lainnya. Gunakan font angka dan huruf yang unik dan mudah terlihat, misalnya dari kayu dengan ukuran atau hiasan. Hal tersebut berguna memudahkan tamu mencari alamat Anda.

Pertimbangkan pula bentuk dan ukiran pintu pintu depan sangat mempengaruhi tampilan dari luar. Anda bisa mengaplikasikan warna biru cerah, merah marun, atau hitam agar lebih eye-catching. Jika mempunyai banyak waktu dan anggaran lebih, Anda dapat merombak bentuk pintu dengan tambahan beberapa ukiran. Dengan mengganti pintu yang lama bisa menambah daya tarik rumah Anda.

Tidak ada salahnya pula memelihara tanaman hias di dalam pot. Rumah yang dikelilingi pepohonan dan tanaman hias akan membuat suasana menjadi nyaman. Namun, jika Anda membiarkan tanaman tumbuh di pekarangan tanpa perawatan rutin bisa mengganggu pemandangan. Untuk itu, sebaiknya masukkan tanaman di dalam pot serta susun berjajar di sekitar rumah. Hal tersebut akan memberikan nuansa warna-warni yang menyejukkan.

Mungkin Anda juga bisa meletakkan unsur seni di depan rumah. Sedikit sentuhan seni dapat membuat rumah Anda tampil menawan. Anda bisa letakkan patung binatang lucu atau pahatan wanita elok di teras rumah. Untuk alternatif lain, tambahkan lilin padat yang agak besar di atas rak berukir di samping pintu. 

Tempatkan pula kotak surat didepat teras rumah kita. Banyak tagihan atau paket yang masih dikirim melalui jasa pesan kilat atau pos. Anda bisa menambahkan kotak surat di halaman depan rumah. Warnai kotak tersebut senada dengan cat rumah Anda. Kotak surat bisa menjadi pemanis tampilan depan rumah.

Sebagai perantara sebelum masuk ke dalam rumah, tidak perlu terlalu banyak menampung perabot. Banyaknya perabot harus disesuaikan dengan luasnya teras. Kebutuhan teras cukup terpenuhi dengan kehadiran dua  kursi dan satu meja dalam ukuran mungil. Meletakkan terlalu banyak perabot membuat teras menjadi sempit.

Kursi sebagai tempat duduk dan meja dapat digunakan untuk meletakkan air minum atau suguhan lainnya kepada tamu. Jika ukuran teras tidak terlalu besar dan Anda ingin menghadirkan kesan sederhana, cukup letakkan 1 kursi panjang dari kayu ditambah bantal kursi sebagai aksesorisnya. Makanan atau minuman dapat diletakkan di kursi tersebut.

Pilih Perabot yang tahan akan cuaca, selain karena berbatasan langsung dengan bagian luar atau taman rumah, perabotan yang berada dibagian teras akan menghadapi terik matahari ataupun siraman air hujan walau teras memiliki naungan di atasnya. Situasi ini dapat membuat perabot lekas rusak, terutama jika kursi atau meja berbahan dasar kayu yang tidak kuat dengan perubahan situasi tersebut.

Untuk mengatasi masalah perabot, jika perabot kayu dirasakan mahal, alternatifnya adalah Anda dapat menggunakan perabot dengan bahan dasar plastik yang kuat menghadapi perubahan cuaca. Perabotan kini sudah semakin bervariasi. Anda dapat menemukan kursi atau meja dari plastik dengan tekstur atau warna seperti kayu sehingga bagi Anda yang menyukai kayu dapat tetap memilihnya.

Walau mungil, Anda tetap dapat mempercantik teras Anda dengan hal-hal yang sederhana. Misalnya dengan memasang taplak meja, meletakkan pot bunga cantik dengan bunga hidup di dalamnya atau meletakkan permen aneka warna dalam stoples di atas meja.

Pada kursi, Anda dapat menambahkan bantal dengan sarung berwarna menarik. Dapat juga memasang pajangan atau lukisan kecil pada dinding samping teras. Meletakkan beberapa tanaman hias di teras akan memberikan rasa segar saat berada di dalamnya.

Peranan teras yang bergeser karena terbatasnya lahan pada rumah membuat fungsi teras tidak bisa diabaikan. Mendandaninya dengan tepat membuat teras bukan saja sebagai ruangan penghubung, melainkan menjadi tempat pertama utnuk menyambut tamu dan memperat hubungan Anda dengan alam sekitar.

 

 

 

 

BERITA TERKAIT

Toshiba Kenalkan Produk Small Cooking Appliances

  NERACA Jakarta – Potensi pasar yang sangat besar di produk cooking appliances, membuat Toshiba meluncurkan beberapa produk teranyarnya di…

Makin Ekspansif, DAIKIN Proshop Showroom Hadir di Medan

  Makin Ekspansif, DAIKIN Proshop Showroom Hadir di Medan NERACA Jakarta - Menapak penghujung kuartal pertama tahun ini, PT. Daikin…

Ratusan Agen Hadir Siap Sukseskan Penjualan Properti Damai Putra Group

NERACA Jakarta - Setelah sukses bermitra dengan puluhan bank dan mendorong generasi milenial untuk berinvestasi dalam properti dengan tagar #SaatnyaBeliProperty,…

BERITA LAINNYA DI Hunian

Toshiba Kenalkan Produk Small Cooking Appliances

  NERACA Jakarta – Potensi pasar yang sangat besar di produk cooking appliances, membuat Toshiba meluncurkan beberapa produk teranyarnya di…

Makin Ekspansif, DAIKIN Proshop Showroom Hadir di Medan

  Makin Ekspansif, DAIKIN Proshop Showroom Hadir di Medan NERACA Jakarta - Menapak penghujung kuartal pertama tahun ini, PT. Daikin…

Ratusan Agen Hadir Siap Sukseskan Penjualan Properti Damai Putra Group

NERACA Jakarta - Setelah sukses bermitra dengan puluhan bank dan mendorong generasi milenial untuk berinvestasi dalam properti dengan tagar #SaatnyaBeliProperty,…